Menparekraf Sandiaga Uno dan Ketum IMI Sepakat Kembangkan Sport Automotive Tourism

Oleh : Herry Barus | Selasa, 12 Januari 2021 - 13:34 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno dan Ketum IMI Sepakat Kembangkan Sport Automotive Tourism
Menparekraf Sandiaga Uno dan Ketum IMI Sepakat Kembangkan Sport Automotive Tourism

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet)  yang juga dipercaya sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) berharap ajang olahraga otomotif yang dipadukan dengan objek wisata atau sports automotive tourism akan mampu menarik wisatawan domestik maupun manca negara datang ke Indonesia. Usai pandemi sport automotive tourism diharapkan menjadi salah satu motor penggerak sektor pariwisata di Indonesia.

 "IMI dan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sepakat bekerjasama untuk mengembangkan sport automotive tourism di Indonesia. Indonesia bisa menjadi salah satu ikon sport automotive tourism dunia karena memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa," ujar Bamsoet saat menerima Menparekraf Sandiaga Uno, di kediamannya di Jakarta, Selasa (12/1/21).

Ketua DPR RI ke-20 ini menuturkan untuk tahap awal IMI beserta Kemenparekraf akan memanfaatkan ajang kejuaraan otomotif internasional MXGP 2021 untuk memadukan pariwisata dan olahraga otomotif. MXGP 2021 rencananya akan dibuka di Oman pada 3 April 2021 dan berakhir di Argentina pada 14 November 2021. Indonesia akan mendapatkan dua seri, yakni pada 4 Juli dan 11 Juli 2021.

"Tanggal 4 Juli 2021 MXGP rencananya akan dilangsungkan di kawasan otorita Candi Borobudur Jawa Tengah. Sementara tanggal 11 Juli 2021 rencana akan dilaksanakan di Bali. Kita sama-sama ketahui di Jawa Tengah dan Bali sangat banyak destinasi wisata yang sangat indah untuk dikunjungi," kata Bamsoet.

Ketua Umum IMI dan Kemenparekraf juga sepakat akan mengembangkan kawasan ekonomi kreatif modifikasi kendaraan roda dua serta roda empat yang melibatkan ribuan UMKM. Sebab, produk modifikasi Indonesia sangat digemari oleh konsumen nasional serta internasional.

"Untuk mewujudkan sport automitive tourism ditengah pandemi, semua pihak harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Karenanya, perlu dijalankan dengan baik protokol kesehatan pariwisata berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) yang menjadi kebutuhan wisatawan dalam era adaptasi kebiasaan baru," pungkas Bamsoet.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Ekonomi Digital Ramaikan Pariwisata Batam

Sabtu, 23 Januari 2021 - 07:40 WIB

Ekonomi Digital Ramaikan Pariwisata Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno hari ini (22/01/2021) melakukan kunjungan kerja ke sejumlah proyek terkait dengan pengembangan ekonomi kreatif dan…

Komjen Listyo Sigit(ist)

Sabtu, 23 Januari 2021 - 07:30 WIB

Komjen Pol Listyo Sigit Harus Perkuat Soliditas Polri

Dipilihnya Listyo juga menuai sorotan, karena akan melangkahi dua angkatan setelah kapolri saat ini Jenderal Idham Azis, yang merupakan Akpol Angkatan 1988.

Tabur Bunga di Lokasi Musibah SJ-182

Sabtu, 23 Januari 2021 - 07:00 WIB

Sriwijaya Air Dampingi Keluarga Penumpang Tabur Bunga di Lokasi Musibah SJ-182

Dengan menumpang KRI Semarang sekitar 50 orang perwakilan keluarga penumpang dibawa melepas beban kesedihan dengan memberikan penghormatan terakhir kepada para korban musibah SJ-182 tepat di…

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

Sabtu, 23 Januari 2021 - 06:24 WIB

Pemerintah Serius Tindak TegasASN Terlibat Radikalisme

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa pemerintah melalui Kementerian PANRB akan menindak tegas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)

Sabtu, 23 Januari 2021 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjend Suhartono Tingkaatkan Kebugaran Tubuh Korps Marinir

Mayjen TNI (Mar) Suhartono. M.Tr(Han). mengatakan bahwa fasilitas Olahraga Driving Range The Commander ini seyogyanya menjadi salah satu sarana pembinaan fisik atau kebugaran dari prajurit dan…