Bertemu Menkes, Sandi Ungkap 30 Juta Rakyat Gantungkan Nasibnya di Sektor Parekraf: Kita Harus Gerak Cepat!

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 02 Januari 2021 - 10:14 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menparekraf Sandiaga Uno Bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Solehudin Uno menyatakan bahwa kunci percepatan pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif terletak pada penerapan protokol kesehatan.

"Sore ini saya baru saja bertemu dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Bersinergi, karena kunci percepatan pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif nasional terletak pada penerapan protokol kesehatan," ujar Sandi seperti dikutip redaksi Industry.co.id dari laman sosial media miliknya pada Sabtu (2/12/2021).

Khusus di sektor pariwisata Ia mendorong penerapan protokol K4, yakni Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, dan Kelestarian Lingkungan) atau CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Environment Sustainability).

"Dengan harapan kepercayaan masyarakat untuk berwisata kembali meningkat," tandasnya.

Sementara itu, Sandi mengku dirinya bersama Menkes Budi telah melahirkan pemikiran bersama mengenai 17 sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di era pandemi, yang diharapkan bisa tereksekusi secepatnya.

"Sejumlah keputusan strategis itu senyatanya untuk menjamin rasa aman dan nyaman, baik para wisatawan maupun para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkap Sandi.

Pasalnya menurut Sandi, saat ini ada 30 juta rakyat indonesia yang bergantung di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 12,7 juta di sektor pariwisata dan 18 juta lebih di ekonomi kreatif.

"Kita akan bergerak cepat sehingga semua potensi lapangan pekerjaan yang bisa kita selamatkan akan kita tingkatkan. Dengan kolaborasi dan kerjasama yang baik antara Kemenparekraf dan Kemenkes diharap dapat segera membangkitkan geliat industri pariwisata dan ekonomi kreatif di tahun 2021 sehingga lapangan kerja yang sempat hilang dapat kembali terbuka luas," jelasnya.

"Saya berharap semua pihak, mulai dari pemerintah, pelaku usaha hingga masyarakat dapat tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, yakni 3M (mencuci tangan, mengenakan masker dan menjaga jarak)," pungkas Sandi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…