Tegas! Abdul Mu'ti Tolak jadi Wakil Menteri Nadiem Makarim, Alasanya Luar Biasa & Bikin Haru

Oleh : Ridwan | Rabu, 23 Desember 2020 - 21:32 WIB

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menyebut bahwa dirinya memutuskan untuk mundur dari tawaran posisi Wakil Menteri di salah satu kementerian di Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Melalui cuitan di twitternya, Abdul Mu’ti menyampaikan bahwa keputusan mundur tersebut, diambil setelah melalui berbagai pertimbangan.

"Setelah melalui berbagai pertimbangan, saya memutuskan untuk tidak bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju dalam jabatan wakil menteri," kata Abdul Mu’ti dikutip dari Twitter @Abe_Mukti pada Rabu, 23 Desember 2020.

Abdul Mu’ti menuturkan bahwa dirinya tidak akan mampu memikul amanah yang sangat berat. Pasalnya ia mengaku bukan figur yang tepat.

"Saya merasa tidak akan mampu mengemban amanah yang sangat berat itu. Saya bukanlah figur yang tepat untuk amanah tersebut," ujar Abdul Mu’ti.

Lebih lanjut, Abdul Mu’ti menceritakan kronologi ketika dirinya ditawarkan posisi Wakil Menteri. Ia mengaku dihubungi oleh Mensegneg Praktino dan Mendikbud Nadiem Makarim.

Setelah itu, ia merenungkan tawaran tersebut hingga pada akhirnya memutuskan menolaknya. Pertimbanganya adalah alasan kemampuan dirinya dalam menjalan amanah tersebut.

"Awalnya, ketika dihubungi oleh Pak Mensesneg dan Mas Mendikbud, saya menyatakan bersedia bergabung jika diberi amanah. Tetapi, setelah mengukur kemampuan diri, saya berubah pikiran. Semoga ini adalah pilihan yang terbaik," tutur Abdul Mu’ti.

"Setelah melalui berbagai pertimbangan, saya memutuskan untuk tidak bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju dalam jabatan wakil menteri," katanya.

Cuitan itu mendapatkan beragam respons dari warganet. Ada yang memuji tindakan yang diambil oleh Sekretaris PP Muhammadiyah itu, tak sedikit pula yang menyayangkan keputusan tersebut.

Sebelumnya, beredar di media sosial sebuah surat undangan yang memuat 14 nama untuk Calon Menteri, Wakil Menteri serta Calon Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) hingga Calon Kepala Restorasi Gambut dan Mangrove.

Dari 14 nama itu, Abdul Mu’ti merupakan salah satu nama yang digadang-gadang menjadi Calon Wakil Menteri di Reshuffle Kabinet Indonesia Maju kali ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Langit

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:00 WIB

Demi Wujudkan Tujuan Mulia, Panglima Langit akan Menjual 3 Mobil Koleksinya untuk Membangun Masjid

Panglima Langit, ahli penyembuhan alternatif menyatakan tekadnya untuk membangun masjid impiannya empat tahun mendatang. Hal tersebut ditegaskan pria ganteng asal Aceh ini saat bincang dengan…

BPOM (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:35 WIB

Masyarakat Diminta Bijak terhadap Isu Bahaya Mikroplastik

Maraknya pemberitaan isu bahaya mikroplastik pada air kemasan perlu disikapi bijak oleh masyarakat.

Outlet Paris Baguette

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:30 WIB

Lanjutkan Ekspansi, Paris Baguette Buka 4 Outlet

Melanjutkan kesuksesan pembukaan outlet-outlet sebelumnya di pusat kota Jakarta, Erajaya Food & Nourishment meneruskan kembali perluasan footprint-nya dengan membuka empat outlet baru sekaligus…

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:00 WIB

IMI Bersama Pengelola Sirkuit Sentul Terus Matangkan Pengembangan West Java Sentul International Circuit

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama pengelola Sirkuit Internasional Sentul yang dipimpin Tinton Soeprapto mematangkan rencana pengembangan…

Mukhtarudin - Anggota DPR RI Komisi VII

Rabu, 18 Mei 2022 - 11:58 WIB

Neraca Perdagangan Surplus, Anggota Banggar DPR RI: Ini Sinyal Ekonomi RI Kuat

Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin mengatakan surplus neraca perdagangan pada April 2022 yang tercatat 7,56 miliar dolar AS mengindikasikan bahwa penguatan ekonomi Indonesia pada tahun 2022…