Gelar Pelatihan Menjahit, Jababeka Dorong Para Ibu Berwirausaha

Oleh : Ridwan | Selasa, 22 Desember 2020 - 07:40 WIB

Program CSR Jababeka
Program CSR Jababeka

INDUSTRY.co.id - Bekasi - Peran perempuan tidak dapat dikesampingkan dalam upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan keluarga. Pada umumnya, perempuan dapat berperan ganda sebagai ibu rumah tangga dan pencari nafkah. 

Tidak jarang, perempuan dituntut untuk bekerja supaya mendapatkan penghasilan agar dapat membantu suami mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarga. 

Melihat kondisi itu, Jababeka Group melalui Jababeka Infrastruktur selaku pengelola Kawasan Industri menjalankan Program CSR Jababeka Bersahabat (Jabat) Ekonomi. 

Di mana kegiatan ini berpedoman pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan point 5 yaitu mencapai Kesetaraan Gender adalah memberikan pelatihan bagi para ibu rumah tangga melalui Kelas Terampil Menjahit.

GM PT Jababeka Infrastruktur, Aris Dwi Cahyanto menyampaikan bahwasannya Program Kelas Terampil sesuai dengan kebutuhan warga yang memerlukan peningkatan keterampilan menjahit agar dapat menambah penghasilan keluarga.

"Saya berharap pelatihan ini dapat memberikan nilai manfaat bagi para peserta sehingga nantinya  mereka dapat menciptakan lapangan kerja sendiri dan tercapainya kemandirian usaha," katanya di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Pada bulan November 2020, Kelas Terampil Menjahit dilaksanakan di 2 desa berbeda yaitu desa Simpangan dan desa Harjamekar, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Pelatihan ini mendapat sambutan positif dari masing-masing Kepala Desa dan Ketua PKK yang turut hadir membuka acara. 

Pelatihan dasar menjahit di setiap desa berlangsung selama 3 hari berturut-turut. Adapun tekhnik dasar yang diberikan antara lain cara mengukur badan, membuat pola , memotong bahan hingga menjadi blouse dan masker. 

"Pelatihan menjahit ini bisa menjadi pengetahuan penting bagi para ibu yang baru mulai menjahit ataupun sudah bisa jahit tapi masih terbatas secara teori pembuatan pola, sehingga harapan kedepannya bisa lebih terampil dan produktif," ujar Kepala Desa Simpangan, H. Kurma Kurniawan.  

Pendapat senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Harjamekar, H. Wijayanto, S.Sos.

"Kegiatan pelatihan menjahit seperti ini sangat bermanfaat bagi warga saya yang memang memiliki minat dalam usaha menjahit, saya berharap pelatihan – pelatihan lainnya juga bisa diberikan agar dapat meningkatkan skill warga desa," turuo Wijayanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelombang digitalisasi mendorong banyak pelaku UMKM untuk memperluas pasarnya

Selasa, 22 Juni 2021 - 09:00 WIB

Pemanfaatan Digital Skills dengan Benar Selamatkan Bisnis di Masa Pandemi

Masa pandemi Covid-19 yang telah berlangsung setahun lebih yang berdampak pada bisnis dan perekonomian, serta dalam pemanfaatan digital ternyata mampu untuk membuat pelaku usaha dan UMKM bisa…

Sawah yang menguning siap panen

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:46 WIB

Apresiasi Pakar Pangan UB Untuk Indonesia Sebagai Anggota Dewan FAO

Pakar ketahanan pangan dari Universitas Brawijaya (UB) Malang, Dr Sujarwo menyampaikan selamat sekaligus apresiasi setinggi-tingginya atas terpilihnya Indonesia sebagai Anggota Dewan FAO yang…

Ilustrasi Berinternet (Ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:15 WIB

Pengguna Internet Makin Meningkat, Ini Cara untuk Melindungi Data Pribadi

Menurut data yang dihimpun Social-Hootsuite pada Januari 2021 menunjukan pengguna internet di Indonesia tumbuh 15,5 persen atau sebesar 27 juta orang selama pandemi. Sementara pengguna media…

Desa Wisata Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:00 WIB

Sandiaga Berharap Desa Wisata jadi Lokomotif Perkembangan Ekonomi di Indonesia

Dalam Webinar Desa Wisata – Desa Kreatif Sumatera Selatan, yang diikuti oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan…

Ilustrasi Era Digitalisasi

Selasa, 22 Juni 2021 - 07:30 WIB

Sudah Menjadi Gaya Hidup, Kenali Dampak Dari Digitalisasi

Digitalisasi telah mengubah interaksi sosial di masyarakat. Dengan bantuan teknologi yang sebenarnya memudahkan kehidupan, di balik itu terdapat kehati-hatian gaya hidup yang membuat masyarakat…