Gelar Pelatihan Menjahit, Jababeka Dorong Para Ibu Berwirausaha

Oleh : Ridwan | Selasa, 22 Desember 2020 - 07:40 WIB

Program CSR Jababeka
Program CSR Jababeka

INDUSTRY.co.id - Bekasi - Peran perempuan tidak dapat dikesampingkan dalam upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan keluarga. Pada umumnya, perempuan dapat berperan ganda sebagai ibu rumah tangga dan pencari nafkah. 

Tidak jarang, perempuan dituntut untuk bekerja supaya mendapatkan penghasilan agar dapat membantu suami mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarga. 

Melihat kondisi itu, Jababeka Group melalui Jababeka Infrastruktur selaku pengelola Kawasan Industri menjalankan Program CSR Jababeka Bersahabat (Jabat) Ekonomi. 

Di mana kegiatan ini berpedoman pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan point 5 yaitu mencapai Kesetaraan Gender adalah memberikan pelatihan bagi para ibu rumah tangga melalui Kelas Terampil Menjahit.

GM PT Jababeka Infrastruktur, Aris Dwi Cahyanto menyampaikan bahwasannya Program Kelas Terampil sesuai dengan kebutuhan warga yang memerlukan peningkatan keterampilan menjahit agar dapat menambah penghasilan keluarga.

"Saya berharap pelatihan ini dapat memberikan nilai manfaat bagi para peserta sehingga nantinya  mereka dapat menciptakan lapangan kerja sendiri dan tercapainya kemandirian usaha," katanya di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Pada bulan November 2020, Kelas Terampil Menjahit dilaksanakan di 2 desa berbeda yaitu desa Simpangan dan desa Harjamekar, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Pelatihan ini mendapat sambutan positif dari masing-masing Kepala Desa dan Ketua PKK yang turut hadir membuka acara. 

Pelatihan dasar menjahit di setiap desa berlangsung selama 3 hari berturut-turut. Adapun tekhnik dasar yang diberikan antara lain cara mengukur badan, membuat pola , memotong bahan hingga menjadi blouse dan masker. 

"Pelatihan menjahit ini bisa menjadi pengetahuan penting bagi para ibu yang baru mulai menjahit ataupun sudah bisa jahit tapi masih terbatas secara teori pembuatan pola, sehingga harapan kedepannya bisa lebih terampil dan produktif," ujar Kepala Desa Simpangan, H. Kurma Kurniawan.  

Pendapat senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Harjamekar, H. Wijayanto, S.Sos.

"Kegiatan pelatihan menjahit seperti ini sangat bermanfaat bagi warga saya yang memang memiliki minat dalam usaha menjahit, saya berharap pelatihan – pelatihan lainnya juga bisa diberikan agar dapat meningkatkan skill warga desa," turuo Wijayanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…