Prudence Foundation Luncurkan Safe Steps D-Tech Awards Edisi Kedua

Oleh : Hariyanto | Minggu, 20 Desember 2020 - 12:54 WIB

Safe Steps D-Tech Award
Safe Steps D-Tech Award

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Prudence Foundation, bagian dari Community Investment Prudential di Asia dan Afrika, bersama dengan mitra yang bergerak di bidang kemanusiaan Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) serta mitra dalam bidang teknologi Lenovo, meluncurkan edisi kedua dari Safe Steps Disaster Tech (D-Tech) award .

Penghargaan ini bertujuan untuk menemukan, mendanai, dan memberikan dukungan solusi teknologi yang mampu menyelamatkan jiwa sebelum, selama, atau setelah bencana alam.

Tahun ini, pandemi COVID-19 telah menginfeksi lebih dari 11 juta orang  dan diperkirakan mengakibatkan kerugian ekonomi lebih dari US$2,7 triliun  dan menyebabkan peningkatan kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan bencana serta kolaborasi di segala sektor untuk mengurangi ancaman dan dampak bencana alam.

Safe Steps Disaster Tech (D-Tech) award digagas oleh Prudence Foundation dengan keyakinan bahwa inovasi di bidang teknologi memiliki peranan yang sangat signifikan dalam meningkatkan kesiapsiagaan, pemulihan, dan ketahanan bencana.

Penghargaan ini merupakan bagian dari Safe Steps, program kesadaran masal multi-platform yang dikembangkan oleh Prudence Foundation dan didukung oleh IFRC serta mitra lainnya untuk memberikan informasi penyelamat jiwa pada peristiwa bencana alam, keselamatan berlalu lintas, dan pertolongan pertama.

Organisasi yang berpartisipasi dalam penghargaan ini memiliki peluang untuk memenangkan dana hibah dengan total senilai US$200.000 untuk mendukung implementasi dan peningkatan solusi D-Tech.

Semi-finalis dan finalis akan mendapatkan akses untuk dibina oleh para ahli, kesempatan promosi dan mengakses jaringan ke perwakilan lembaga kemanusiaan, pengelola modal ventura, pengusaha muda di bidang teknologi dan pengembang bisnis sosial. Finalis akan mempresentasikan solusi yang mereka usulkan kepada panel juri pada Juni 2021.

Perusahaan sosial Indonesia PetaBencana.id, dinobatkan sebagai runner-up kedua dalam penghargaan tahun lalu sebagai bentuk pengakuan atas platform berbasis web gratis yang mereka sediakan untuk menyediakan visualisasi bencana skala besar dengan memanfaatkan laporan dari berbagai sumber dan data statistik secara real-time.

Sejak saat itu, solusi D-Tech ini telah diadopsi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memantau bencana banjir, meningkatkan waktu tanggap darurat, dan membagikan informasi darurat kepada penduduk di seluruh Indonesia.

Donald Kanak, Chairman of Prudence Foundation mengungkapkan, Pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung telah meningkatkan kesadaran akan kebutuhan mendesak untuk kesiapsiagaan bencana dan penguatan teknologi dalam ketahanan, respons, dan pemulihan bencana.

"Kami merancang Safe Steps D-Tech Awards untuk mendorong wirausahawan di seluruh dunia agar mengalokasikan energi dan kemampuan yang mereka miliki dalam penerapan teknologi untuk mengurangi dampak kehancuran akibat bencana. Kami percaya D-Tech memiliki potensi besar untuk mengubah kekacauan menjadi kebaikan dan memberikan dampak yang serupa seperti teknologi di negara lain, seperti edtech, fintech dan medtech," kata Kanak dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Minggu (20/12/2020).

Sementara, Alexander Matheou, IFRC’s Regional Director for Asia Pacific menyatakan, tahun 2020 telah menunjukkan kepada kita bahwa ketahanan terhadap bencana ternyata sangat penting.

"IFRC dengan senang hati bekerja sama kembali dengan Prudence Foundation dalam Safe Steps D-Tech Awards untuk menyatukan sektor swasta dan masyarakat guna mendukung solusi teknologi yang akan membantu menyelamatkan jiwa manusia," katanya.

Menurut Pratima Harite, Head of Corporate Social Responsibility and Philanthropy for Lenovo Asia Pacific, teknologi dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan ketahanan di masyarakat yang terkena dampak bencana alam dan bencana lainnya.

"Lenovo memiliki tujuan untuk menggabungkan kekuatan teknologi kelas dunia dengan kreativitas dan pengetahuan wirausahawan lokal serta organisasi sosial, untuk mencapai kesiapan, pemulihan, dan ketahanan pasca bencana yang lebih baik," ujarnya.

Penghargaan ini didukung oleh berbagai mitra strategis, termasuk Asian Venture Philanthropy Network (AVPN), Antler, e27, Give2Asia, Hatcher +, Jubilee Capital Management dan National Geographic. Pendaftaran untuk mengikuti kompetisi ini dibuka sejak 8 Desember 2020 hingga 19 Februari 2021. Organisasi nirlaba maupun non-nirlaba dipersilakan untuk mendaftar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.