Alasan Pilih Lokasi di KIK, Bos Auri Steel: Kita Confidence Level Tinggi Dengan Pengembangnya, Jababeka dan Sembcorp

Oleh : Candra Mata | Kamis, 17 Desember 2020 - 23:20 WIB

Pengoperasian Pabrik Baja PT Auri Steel Metallindo di Kawasan Industri Kendal
Pengoperasian Pabrik Baja PT Auri Steel Metallindo di Kawasan Industri Kendal

INDUSTRY.co.id - Kendal, Direktur PT Kawasan Industri Kendal (KIK) Didik Purbadi menyampaikan apresiasi atas dimulainya pengoperasian pabrik baja milik PT. Auri Steel Metalindo di KIK, Jawa Tengah pada Kamis (17/12)

"Kami mengapresiasi dimulainya pengoperasian Auri Steel Metalindo di kawasan. Diharapkan kehadiran Auri Steel dapat memenuhi kebutuhan permintaan akan produk besi dan baja yang terus meningkat di Jawa Tengah," ujar Didik dalam keterangannya seperti dikutip redaksi Industry.co.id pada Kamis malam.

Dengan hadirnya pabrik baja di kawasan ini, Didiek berharap nantinya Jawa Tengah bisa mandiri dalam hal produksi besi dan baja serta turut berkontribusi dalam perekonomian daerah utamanya dalam penciptaan lapangan kerja baru di Jawa Tengah.

"Dengan hadirnya Auri Steel ini diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru dan memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian daerah," ungkapnya.

Apresiasi yang sama juga dilontarkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono. 

Menurutnya, Kemenperin menyambut baik atas peluncuran pabrik baja Auri Steel di KIK ini. Terlebih, saat ini menurutnya industri logam memiliki potensi yang besar untuk memberikan kontribusi bagi perekonomian.

"Kemenperin memberikan apresiasi kepada PT. Auri Steel Metalindo yang telah menanamkan modalnya di Kawasan Industri Kendal sebesar USD4,9 juta dengan target penyerapan tenaga kerja sebanyak 1.000 orang," jelasnya.

Perusahaan ini, disebut-sebut akan memproduksi atap baja ringan dengan kapasitas mencapai 400.000  ton per tahun.

"Investasi ini merupakan bukti peran serta dalam upaya membangun dan mengembangkan industri baja di Indonesia khususnya produk baja ringan. Selain itu, investasi ini menjadi solusi untuk menanggulangi PHK karena dampak pandemi. Jadi, pengoperasian pabrik Auri Steel ini merupakan kabar baik," tandasnya.

Sementara itu Auripallas Pramana, Direktur Utama PT. Auri Steel Metalindo, mengemukakan bahwa pembangunan pabrik baja senilai US$4,9 juta ini telah dimulai sejak awal tahun 2020 lalu dan dapat selesai atau mulai beroperasi pada akhir tahun 2020 ini. 

"Fasilitas produksi ini nantinya setelah beroperasi secara penuh dapat menyerap 1.000 tenaga kerja," kata Auripallas Pramana.

Adapun terkait dipilihnya KIK sebagai lokasi produksi, Pramana menyebut kawasan kendal ini selain memiliki banyak keunggulan juga dipersiapkan untuk bisnis jangka panjang perseroan.

“KIK sebagai Kawasan Ekonomi Khusus yang tentunya memiliki banyak keunggulan. Tapi, kita juga memiliki confidence level yang tinggi dengan pengembangnya, yaitu PT Jababeka Tbk. dan Sembcorp dari Singapura. Sebab untuk menentukan lokasi pabrik, kontinuitas dan peran pengelola sangat penting untuk keberlangsungan operasi pada jangka panjang," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…