Alasan Pilih Lokasi di KIK, Bos Auri Steel: Kita Confidence Level Tinggi Dengan Pengembangnya, Jababeka dan Sembcorp

Oleh : Candra Mata | Kamis, 17 Desember 2020 - 23:20 WIB

Pengoperasian Pabrik Baja PT Auri Steel Metallindo di Kawasan Industri Kendal
Pengoperasian Pabrik Baja PT Auri Steel Metallindo di Kawasan Industri Kendal

INDUSTRY.co.id - Kendal, Direktur PT Kawasan Industri Kendal (KIK) Didik Purbadi menyampaikan apresiasi atas dimulainya pengoperasian pabrik baja milik PT. Auri Steel Metalindo di KIK, Jawa Tengah pada Kamis (17/12)

"Kami mengapresiasi dimulainya pengoperasian Auri Steel Metalindo di kawasan. Diharapkan kehadiran Auri Steel dapat memenuhi kebutuhan permintaan akan produk besi dan baja yang terus meningkat di Jawa Tengah," ujar Didik dalam keterangannya seperti dikutip redaksi Industry.co.id pada Kamis malam.

Dengan hadirnya pabrik baja di kawasan ini, Didiek berharap nantinya Jawa Tengah bisa mandiri dalam hal produksi besi dan baja serta turut berkontribusi dalam perekonomian daerah utamanya dalam penciptaan lapangan kerja baru di Jawa Tengah.

"Dengan hadirnya Auri Steel ini diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru dan memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian daerah," ungkapnya.

Apresiasi yang sama juga dilontarkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono. 

Menurutnya, Kemenperin menyambut baik atas peluncuran pabrik baja Auri Steel di KIK ini. Terlebih, saat ini menurutnya industri logam memiliki potensi yang besar untuk memberikan kontribusi bagi perekonomian.

"Kemenperin memberikan apresiasi kepada PT. Auri Steel Metalindo yang telah menanamkan modalnya di Kawasan Industri Kendal sebesar USD4,9 juta dengan target penyerapan tenaga kerja sebanyak 1.000 orang," jelasnya.

Perusahaan ini, disebut-sebut akan memproduksi atap baja ringan dengan kapasitas mencapai 400.000  ton per tahun.

"Investasi ini merupakan bukti peran serta dalam upaya membangun dan mengembangkan industri baja di Indonesia khususnya produk baja ringan. Selain itu, investasi ini menjadi solusi untuk menanggulangi PHK karena dampak pandemi. Jadi, pengoperasian pabrik Auri Steel ini merupakan kabar baik," tandasnya.

Sementara itu Auripallas Pramana, Direktur Utama PT. Auri Steel Metalindo, mengemukakan bahwa pembangunan pabrik baja senilai US$4,9 juta ini telah dimulai sejak awal tahun 2020 lalu dan dapat selesai atau mulai beroperasi pada akhir tahun 2020 ini. 

"Fasilitas produksi ini nantinya setelah beroperasi secara penuh dapat menyerap 1.000 tenaga kerja," kata Auripallas Pramana.

Adapun terkait dipilihnya KIK sebagai lokasi produksi, Pramana menyebut kawasan kendal ini selain memiliki banyak keunggulan juga dipersiapkan untuk bisnis jangka panjang perseroan.

“KIK sebagai Kawasan Ekonomi Khusus yang tentunya memiliki banyak keunggulan. Tapi, kita juga memiliki confidence level yang tinggi dengan pengembangnya, yaitu PT Jababeka Tbk. dan Sembcorp dari Singapura. Sebab untuk menentukan lokasi pabrik, kontinuitas dan peran pengelola sangat penting untuk keberlangsungan operasi pada jangka panjang," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.