Alasan Pilih Lokasi di KIK, Bos Auri Steel: Kita Confidence Level Tinggi Dengan Pengembangnya, Jababeka dan Sembcorp

Oleh : Candra Mata | Kamis, 17 Desember 2020 - 23:20 WIB

Pengoperasian Pabrik Baja PT Auri Steel Metallindo di Kawasan Industri Kendal
Pengoperasian Pabrik Baja PT Auri Steel Metallindo di Kawasan Industri Kendal

INDUSTRY.co.id - Kendal, Direktur PT Kawasan Industri Kendal (KIK) Didik Purbadi menyampaikan apresiasi atas dimulainya pengoperasian pabrik baja milik PT. Auri Steel Metalindo di KIK, Jawa Tengah pada Kamis (17/12)

"Kami mengapresiasi dimulainya pengoperasian Auri Steel Metalindo di kawasan. Diharapkan kehadiran Auri Steel dapat memenuhi kebutuhan permintaan akan produk besi dan baja yang terus meningkat di Jawa Tengah," ujar Didik dalam keterangannya seperti dikutip redaksi Industry.co.id pada Kamis malam.

Dengan hadirnya pabrik baja di kawasan ini, Didiek berharap nantinya Jawa Tengah bisa mandiri dalam hal produksi besi dan baja serta turut berkontribusi dalam perekonomian daerah utamanya dalam penciptaan lapangan kerja baru di Jawa Tengah.

"Dengan hadirnya Auri Steel ini diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru dan memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian daerah," ungkapnya.

Apresiasi yang sama juga dilontarkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono. 

Menurutnya, Kemenperin menyambut baik atas peluncuran pabrik baja Auri Steel di KIK ini. Terlebih, saat ini menurutnya industri logam memiliki potensi yang besar untuk memberikan kontribusi bagi perekonomian.

"Kemenperin memberikan apresiasi kepada PT. Auri Steel Metalindo yang telah menanamkan modalnya di Kawasan Industri Kendal sebesar USD4,9 juta dengan target penyerapan tenaga kerja sebanyak 1.000 orang," jelasnya.

Perusahaan ini, disebut-sebut akan memproduksi atap baja ringan dengan kapasitas mencapai 400.000  ton per tahun.

"Investasi ini merupakan bukti peran serta dalam upaya membangun dan mengembangkan industri baja di Indonesia khususnya produk baja ringan. Selain itu, investasi ini menjadi solusi untuk menanggulangi PHK karena dampak pandemi. Jadi, pengoperasian pabrik Auri Steel ini merupakan kabar baik," tandasnya.

Sementara itu Auripallas Pramana, Direktur Utama PT. Auri Steel Metalindo, mengemukakan bahwa pembangunan pabrik baja senilai US$4,9 juta ini telah dimulai sejak awal tahun 2020 lalu dan dapat selesai atau mulai beroperasi pada akhir tahun 2020 ini. 

"Fasilitas produksi ini nantinya setelah beroperasi secara penuh dapat menyerap 1.000 tenaga kerja," kata Auripallas Pramana.

Adapun terkait dipilihnya KIK sebagai lokasi produksi, Pramana menyebut kawasan kendal ini selain memiliki banyak keunggulan juga dipersiapkan untuk bisnis jangka panjang perseroan.

“KIK sebagai Kawasan Ekonomi Khusus yang tentunya memiliki banyak keunggulan. Tapi, kita juga memiliki confidence level yang tinggi dengan pengembangnya, yaitu PT Jababeka Tbk. dan Sembcorp dari Singapura. Sebab untuk menentukan lokasi pabrik, kontinuitas dan peran pengelola sangat penting untuk keberlangsungan operasi pada jangka panjang," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Laptop Acer yang terus berinovasi

Senin, 01 Maret 2021 - 05:40 WIB

Acer Enduro N3 Hadir sebagai Laptop Tahan Banting Kondisi Ekstrem

Acer menghadirkan lini terbaru bernama Acer Enduro, perangkat komputasi tangguh yang memenuhi standar sertifikasi militer. Perangkat ini didesain untuk mereka yang bekerja di lingkungan keras…

Erick Thohir

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:27 WIB

Menteri BUMN Sebut Pemerintah Bakal Bangun Proyek-proyek Nasional Tanpa Utang! Publik: Mantap Pak Erick, Bismillah...

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa ada 3 prioritas utama pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional saat ini. "Kembali saya sampaikan 3 prioritas…

Webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis” melalui zoom.

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:26 WIB

SUCOFINDO Edukasi Rumah Sakit Terkait Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan melalui Webinar

Jakarta, 24/2 – PT SUCOFINDO (Persero) mengadakan webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis”.

Kawasan Industri Jababeka

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:57 WIB

Dahsyat! Miliki Infrastruktur Industri 4.0 Terlengkap, Kawasan Industri Jababeka Jadi Incaran Investor Perusahaan IOT

Kawasan Industri Jababeka sudah mampu mendukung industry 4.0 dan “menampung” para investor yang ingin membangun perusahaan berbasis IOT. Hal itu karena kawasan industri lain tidak ada yang…

Muhaimin Iskandqr (Gus AMI) -foto Detik.com

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:19 WIB

Gus AMI: NU dan Kyai adalah Sabuk Pengaman Bangsa di Tengah Pandemi

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar menegaskan, Nahdlatul Ulama (NU) melalui pesantrennya, adalah sabuk pengaman bangsa.  Karena itu…