Kideco Kembali Raih Proper Emas Tingkat Nasional di Anugerah Lingkungan Proper 2020

Oleh : Hariyanto | Senin, 14 Desember 2020 - 17:13 WIB

Kideco Raih Proper Emas Tingkat Nasional di Anugerah Lingkungan Proper 2020
Kideco Raih Proper Emas Tingkat Nasional di Anugerah Lingkungan Proper 2020

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Kideco Jaya Agung (Kideco), salah satu anak perusahaan PT Indika Energy Tbk, kembali meraih Anugerah Lingkungan Proper 2020 berupa penghargaan Proper Emas dalam pengelolaan lingkungan hidup kategori Industri Tambang Mineral dan Batubara.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, pada hari Senin, (14/12/2020).

Proper Emas merupakan apresiasi tertinggi atas kinerja Perusahaan yang telah secara konsisten menunjukan keunggulan pengelolaan lingkungan dalam proses produksi dan jasa, serta melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

Capaian ini adalah prestasi membanggakan bagi Kideco, karena telah berhasil mempertahankan Proper Emas yang juga telah diterima pada tahun 2019 yang lalu. Hal ini merupakan hasil komitmen dan kerjasama manajemen beserta seluruh karyawan, didukung oleh para pemangku kepentingan, masyarakat dan pemerintah.

Presiden Direktur Kideco M. Kurnia Ariawan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas capaian Proper Emas tingkat nasional ini.

"Kideco selalu berkomitmen terhadap kelestarian lingkungan, dengan memenuhi berbagai aspek yang meliputi penerapan Sistem Manajemen Lingkungan (SML), melakukan Efisiensi Energi dan Penurunan Emisi, melakukan pengelolaan 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) Limbah B3 dan Limbah Padat Non B3, pengelolaan efisiensi air dan penurunan beban pencemaran air, perlindungan Keanekaragaman Hayati, serta program tanggung jawab sosial lainnya," ungkapnya.

Kideco telah melaksanakan berbagai  program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) bagi masyarakat lingkar tambang yang mendukung terciptanya nilai creating shared value (CSV) antara perusahaan dan masyarakat, di sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur, keagamaan, kepemudaan hingga sosial budaya.

Dalam penilaian Proper Nasional tahun ini Kideco mengajukan program adisionalitas yaitu  Mandiri melalui usaha Air Minum isi ulang berbasis teknologi Reverse Osmosis, pengelolaan kotoran ternak menjadi Pupuk Super Organik, serta  program Inovasi  Pemanfaatan limbah serbuk kayu dalam pembuatan baglog media budidaya Jamur Tiram oleh Kelompok Tani Rindang Jaya.

M. Kurnia Ariawan juga menambahkan, bahwa Proper Emas bukanlah semata meningkatkan reputasi, tetapi menjadi bagian dari tanggung jawab  sosial dan lingkungan yang tidak terpisahkan dari bisnis inti Kideco.

“Kami juga fokus dalam mendukung kegiatan Sustainable Development Goals (SDGs) serta berbagai kegiatan kebencanaan Alam dan Non-Alam berupa pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Paser khususnya dan Kalimantan Timur pada umumnya,” ujar Kurnia Ariawan.
 
Proper Emas tingkat Nasional ini melengkapi capaian Kideco di tahun 2020 yang sebelumnya telah meraih Proper Emas tingkat Propinsi  (Peringkat Kinerja Perusahaan – Propinsi Kaltim), ADITAMA (Good Mining Practice bidang Pengelolaan Lingkungan Pertambangan – KESDM), ICA (Indonesia CSR Awards – Kemensos), dan TOP CSR Award 2020.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Produk Daypack Leuser (Dok: Leuser Adventure Shop)

Jumat, 25 Juni 2021 - 10:15 WIB

Berburu Perlengkapan Outdoor di Leuser Adventure Shop, Ada Diskon Menarik, Lho!

Pemerintah Indonesia telah memberikan pelonggaran terhadap wisatwan untuk berwisata ke berbagai daerah Indonesia sebagai upaya meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Akan tetapi,…

Pertashop Dexlite Pertama Resmi Beroperasi

Jumat, 25 Juni 2021 - 09:23 WIB

Pertashop Dexlite Pertama Resmi Beroperasi di Sragen

Untuk pertama kalinya di Regional Jawa Bagian Tengah, Pertashop yang menyalurkan produk bahan bakar minyak (BBM) mesin diesel atau jenis gasoil, yaitu Dexlite resmi beroperasi.

Pembangunan Bendungan Ladongi

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:57 WIB

Progres Pembangunan Sudah 90,28 Persen, Bendungan Ladongi di Kolaka Timur Siap Impounding Pada Juli 2021

Bendungan Ladongi akan menahan aliran Sungai Ladongi dengan kapasitas tampung 45,95 juta m3 dan luas genangan serta area sabuk hijau sebesar 246,13 hektar (ha). Nantinya air yang tertampung…

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi (kiri) bersama Direktur Information Technology Bank Syariah Indonesia, Achmad Syafii (kanan) saat menunjukkan aplikasi BSI Mobile

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:20 WIB

Buka Rekening ke Cabang Enggak Zaman, BSI Bisa Onlie!

PT Bank Syariah Indonesia (Tbk) atau BSI terus melakukan transformasi digital untuk menghadirkan kemudahan layanan keuangan bagi nasabah dan masyarakat, termasuk membuka rekening secara daring…

Maybank dan Blibli

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:00 WIB

Maybank Finance dan Garasi.id, Blibli Hadirkan Kemudahan Jual Beli Mobil Baru

Blibli, e-commerce lokal terdepan, berkolaborasi dengan Maybank Finance, solusi pembiayaan dari salah satu bank terbesar di Indonesia, dan Garasi.id, pusat jual beli mobil bekas berkualitas,…