Ada Menteri Dinilai Menyusahkan, Kornas-Jokowi Minta Presiden Secepatnya Lakukan Reshuffle Kabinet

Oleh : Hariyanto | Minggu, 13 Desember 2020 - 21:30 WIB

Ketua Umum Sentral Gerakan Rakyat-Jokowi Akhrom Saleh
Ketua Umum Sentral Gerakan Rakyat-Jokowi Akhrom Saleh

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Komite Rakyat Nasional (Kornas) Jokowi menilai pemerintah, dalam hal ini Kabinet Indonesia Maju kinerjanya terkesan lamban dalam menghadapi dampak pandemi COVID-19. Akibatnya, krisis multidimensi pun tak dapat lagi dihindarkan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Akhrom Saleh, Sekretaris Jenderal Kornas-Jokowi dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Minggu (13/12/2020). Untuk itu, pihaknya meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera mengambil langkah-langkah nyata untuk memimpin langsung dalam mengatasi krisis multidimensi.

"Sehingga kebijakan atau keputusan cuma satu komando, yakni hanya ada di tangan Presiden selaku kepala negara. Terlebih lagi Badan Pusat Statistik memperkirakan 29 juta orang telah mengganggur, akibat dampak dari COVID-19 yang semakin merajalela," kata Akhrom.

Menurutnya, Presiden harus meninjau kembali Kabinet Indonesia Maju yang kinerjanya jauh panggang daripada api. Terlebih lagi, kata Akhrom, Kabinet Indonesia Maju dinilai tidak membantu Presiden dalam menangani dampak pandemi melainkan hanya menyusahkan saja.

"Seperti halnya para Menteri yang terjerat kasus korupsi baru-baru ini. Mereka terkesan hanya mementingkan diri pribadi, golongan dan kelompok saja, bukan memikirkan kepentingan bangsa dan negara. Sehingga hal itu hanya menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan, khususnya Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Maka dari itu, lanjut Akhrom, Kornas-Jokowi meminta kepada Presiden untuk segera mengambil langkah perombakan kabinet yang tidak perform, karena reshuffle kabinet suatu keniscayaan dalam menghadapi kondisi objektif negara dan pemerintah pada saat ini.

Kornas-Jokowi juga secara tegas mendukung aparatur negara, dalam hal ini TNI-Polri untuk menindak tegas pihak-pihak yang ingin menghacurkan keberagaman dan kebhinekaan yang sudah terjaga sejak dulu. "Maka dari itu hukum harus di tegakkan seadil-adilnya, demi menjaga kenyamanan bermasyarakat  dan bernegara," tambah Akhrom.

Selain itu, Kornas-Jokowi juga mengingatkan kepada Pihak Kepolisian agar melepaskan kepentingan politik internal di mana akan ada pergantian Kapolri dalam waktu dekat.

"Demikian juga perlu ditegaskan, bahwa jika krisis multidimensi ini tidak segera diselesaikan oleh Presiden Jokowi dan jajarannya, bukan tidak mungkin virus-virus Radikal akan semakin tumbuh subur bak jamur dimusim hujan. Karena rakyat sudah terancam kelaparan," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 19 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menperin Agus Resmikan xEV Center Milik Raksasa Otomotif Asal Jepang di Karawang

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan xEV Center, yang berlokasi di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang 3, Kamis (19/5/2022).

DR. Basuki Ranto, Dewan Pakar ICMI

Kamis, 19 Mei 2022 - 18:55 WIB

Perekonomian Daerah Nyata Bergerak Naik Dampak Mudik Lebaran

Jakarta-Masyarakat gegap-gempita melakukan mudik lebaran 2022, setelahdianya akses mudik tahun ini juga disinyalir mendorong perekonomian daerah.

Changemakers Nusantara Day

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:52 WIB

Changemakers Nusantara Day: Pertemuan Akbar Ribuan Pembawa Perubahan Tanah Air

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi nirlaba pembawa perubahan bagian dari Grup GoTo, menggelar Changemakers Nusantara Day untuk merayakan keberhasilan ribuan pembawa perubahan yang telah…

PLN (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:43 WIB

PLN Batam Setop Rencana Ekspor Listrik ke Singapura

PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (PLN Batam) menghentikan rencana ekspor listrik ke Singapura. Hal tersebut diutarakan Komisaris PT PLN Batam Rizal Calvary Marimbo di Jakarta, kemarin usai…

Tugu Insurance

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:39 WIB

Laba Meningkat, Tugu Insurance Tebar Dividen Sebesar Rp 126,6 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2022 menyetujui pemberian dividen sebesar Rp 126.592.140.666…