Rizal Djibran Kembangkan Himego Fish Sebagai Alternatif Makanan Bernutrisi

Oleh : Amazon Dalimunthe | Minggu, 29 November 2020 - 09:31 WIB

Rizal Djibran dan rekannya Nia Rahmania di depan stan Himego Fish dalam acara "Ngobrol Bareng Jurnalis" di kawasan Jakarta Pusat, sabtu (28/11)
Rizal Djibran dan rekannya Nia Rahmania di depan stan Himego Fish dalam acara "Ngobrol Bareng Jurnalis" di kawasan Jakarta Pusat, sabtu (28/11)

INDUSTRY.co.id - JAKARTA, Lama tak terdengar kiprahnya di dunia hiburan yang telah membesarkan namanya, ternyata aktor Rizal Djibran (43 tahun) sibuk berbisnis. Aktor yang dulu memerankan tokoh Lindu Aji dalam serial Misteri Gunung Merapi ini, kini fokus mengembangkan bisnis makanan ringan bermerk Himego Fish yang bahan dasarnya adalah ikan Kalapan dalam bentuk kering (crispy)  dalam berbagai varian rasa. 

"Sekarang saya memang lagi fokus memgembangkan bisnis UMKM lewat label Djibran Food dengan produk pertama bernama Himego Fish. Alhamdulillah saat ini Himego Fish sudah masuk di market place, juga sudah masuk ke pasar di Singapura dan Selandia Baru, " ujar Rizal saat ditemui dalam acara "ngobrol bareng jurnalis" di Kawasan Petojo, Jakarta Pusat. 

Bisnis ini, lanjut Rizal, bukan karena ia sudah tidak laku dalam bidang hiburan lagi, tapi karena ia ingin membantu program pemerintah menggalakkan program masyarakat gemar makan ikan. "Bahkan saya juga buat gerakan Artis Makan Ikan yang disambut oleh puluhan teman teman artis lainnya," tutur Rizal. 

Tentang pilihannya mengembangkan ikan Kalapan sebagai makanan ringan menurut Rizal terjadi berkat pengamatan dan riset berulang ulang.  "Ikan ini banyak terdapat di laut utara Jawa. Biasanya digunakan untuk umpan oleh nelayan. Hanya sedikit yang mengkonsumsinya. Lalu saya pikir kenapa gak ikan ini aja yang saya ambil. Saya lantas baca literatur kalau di Jepang ikan ini di sebut Himego dan dikonsumsi. Ya sudah saya lalu beri merek produk saya Himego Fish. Ini ikan utuh (full body fish) karena memang bentuknya lebih besar dari ikan teri," kisahnya. 

Setelah melalui uji coba berulang kali, akhirnya Rizal menemukan formula agar produk yang ia tekuni laku dipasaran. "Saya memberikan 8 varian rasa. Mulai dari rasa barbeque, pizza, telur asin, pedas daun jeruk dan lain lain. Secara kemasan juga saya gunakan kemasan yang memenuhi standar kesehatan (food grade) dan mudah dibawa kemana mana karena setelah dibuka dapat ditutup lagi dengan rapat. Jadi makanan tidak melempem," tambah Rizal. 

Pemain sinetron Nia Rahmania yang hadir dalam acara kemarin dan sempat mencicipi  mengatakan bahwa rasa dari Himego Fish memang enak dan bisa jadi cemilan saat syuting. "Tadi saya coba yang rasa telur asin dan pedas daun jeruk. Rasanya enak,  Gurih dan  renyah. Apalagi tanpa pengawet dan MSG. Ini bisa jadi favorit saya kalau syuting," kata pemeran di beberapa judul sinetron di antaranya FTV "Pintu Berkah" ini. 

Nia Rahmania bahkan memborong belasan bungkus Himego Fish berbagai varian rasa untuk dibagikan ke tetangga di kediamannya. "Biar tetangga ikut nyobain, dan biar produk rekan saya Rizal semakin dikenal luas, " kata Nia.

Untuk mengembangkan bisnisnya, Rizal juga mengajak siapa pun yang tertarik untuk kerjasama dengannya.  "Baik yang ingin jadi distributor,  agen atau cuma reseller, saya sudah siapkan paket paket kerjasamanya. Atau cuma mau jadi penikmat silakan beli di market place. Pokoknya tidak mengecewakan, " kata Rizal berpromosi. 

RIzal memulai karier akting pada tahun 1994 lewat Lenong Bocah. Sejak itu ia terus berakting di sejumlah sinetron, di antaranya adalah Bulan Bukan Perawan, Permataku, Misteri Gunung Merapi, Tutur Tinular , Bidadari dan Angling Dharma.

Angling Dharma tayang selama dua musim dengan puluhan episode. Sinetron ini berhasil membuktikan kualitasnya dengan menyabet penghargaan sinetron laga terpuji di Festival Film Bandung tahun 2004.. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Rupiah (ist)

Kamis, 28 Januari 2021 - 08:29 WIB

Catat! Kemenag Pastikan Wakaf Uang Hanya Diinvestasikan ke Produk Keuangan Syariah

Presiden Joko Widodo telah meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) pada Senin, 21 Januari 2021. GNWU ini kemudian mendapat respon beragam dari masyarakat, terutama terkait penggunaan…

Buah Manggis (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 28 Januari 2021 - 08:24 WIB

Konsumsi Buah Matang Alami, Tingkatkan Imunitas Diri

Kandungan yang terdapat pada buah-buahan bisa meningkatkan daya tahan tubuh guna membantu sistem imunitas untuk melawan penyakit dan virus corona. Di sisi lain, kebutuhan akan buah menjadi prospek…

Mgr. P.C. Mandagi, MSC., Uskup Agung Merauke

Kamis, 28 Januari 2021 - 07:30 WIB

Uskup Agung Merauke Percaya Masyarakat Papua Tidak Emosional Menghadapi Konten Rasis A. Nababan

Mgr. P.C. Mandagi MSC., juga mengajak kepada semua pihak sebagai sesama anak bangsa untuk saling menghargai dengan tidak merendahkan dan melecehkan derajat seseorang dari kelompok suku, agama…

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat mencoba alsintan di lahan pertanian

Kamis, 28 Januari 2021 - 07:12 WIB

Alat Mesin Pertanian Diyakini Dongkrak Produksi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan optimistis modernisasi pertanian Indonesia bisa semakin cepat dilakukan, terutama dengan semakin berkembangnya…

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han),

Kamis, 28 Januari 2021 - 06:00 WIB

Satgas Luar Negeri Prajurit Korps Marinir Selesai Jalankan Tugas

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)., memimpin Upacara Penyambutan Prajurit Korps Marinir yang selesai melaksanakan Satuan Tugas (Satgas) TNI Konga (Kontingen…