On Stream 2021, PEPC dan SKK Migas Laksanakan Program Pelatihan Untuk Saring Tenaga Kerja

Oleh : Hariyanto | Selasa, 17 November 2020 - 14:55 WIB

PEPC Siapkan Tenaga Kerja Unggul
PEPC Siapkan Tenaga Kerja Unggul

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pertamina EP Cepu (PEPC) bersama Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) telah melaksanakan program pelatihan yang diberi nama Apprentice Program.

Apprentice Program yang diadakan sejak 2019 tersebut dalam rangka menyiapkan beroperasinya Proyek Pengembangan Gas Lapangan Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) di tahun 2021 yang diharapkan akan lahir tenaga kerja yang handal dan siap mengelola cadangan gas sebesar 330 juta kaki kubik per hari (MMscfd) tersebut.

Program yang diselenggarakan di Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu untuk beasiswa pendidikan Diploma-I dan sertifikat teknis itu diikuti oleh 108 peserta berasal dari putra putri terbaik Bojonegoro. 

Mereka dipersiapkan menjadi operator dan teknisi untuk mengoperasikan fasilitas pengolahan gas alam JTB.
Selain pendidikan formal, para peserta juga diharuskan mengikuti Tutoring & Upskilling Program agar kemudian siap untuk mengoperasikan peralatan dengan teknologi terkini.

“Untuk itulah diperlukan suumber daya manusia (SDM) yang mahir, handal, dan berkompeten dalam melakukan pekerjaannya nanti,” ujar Direktur Utama PEPC Awang Lazuardi saat pembukaan Program Tutoring & Upskilling secara daring di Ciloto, Senin (16/11/2020).

"Mereka ditargetkan memperoleh sertifikat internasional, Global Vocational Qualification (GVQ) in Oil and Gas, supaya mahir mengoperasikan dan memelihara Lapangan Gas JTB. Setelah menyelesaikan program upskilling dan mendapatkan sertifikat GVQ, mereka sudah siap ditempatkan di lapangan migas mana pun," ucap Awang.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, guna mendukung kegiatan hulu migas di Indonesia dan keberlangsungan beberapa proyek ke depan, SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) senantiasa mendorong pengembangan tenaga kerja lokal.

“Program itu merupakan salah satu upaya industri migas untuk memastikan pengembangan tenaga kerja lokal agar memenuhi persyaratan dan standar hulu migas internasional. Sehingga masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasi migas dapat berkontribusi langsung dan mendapat manfaat maksimal dari kegiatan usaha hulu migas,” kata Dwi.

Selain itu, ia berharap penciptaan lapangan kerja dan terjaganya daya beli masyarakat bisa menggerakan ekonomi lokal, sehingga semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari industri hulu migas.

“Adanya program itu dapat memberikan kontribusi perekonomian, khususnya di Bojonegoro, secara umum di sekitar wilayah operasi KKKS. Lebih dari itu para lulusan dari program tersebut dapat menjadi diaspora untuk bekerja di industri migas internasional,” ujar Dwi.

Untuk menjadikan peserta memiliki standar Internasional, selain mengikuti pelatihan Bahasa Inggris secara intensif, mereka dibekali standar praktek Health, Safety, Security, & Environment di industri migas.

Program Apprentice merupakan program sinergi antara PEPC dan SKK Migas dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bojonegoro dalam menciptakan iklim operasi yang baik.

“Hal itu merupakan bentuk nyata PEPC berperan aktif mendukung program pemerintah dalam mencetak bibit unggul sumber daya manusia profesional. Untuk melaksanakan Tutor & Upskilling Program, PEPC bekerja sama dengan pelaksana kegiatan dengan standar internasional yaitu PT Petrotekno,” ujar Awang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder sekaligus Ketua Yayasan Syariah Hardjuno Wiwoho (SHW) Center, Hardjuno Wiwoho

Kamis, 18 April 2024 - 08:23 WIB

DPR Didorong Sahkan RUU Perampasan Aset Jadi UU

Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan publik seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu mengundangkan RUU Perampasan…

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…

Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha

Kamis, 18 April 2024 - 06:18 WIB

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Kamis, 18 April 2024 - 06:11 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., bersama para Pejabat utama Mabes TNI, dan segenap Prajurit serta PNS Mabes TNI, melaksanakan Apel Khusus dalam rangka Halal Bihalal 1445…