Peringatan Hari Wayang Nasional dan Dedikasi Pewayang untuk Anak Indonesia

Oleh : Herry Barus | Minggu, 08 November 2020 - 16:00 WIB

Wayang Nasional
Wayang Nasional

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Peringatan Hari Wayang Nasional tahun 2020 dirasa berbeda dengan adanya pandemi. Terhitung delapan bulan sudah masyarakat Indonesia dihimbau menjaga jarak fisik untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19. Namun batasan ini tidak menghambat Lucas Formiatno untuk berhenti berbagi, seorang pembuat wayang dan pekerja sosial bagi anak-anak. Tepat di Hari Wayang Nasional, 7 November 2020, Lucas Formiatno resmi menyerahkan 20 karya wayang buatannya untuk dapat dapat dilelang dan 100% hasil penjualan diserahkan pada SOS Children’s Villages Indonesia, organisasi sosial yang aktif dalam mendukung hak-hak anak dan berkomitmen memberikan pengasuhan berkualitas kepada anak-anak yang telah atau berisiko kehilangan pengasuhan orang tua.

Lucas Formiatno merupakan seorang pekerja sosial yang mengabdikan diri di SOS Children’s Villages Indonesia sejak 1999. Selama di SOS, Lucas tak hanya membantu anak-anak dan ibu asuh dalam kesehariannya, tetapi juga mewujudkan aktualisasi dirinya dengan membuat beragam kerajinan tokoh wayang. Mulanya, Lucas menggunakan tokoh wayang untuk membuat soal cerita untuk mengajari anak-anak. Misalnya, soal cerita matematika dengan menggunakan tokoh Semar, Petruk, dan Bagong. Dengan begitu, kata Lucas, anak-anak akan belajar dua hal dalam satu waktu, yaitu matematika dan budaya. Hal itu menjadi kekuatan Lucas dalam seni mengajari anak-anak didiknya, bahwa menerangkan pelajaran bisa dikreasikan dengan cerita-cerita yang berbasis tokoh wayang dan membuat anak-anak tertarik mengikuti pelajaran.

Selama 22 tahun masa pengabdiannya, puluhan wayang telah dibuat oleh Lucas Formiatno. Relasi erat Lucas dengan keluarga SOS dan tokoh-tokoh wayang membuatnya menganalogikan tokoh-tokoh wayang sebagai sosok-sosok di dalam keluarga SOS Children’s Villages, mulai dari ibu asuh, pembina, dan anak-anak. Bagaimana ketiga sosok tersebut terhubung erat meskipun tidak sedarah. Bersama-sama mereka membentuk sebuah keluarga yang penuh kasih sayang bagi ribuan anak-anak SOS. Kali ini melalui perayaan Hari Wayang Nasional, Lucas Formiatno melelang 20 hasil karyanya dalam acara ‘Wayang Day SOS’.

“Ada tokoh wayang wanita bernama Kunti—Dewi Kunti. Saya menggambarkan Kunti itu adalah ibu-ibu asuh yang luar biasa, sebagai ujung tombak SOS. Anak-anak di SOS saya gambarkan sebagai Punokawan, Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong yang merupakan anak kecil yang yang polos dan kritis. Nah, peran pembina dan ibu asuh itu harus siap dikritisi anak-anak,” cerita Lucas mengenai hasil karyanya. “Saya merasa berkembang selama di SOS, saya bisa mengasah kreativitas dan mewujudkan aktualisasi diri saya. Lukisan wayang ini adalah salah satu tanda terima kasih saya pada SOS, sebagai kenang-kenangan,” lanjut Lucas Formiatno, Village Director SOS Children’s Village Semarang.

“Pak Lucas dan pengabdiannya adalah teladan bagi kami di SOS Children’s Villages. Sejak 1999, ia menjadi bagian dari keluarga SOS untuk turut mengasihi anak-anak dan para ibu asuh. Dengan perayaan Hari Wayang Nasional ini, saya mengantarkan Pak Lucas pada langkahnya sebagai seorang pendidik, pengajar, sahabat, dan ayah untuk anak-anak, menuju sosoknya yang lain sebagai seorang pegiat seni wayang,” ujar Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children’s Villages Indonesia.

Puluhan hasil karya Lucas Formiatno ini dikurasi langsung oleh kurator ternama, Pius Sigit Kuncoro. Pius yang pernah menjabat sebagai kurator Jogja Biennale XIV dan saat ini mengelola Yayasan Wayang Ukur Sukasman memberikan analisis dan penilaiannya terhadap karya-karya Lucas.

“Wayang sudah menjadi budaya turun temurun di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa dan Bali. Walaupun demikian, kita dapat melihat nilai yang lebih pada karya-karya wayang oleh Pak Lucas. Kecintaan beliau terhadap anak-anak memberikan makna mendalam pada karyanya. Menurut saya, cerita pengabdian di balik koleksi wayang oleh Pak Lucaslah yang membuat koleksi ini berharga,” kata Pius Sigit Kuncoro, kurator seri koleksi Wayang SOS Children’s Villages Indonesia.

Karya-karya wayang oleh Lucas Formiatno secara resmi dibuka program lelang dari tanggal 7 November 2020 sebagai momentum Hari Wayang Nasional dalam acara yang diselenggarakan oleh SOS Children’s Villages Indonesia secara virtual. Acara bertajuk ‘Dari Budaya Nusantara untuk Anak-Anak Indonesia’ ini diadakan Sabtu, 7 November 2020 pukul 15.00 WIB dan dapat disaksikan secara LIVE melalui instagram @desaanaksos dan youtube channel SOS Children’s Villages Indonesia.

Para Sahabat dan pegiat seni yang tertarik untuk ikut berkontribusi bagi anak-anak Indonesia melalui budaya Nusantara dapat registrasi melalui desaanaksos.com/wayangday. Program lelang wayang dilakukan pada tanggal 7-10 November 2020 secara online. Seluruh hasil lelang akan diserahkan kepada SOS Children’s Villages Indonesia untuk 100% diperuntukkan bagi kebutuhan kehidupan dan pengasuhan ribuan anak-anak yang telah kehilangan pengasuhan orang tua.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…