Hutama Karya Persiapkan Jalan Tol yang Dikelola Jelang Libur Panjang Akhir Pekan

Oleh : Herry Barus | Senin, 26 Oktober 2020 - 15:00 WIB

Tol Hutama Karya
Tol Hutama Karya

INDUSTRY.co.id - Jakarta-PT  Hutama  Karya  (Persero)  (Hutama  Karya) selaku salah satu Badan  Usaha Jalan Tol (BUJT)di Indonesia memprediksi bahwa libur panjang cuti bersamayang jatuh pada tanggal  28–30Oktober  2020 dalam  rangka  memperingati Maulid  Nabi  Muhammad  SAWtersebut akan berdampak pada peningkatan trafik kendaraanyang melintasdi seluruh ruas jalan tol yang dikelola oleh perusahaan, khususnya pada Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Direktur Operasi I Hutama Karya, Suroto  Senin (26/10/2020) mengatakan bahwa untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol, Hutama Karyasudah mulai melakukan berbagai  persiapan  diseluruh  ruasjalan  tol  yang  dikelolanya.  “Kami  memperkirakan  trafik kendaraan yang melintas khususnya di JTTS pada saat libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW akan  mengalami  peningkatan  signifikan  dibandingkan  pada  saat  libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1441H lalu. Terlebih tahun ini kami sudah mulai mengoperasikan dua ruas tol baru yakni tol Pekanbaru –Dumai sepanjang 131 km dan tol Sigli –Banda Aceh Seksi  4  sepanjang  14  km.  Sehingga agar  pengguna  jalan  dapat  terlayani  dengan  baik  dan mencegah terjadinya penumpukan kendaraan di gerbang tol, kami telahmelakukan antisipasi dan persiapandari jauh-jauh hari,” terang Suroto.

Lebih  lanjut, Suroto  menerangkanbahwa Hutama  Karya akanbekerjasama  dengan  pihak kepolisian dalam mempersiapkan libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW ini.

“Seperti momen libur panjang sebelumnya, kami akan siapkan beberapa pos check pointdimana pengguna jalan tidak hanya akan di cek suhu tubuhnyatetapi juga bisa mendapatkan cek kesehatan gratis untuk memastikan pengguna jalan dalam keadaan prima. Pos check pointini kami tempatkan pada ruas jalan tol yang paling banyak dilintasi pengguna jalan pada saat momen  liburan yakni  Ruas  Tol TerbanggiBesar –Pematang  Panggang –KayuAgung (Terpeka), Ruas Tol Bakauheni –Terbanggi Besar (Bakter)dan Ruas Tol Pekanbaru –Dumai,” imbuh Suroto.

Secara teknis, mulai dari tanggal 27 Oktober hingga 1 November 2020, pos check pointtersebut akan disediakan  di  berbagai  titikpadasetiap ruas  tol  di  JTTS.Pada ruas  tol Bakauheni –Terbanggi  Besar,  pos check  point berada  di  KM  87  Jalur  A  dan  KM  20  Jalur  B, sedangkan pada ruas  tol Terbanggi  Besar –Pematang  Panggang  Kayu  Agung  berada  di Rest AreaKM 234  Jalur  A  dan Rest  AreaKM  215  Jalur  B  dengan  melibatkan Kepolisian  Daerah (Polda) Provinsi  Lampung  dan  Provinsi  Sumatra  Selatan serta  Badan  Nasional  Pencarian  dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatra Selatan. “Sementaraitu,untuk di ruas tol Pekanbaru –Dumai juga akan disiapkan check point yang berada di Rest AreaKM 45 Jalur A dan Rest AreaKM82 Jalur B, ” pungkasSuroto kemudian.

Selain itu, Hutama Karyajuga memastikanoptimalisasi fasilitas layanan pada jalan tol yang dikelola khususnya di JTTS mulai darisuplaiBahan Bakar Minyak(BBM) yang ada di setiap SPBU tersediadengan cukup, menyiapkan layananbengkel di Rest Area, serta meningkatkanpelayanan  transaksi denganmenyediakan  kartu  Uang  Elektronik, mengaktifkan  kembali layanan MobileReader(MR), dan menambah petugas layanan transaksi di setiap gerbang tolgunaterjadinya penumpukan  kendaraan di gerbang tol.

Meskipun saat ini pengoperasian jalan tol sudah memasuki era Adaptasi Kebiasan Baru (AKB), Hutama Karya tetap mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya dalam memutus  rantai  penyebaran Covid-19  di  ruas  tol  dan rest  area. 

“Kami  mewajibkan  seluruh petugas tol menggunakan masker, faceshield, sarung tangan, dan mansetdalam bekerja serta melayani pengguna jalan. Kami jugamelakukan penyemprotan disinfektan secara rutin baik di gerbang tol, gedung kantor hingga direst area.Sehingga selain mendapatkan pelayanan yang optimal, pengguna jalan juga tidak perlu khawatir akan aspek protokol kesehatan yang ketat.” tutup Suroto, Direktur Operasi IHutama Karya.

Hutama  Karya  menghimbau  kepada  seluruh  pengguna  jalan  agar tetap dapat  mematuhi ketentuan  dan  tata  tertib  yang  berlaku  di  jalan  tol,  serta  memastikan  kecukupan  saldo  Uang Elektronik (UE)sebelum melintas di jalan tol dan apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo  UE,dapat  menggunakan  aplikasi  HK  Toll  Apps  yang  dimiliki  oleh  Hutama  Karya dimana  di dalamnya  terdapat  fitur  Cek  Saldo  UE  dan  melakukan  Top  up  saldo  UE. 

Serta mematuhi  protokol  kesehatan  yang  berlaku  dan  membatasi  diri  untuk  keluar  rumah  apabila tidak ada keperluan yang mendesak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…