Monitor Persiapan Pilkada 2020, Komisi II Kunker ke Banyuwangi

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 20 Oktober 2020 - 12:15 WIB

Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi II DPR RI di Banyuwangi (Photo by Merdeka.com)
Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi II DPR RI di Banyuwangi (Photo by Merdeka.com)

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi – Berbicara tentang pandemi Covid-19 dimasa ini protokol kesehatan sangatlah diperhatikan untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19. Maka Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi II DPR RI dipimpin Wakil Ketua Komisi II Arif Wibowo memantau perkembangan persiapan Pilkada serentak di Kabupaten Banyuwangi, khususnya di masa pandemi Covid-19.

Sejumlah hal mengemuka dalam kunjungan itu, di antaranya sosialisasi Pilkada di tengah pandemi, Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas, kendala usia dalam rekrutmen Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) maupun pengawas tempat pemungutan suara (PTPS), hingga polemik ketentuan rapid tes bagi petugas.

“Ini soal mengoptimalkan sosialisasi agar sampai kepada masyarakat kita walau di tengah situasi Covid-19. Dan kami cukup lega, karena dana untuk APD dilaporkan sudah cair baik dari anggaran APBN maupun APBD. Tugasnya sekarang adalah distribusi hingga sosialisasi penggunaan APD yang tepat oleh petugas,” ujar Arif melalui keterangan yang diterima redaksi pada Selasa (20/10).

Sementara terkait keluhan Rekrutmen KPPS Jatim yang belum mencapai target akibat terkendala batasan usia maksimal, Arif meminta agar KPU bisa melakukan komunikasi yang baik dengan berbagai elemen masyarakat.

Untuk batasan usia terendah petugas ditetapkan minimal 25 tahun sedangkan tertinggi 50 tahun.

“Ditetapkan maksimal 50 tahun karena menghindari risiko kelompok usia yang rentan apabila terkena Covid-19. Memang saat ini  tidak mudah, namun terus komunikasi dengan berbagai pihak untuk mencapai kesepahaman,” urai politisi PDI-Perjuangan itu.

Arif pun mengakui sejumlah kendala muncul terkait situasi pandemi ini.

Namun pihaknya meminta semua pihak terus mencari terobosan agar pelaksanaan Pilkada berjalan seiring risiko penularan Covid-19 bisa ditekan.

“Situasi ini memang memaksa kita cari cara baru dalam proses Pilkada. Kreativitas dan inovasi terbuka selama mengacu pada protokol kesehatan serta semangat mewujudkan Pilkada yang langsung, umum, bebas, rahasia (luber) serta jujur dan adil (jurdil),” imbuh Arif.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut baik Kunjungan Kerja Komisi II DPR RI ke Kabupaten Banyuwangi.

“Kami berharap pelaksanaan Pilkada akan berjalan dengan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat ditambah kesiapan pengadaan alat pendukung. Alhamdulillah (persiapan) lancar karena koordinasi kami dengan teman-teman KPU dan penyelenggara lain sekaliguss TNI-Polri cukup baik dan hampir tidak ada kendala,” papar Anas kepada Tim Kunker Komisi II DPR RI.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Kamis, 26 Mei 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Hadiri Pernikahan Ketua MK dengan Idayati

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo turut bahagia atas kelancaran prosesi pernikahan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan adik kandung Presiden…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…

Mentan SYL menyaksikan Porang yang akan diolah

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:52 WIB

Kementan Dukung Investor Bangun Pabrik Olahan Porang Skala Besar di Lombok Barat

Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.