Konsorsium Samudera - Jababeka Ikut Serta Dalam Pra-Kualifikasi Patimban Port

Oleh : Ridwan | Senin, 19 Oktober 2020 - 19:25 WIB

Pelabunan Patimban Jawa Barat (Foto Ist)
Pelabunan Patimban Jawa Barat (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Pada tanggal 15 Oktober 2020, Konsorsium PT Jababeka Tbk (Perseroan) bersama dengan PT Samudera Indonesia Tangguh (SIT) telah menyampaikan dokumen prakualifikasi pengadaan Badan Usaha Pelaksana Proyek Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha Pelabuhan Patimban Provinsi Jawa Barat (Proyek) kepada Kementerian Perhubungan sesuai dengan surat undangan yang disampaikan kepada Samudera Group dan pengumuman yang telah dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan pada tanggal 30 September 2020 sebelumnya.

Sebelumnya pada tanggal 12 Oktober 2020, PT Jababeka Tbk digandeng oleh Samudera Group untuk secara bersama-sama membentuk konsorsium yang dipimpin oleh SIT dan dinamakan sebagai Konsorsium Samudera-Jababeka.

Jababeka sebagai pengembang kota yang berbasis Kawasan industri yang memiliki Kawasan industri di Cikarang dan Kendal sangat mendukung upaya pemerintah dalam rangka memperlancar kegiatan logistik khususnya di Jawa Barat sehingga dapat memperkuat daya saing industri nasional.

Dari segi lokasi dan konsep jarak dibanding Tanjung Priok, Patimban lebih dekat dengan pusat produksi dan pabrik di Kawasan Industri Jababeka dan sekitarnya yang saat ini merupakan pusat kegiatan ekspor-impor terbesar di
Indonesia sehingga diharapkan dapat menjadi peluang bisnis bagi Perseroan disamping dapat menekan biaya logistik baik untuk distribusi domestik dan ekspor.

Perseroan juga memiliki Cikarang Dry Port yang sudah beroperasi di Kawasan Industri Jababeka sejak tahun 2011 dan telah melayani hampir 100.000 teus per tahun.

"Kami menyambut baik ajakan kerja sama dan sinergi dari Samudra Indonesia yang telah memiliki pengalamanan dalam bisnis logistik dan terminal operator untuk secara bersama-sama berpartisipasi dalam pelaksanaan proses pra-kualifikasi Patimban Port ini," kata Budianto Liman, Direktur Utama PT Jababeka Tbk.

"Kami akan mempelajari term & conditions secara lebih detail jika lolos pra-kualifikasi dengan tetap memperhatikan kepatuhan terutama pada ketentuan kontrak (indenture) global bond dan peraturan pasar modal sebagai perusahaan publik," ucapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jalasenastri Donasi Sembako kepada Korban Bencana Gunung Semeru Lumajang

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:00 WIB

Jalasenastri Donasi Sembako kepada Korban Bencana Gunung Semeru Lumajang

Sejumlah 44 Koli diserahkan dengan disaksikan Danlanud Abd. Saleh Marsma TNI Zulfahmi S.Sos., M.Han., dan Kadisops Lanud Abd. Saleh Kolonel Pnb Subhan, S.T dengan harapan dapat membantu meringankan…

Kecap Sedaap Rayakan Semangat Inovasi dalam Dunia Kuliner Nelalui Gerakan Revolusi Sedaap

Kamis, 09 Desember 2021 - 10:59 WIB

Kecap Sedaap Rayakan Semangat Inovasi dalam Dunia Kuliner Nelalui Gerakan Revolusi Sedaap

Eksplorasi dan inovasi terjadi di mana-mana. Setiap harinya, kita mempelajari hal-hal baru yang menarik melalui inovasi sebagai bentuk dari eksplorasi, tak terkecuali dunia kuliner. Didukung…

Prasetiya Mulya Perkuat Persepsi Sains Positif

Kamis, 09 Desember 2021 - 10:38 WIB

Sambut Babak Baru Dunia Bisnis, Prasetiya Mulya Perkuat Persepsi Sains Positif

Universitas Prasetiya Mulya melepaskan 1.022 lulusan terbaiknya dengan menggemakan “Pemupukan Persepsi Sains yang Positif dan Pemajuan Bisnis Berbasis STEM di Indonesia”

POLWAN RI Salurkan Donasi untuk Korban Erupsi Semeru Lumajang

Kamis, 09 Desember 2021 - 10:30 WIB

POLWAN RI Salurkan Donasi untuk Korban Erupsi Semeru Lumajang

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan, kegiatan Polwan peduli erupsi Gunung Semeru ini dipimpin oleh Kepala Pusat Sejarah (Kapusjarah) Polri Brigjen Apriastini Baktibugiansri selaku…

Royal Malewane, Afrika Selatan

Kamis, 09 Desember 2021 - 10:25 WIB

Gegara Omicron, Sektor Pariwisata dan Safari di Afrika Selatan Mengalami Kekacauan

Setelah varian terbaru dari Covid-19, Omicron ditemukan di Afrika, semua negara di seluruh dunia mulai memberlakukan pembatasan perjalanan di Afrika Selatan. Larangan perjalanan baru-baru ini…