Hadapi Masa Pandemi, Pemerintah Beri Bansos Bagi Masyarakat Bali

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 17 Oktober 2020 - 08:00 WIB

Pemerintah Beri Bansos Bagi Masyarakat Bali
Pemerintah Beri Bansos Bagi Masyarakat Bali

INDUSTRY.co.id - Bali- Kementerian Sosial bantu penuhi kebutuhan pokok masyarakat untuk hadapi masa pandemi melalui berbagai program Jaring Pengaman Sosial (JPS).

Menteri Sosial Juliari P. Batubara bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Puspayoga, mendampingi Ketua DPR RI Puan Maharani hadir ditengah masyarakat Bali. Beliau hadir di Pulau Dewata untuk menyerahkan bantuan program Jaring Pengaman Sosial (JPS) Kementerian Sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19. Bali adalah salah satu tempat yang sangat terdampak secara pariwisata. Karena penduduknya rata-rata bekerja dan menggantungkan pendapatan harian dari sektor pariwisata.

“Saya hadir disini bersama Mensos dalam rangka fungsi pengawasan dan sinergi antara DPR dengan pemerintah dalam rangka mengatasi pandemi Covid-19. Memang perlu gotong royong dari semua pihak. Tidak bisa satu persatu, tidak bisa satu orang, tidak bisa satu Lembaga saja. Namun, bagaimana gotong royong ini bisa dijalankan bersama-sama. Bantuan ini untuk seluruh Provinsi di Indonesia,” ucap Puan Maharani.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial menyiapkan beberapa program JPS antara lain : Bantuan Sosial Tunai, Bantuan Pangan Non Tunai Program Sembako Non PKH, dan Program Bantuan Sosial Beras.

Dukungan Kementerian Sosial dalam pemulihan kondisi akibat pandemi disampaikan Menteri Sosial, Juliari P. Batubara, dalam rangka menjaga ketahanan masyarakat rentan. Khususnya dalam pemenuhan kebutuhan bahan makanan pokok sehari-hari.

Saat peluncuran BSB pada September lalu, Juliari P. Batubara menyatakan bahwa program BSB masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Program BSB ini bekerjasama dengan Perum BULOG sebagai penyedia Beras, serta PT. Bhanda Ghara Reksa dan PT. Dos Ni Roha sebagai transporter.

Kedatangan Ketua DPR RI, Menteri Sosial dan Menteri PPPA di Wantilan/ Pendopo Jaba Pura Desa Dauh Yeh Cani, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, disambut oleh Pjs Bupati Badung, I Ketut Lihadnyana.

“Sungguh kehormatan bagi kami ibu Ketua DPR RI berkesempatan hadir di Kab Badung ditengah situasi pandemik. Kami atas nama masyarakat dan pemerintah Kab. Badung mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kemensos atas seluruh program yang telah diluncurkan untuk warga Kab. Badung. Dan bantuan ini sangat bermanfaat serta meringankan beban masyarakat. Terima kasih dan apresiasi yang mendalam atas kehadiran bapak dan Ibu ditengah-tengah masyarakat khususnya Kab. Badung,” tutur I Ketut Lihadnyana.

Dampak pandemi memang dirasakan hampir seluruh sektor. Penyebaran wabah Covid-19 hingga pelosok desa mengakibatkan lesunya sektor ekonomi yang sangat berpengaruh terhadap pendapatan dan daya beli masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pula penyerahan simbolis Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Sosial Beras (BSB) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) program sembako oleh Ketua DPR RI didampingi Menteri Sosial dan Menteri PPPA.

Selanjutnya, Menteri Sosial RI didampingi Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto beserta rombongan, menyalurkan secara langsung program Bantuan Sosial Beras ke rumah salah satu KPM PKH yang  tinggal di wilayah Kecamatan Abiansemal.

Ni Ketut Reki (70) seorang lansia dan janda yang memiliki seorang anak penyandang disabilitas berat, Wayan Yasa Catur (45), tak luput dari kunjungan Menteri Sosial RI.

“Bersyukur sekali mendapat bantuan Kemensos untuk kebutuhan sehari-hari. Keseharian mengandalkan bantuan saudara, kerabat. Dengan adanya bantuan BSB merasa sangat terbantu, berasnya layak, bisa dimakan untuk makan sehari-hari," ucap Wayan Yasa Catur, yang dibantu disampaikan melalui pendamping PKH.

Target Bantuan Sosial Beras di Provinsi Bali sebanyak 86.566 KPM PKH, atau total jumlah beras sekitar 3.895 ton. Progress penyaluran BSB di Bali per 15 Oktober 2020 sudah tersalurkan 100% sampai tahap ketiga.

Besar harapan semua pihak agar Covid-19 ini bisa segera usai. Sehingga roda perekonomian pun dapat kembali berputar dan menghidupi seluruh warga Indonesia, khususnya sektor pariwisata Bali yang sudah menjadi aset wisata mancanegara.

Turut hadir dalam kegiatan Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin, Direktur Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga, dan Kelembagaan Masyarakat, Kepala Biro Keuangan, Kepala Biro Perencanaan, Direktur Penanganan Fakir Miskin Wilayah II, Tim Teknis Menteri Sosial bidang Linjamsos, Kepala Dinas Sosial PPPA Prov Bali, Ketua DPRD Kabupaten Badung, Forkompimda Kab Badung, serta pilar-pilar sosial seperti TKSK, TAGANA, dan pendamping PKH.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menhub Budi Karya Sumadi bersama President Director Jababeka Residence Sutedja S. Darmono saat meresmika JR Connexion di Kawasan Jababeka

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:40 WIB

Langkah Nyata Jababeka Menuju TOD City

Jababeka sebagai kawasan TOD terus menunjukkan kemajuan positif menyusul diluncurkannya layanan JR Connexion di Hollywood Junction Jababeka ( Minggu 18/10/2020 ) oleh Menteri Perhubungan RI…

Warung Konsuler di Wilayah Calabria (Photo by Kemlu)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Bantu WNI di Italia Selatan, KBRI Roma Adakan Warung Konsuler

Pelayanan kekonsuleran seperti pembaharuan paspor, diperlukan oleh para WNI yang berada di luar negeri, tidak terkecuali para WNI yang tinggal jauh dari kantor Perwakilan Indonesia.

Jasa Penagihan Hutang

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:09 WIB

Sejumlah Tips Pilih Jasa Penagihan Hutang

Jasa penagihan hutang di Indonesia banyak sekali jumlahnya, contohnya di Jabodetabek saja, lebih dari 100 biro jasa yang bergerak dalam bidang penagihan hutang. Yang harus diperhatikan adalah…

Diah Natalisa Deputi bidang Pelayanan Publik, Kementerian PANRB

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:00 WIB

Menyempurnakan UU Pelayanan Publik dari Berbagai Sisi

Undang-undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik akan disempurnakan. Berbagai aspek disiapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk merevisi UU tersebut.…

Peresmian Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.(Twitter/@jokowi)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:49 WIB

Dasyat! Nama Presiden Jokowi Diabadikan Jadi Nama Jalan di Uni Emirat Arab

Jakarta-Nama Presiden Joko Widodo diabadikan menjadi nama jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) Peresmian President Joko Widodo Street dipimpin oleh Chairman Abu Dhabi Executive Office Sheikh…