Gunakan Solusi Data Warehouse Kecepatan dalam Keputusan Strategis

Oleh : Herry Barus | Kamis, 15 Oktober 2020 - 11:00 WIB

Deepgreen Data Warehouse
Deepgreen Data Warehouse

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Penggunaan sistem komputer di berbagai bidang menghasilkan data yang melimpah. Pengambilan berbagai keputusan penting dalam sebuah perusahaan atau organisasi, bergantung pada data yang terkumpul ini. Namun masalahnya, data berukuran besar yang dihasilkan tersebut tersebar di mana-mana sehingga menyulitkan ketika akan mengolah maupun menganalisisnya.

Untuk mengatasinya, diperlukan data warehouse alias gudang data, dimana data disini mengacu pada data transaksi. Seperti namanya, data warehouse ibarat gudang tempat penyimpanan informasi dan data umumnya transaksi yang dikumpulkan dari berbagai sumber dan disimpan dalam skema terstruktur.

Dengan demikian, keberadaan data warehouse sangat strategis membantu dalam mengambil keputusan manajemen sebuah perusahaan atau organisasi.

Menurut Julyanto Sutandang, CEO PT Equnix Business Solutions Kamis (15/10/2020) , penyedia jasa solusi teknologi informasi (TI) berbasis Open Source, data warehouse memungkinkan organisasi atau perusahaan bisa dengan mudah dan cepat mengambil keputusan strategis, dari analisis menyeluruh dengan set data yang besar, semakin besar set-data yang digunakan akan semakin akurat dukungannya untuk pengambilan keputusan baik strategis maupun taktis.

"Keputusan penting yang diambil sebuah organisasi atau perusahaan harus berdasarkan data dan fakta. Hal ini tidak bisa dilakukan jika datanya terpencar sehingga sulit dikonsolidasi untuk membangun hubungan data dan fakta yang insightful. Data warehouse yang memiliki kemampuan Massive Parallel Processing (MPP) dan skalabilitas yang lebih fleksibel memungkinkan tercapainya hal tersebut.

"Sebagai aset, data warehouse MPP bermanfaat dalam menyediakan data dan pelaporan yang lengkap, cepat dan akurat. Memudahkan perusahaan atau organisasi memiliki pandangan secara menyeluruh terhadap bisnis mereka, serta memberi dasar justifikasi yang lengkap bagi pengambil keputusan dengan menyediakan informasi yang komprehensif  sehingga keputusan lebih akurat," tambahnya.

Dengan berbasis data terstruktur yang besar dan kemampuan pemrosesan data yang paralel, memanfaatkan seluruh kemampuan komputing secara efisien menghasilkan keuntungan keputusan bisnis yang strategis dan model prediksi yang akurat. Secara nyata, manfaat penggunaan data warehouse di antaranya adalah:

 

1.            Memahami pelanggan dengan lebih baik, semakin besar data yang diolah maka hasilnya akan semakin akurat.

2.            Meningkatkan pelayanan pelanggan, dengan memahami kebutuhan pelanggan, maka fokus pelayanan akan lebih sesuai.

3.            Memperbaiki kampanye iklan atau pemasaran. Sasaran kampanye lebih berfokus pada kebutuhan yang paling utama.

4.            Membuat perencanaan bisnis yang lebih baik. Dengan demikian belanja riset, pemasaran dan pengambilan langkah strategis akan lebih efektif dan efisien.

Dapat dilihat, analisis data yang berkualitas akan berdampak positif pada bisnis. Keputusan strategis akan berbuah manis dengan menghemat biaya dan meningkatkan pendapatan. Berdasarkan riset, perusahaan yang mengimplementasikan keputusan berdasarkan data dapat mengalami pertumbuhan rata-rata lebih dari 30% per tahun.

Deepgreen Data Warehouse

Menyadari pentingnya data warehouse untuk berbagai jenis bisnis, PT Equnix Business Solutions menyodorkan sistem canggih dengan berbagai fungsi dan manfaat yang sudah dipaparkan di atas lewat kehadiran Deepgreen DB.

Deepgreen DB adalah solusi data warehouse Massively Parallel Processing (MPP) dengan topologi terkluster dan sangat fleksibel, dapat memproses data sampai dengan Petabyte. Deepgreen adalah solusi kelas dunia untuk Data Warehouse yang berbasiskan Open Source dan menekan investasi yang memberatkan operasional. Memiliki kapasitas sangat besar dengan harga yang sangat terjangkau.

Sebagai Aplikasi untuk pelaporan yang mumpuni, maka membutuhkan kemampuan proses yang berjalan paralel, mudah dikembangkan di kemudian hari, pemindaian vektor, CPU ditingkatkan kinerjanya.

“Deepgreen DB merupakan versi terbaru dari software data warehouse Greenplum DB. Versi terbaru ini 5 kali lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan analisis data yang maksimal di semua sektor industri,” kata Julyanto.

Dengan menerapkan sistem data warehouse yang canggih, diharapkan sebuah perusahaan atau organisasi dapat lebih jeli dalam melihat tren dan peluang pasar. Dukungan sistem yang canggih akan mendorong sebuah bisnis lebih cepat mengambil keputusan strategis yang berbuah manis dengan mendorong kemampuan untuk melampaui para pesaingnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.