PTPP Resmikan Dermaga IV Merak-Bakauheni

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 14 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Pembangunan Proyek Dermaga IV Pelabuhan Merak – Bakauheni (Photo by BUMN)
Pembangunan Proyek Dermaga IV Pelabuhan Merak – Bakauheni (Photo by BUMN)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia PT PP (Persero) Tbk, berhasil menyelesaikan pembangunan proyek Dermaga IV Pelabuhan Penyebrangan Merak – Bakauheni.

Proyek pembangunan dermaga tersebut diresmikan oleh Budi Setiyadi selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Prosesi peresmian tersebut dilakukan dengan pengguntingan pita bunga seraca simbolis.

Acara peresmian tersebut turut dihadiri secara langsung oleh M. Toha Fauzi selaku Direktur Operasi 2 dan Pande Ketut selaku SVP Divisi Infrastruktur 2 Perseroan.

Selain itu, dalam acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh Direktur Utama PT ASDP (Persero) Ira Puspadewi, Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo, Kapolda Banten Irjen. Polisi Drs. Fiandar, Walikota Cilegon Edi Ariadi, dsb. Acara peresmian tersebut dilaksanakan di Dermaga Merak, Banten dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Proyek pembangunan Dermaga IV Pelabuhan Penyebrangan Merak – Bakauheni dimiliki oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dengan masa pelaksanaan proyek selama 365 (tiga ratus enam puluh lima hari kalender).

Dermaga IV Merak memiliki kapasitas 6.000-10.000 GRT dengan tipe dermaga Breasting Dolphin dan Panjang dermaga 120 meter. Sedangkan, Demaga IV Bakauheni memiliki kapasitas 6.000-10.000 GRT dengan tipe dermaga Quay Wall dan Panjang dermaga 150 meter.

Adapun ruang lingkup pekerjaan Dermaga IV Merak, antara lain: Pengerjaan Struktur Darat (preboring, pemancangan, inner boring, struktur beton, movable bridge dan hidropolik, perbaikan dermaga eksisting, rumah control), Pengerjaan Struktur laut (preboring, pemancangan, inner boring, struktur beton, fender dan bollard), dan Pembongkaran Dermaga Eksisting.

Sedangkan untuk lingkup pekerjaan Dermaga IV Bakauheni, antara lain: Pembongkaran Dermaga Eksisting, Pengerjaan Struktur Dermaga (pemancangan SPP & SPSP, tie wire, struktur beton dermaga, fender & bollard, rumah control, mekanikal & elektrikal), Pengerjaan Struktur Movable Bridge dan Sideramp, Pekerjaan Timbunan dan Rigid Pavement, serta Pengerukan Area Kolam Dermaga.

“Perseroan sangat bangga dipercaya oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk membangun Dermaga IV Pelabuhan Penyebrangan Merak dan Bakauheni. Pelaksanaan pembangunan dermaga tersebut dapat diselesaikan tepat waktu oleh Perseroan sesuai dengan yang ditargetkan. Dengan beroperasinya pelabuhan dermaga IV Merak-Bakauheni diharapkan dapat mengakomodir arus Natal dan Tahun Baru,” ujar M. Toha Fauzi selaku Direktur Operasi 2 Perseroan melalui keterangan yang diterima redaksi pada Rabu (14/10).

Sementara itu, Budi Setiyadi selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan berharap dengan pengoperasian dermaga tersebut dapat membantu tugasnya untuk menata penyeberangan yang gemuk atas permintaan Menteri Perhubungan.

“Dengan pengoperasian dermaga ini maka akan terjadi penambahan 20 trip dari 140 menjadi 160 trip dalam satu hari dimana 1.500 kendaraan bisa terangkut perharinya. Saya berharap ini akan menjadi kebanggaan semua,” ujar Budi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…