KEK Singhasari Malang Andalkan Wisata Sejarah Budaya

Oleh : Herry Barus | Rabu, 14 Oktober 2020 - 09:00 WIB

KEK Singhasari Malang (Foto Ist)
KEK Singhasari Malang (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Malang– Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari di Malang, Jawa Timur, memiliki nilai sejarah budaya kerajaan yang tinggi. Terlebih, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) berada di wilayah Malang. Keunggulan itu diharapkan bisa memberikan efek berlipat ganda bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

KEK Singhasari yang mencakup luas 120,3 hektare ini diproyeksikan menarik investasi sebesar Rp11,92 triliun dan bisa menyerap sebanyak 6.863 tenaga kerja hingga 2030. “Dengan adanya KEK singasari diharapkan dapat memberikan dampak multiplier dan kami membantu agar pelayanan, baik perizinan atau lainnya, dapat lebih baik dan dapat mendukung terwujudnya KEK dari sisi kebijakan pelayanan publik, sehingga akan mendapat akselerasi dan in line dengan KEK Singhasari,” ujar Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa, saat kunjungan ke KEK Singhasari, Malang, Jawa Timur, Selasa (13/10).

Area yang berada di TNBTS dan bekas wilayah Kerajaan Singhasari ini menjadikannya sebagai keunggulan geostrategis tersendiri sektor pariwisata dengan tema heritage and historical tourism. Konsep KEK disiapkan sebagai pusat pariwisata dan industri kreatif digital dengan mengembangkan platform digital ekonomi.

Kedepannya, pengelola KEK ini juga mengembangkan Singhasari Integrate Digital Ecosystem dimana akan terdiri dari Cloud Center Innovation, Digital Valley, serta Game and Animation Factory. Kawasan tersebut diharapkan mampu menciptakan ekosistem digital yang terintegrasi. "KEK ini akan menjadi tangible product yang diharapkan mampu melahirkan produk-produk unggulan dan sumber daya manusia (SDM) unggul sebagai the next Silicon Valley of Indonesia,” ujar Diah.

Diah menerangkan Kementerian PANRB mendorong pariwisata digital melalui e-services atau pelayanan publik berbasis elektronik. Diah menjelaskan melalui Sistem Informasi Pelayanan Publik atau SIPPN, akan terbentuk Portal Digital Informasi Pelayanan Publik yang akan memberikan kemudahan berusaha atau EoDB.

Diharapkan, pengembangan KEK akan menjadi momen kebangkitan perekonomian Indonesia, terutama pasca-pandemi Covid-19. “Kami mendukung pariwisata digital melalui perbaikan kemudahan berusaha melalui bagaimana perizinan bisa lebih efisiensi, transparan, dan akuntabel," ungkap Diah.

Selain melakukan kunjungan ke KEK Singhasari, Diah juga melakukan audiensi pelayanan publik ke Pjs. Bupati Malang, dimana Diah menyampaikan salah satu hal yang diharapkan, yakni peningkatakan kualitas pelayanan publik. "Kita lihat di Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021 ada tujuh prioritas nasional, salah satunya adalah transformasi pelayanan publik. Kami berharap dengan kondisi transformasi ini perlu dan sangat membutuhkan bantuan IT,” harap Diah.

Pada kesempatan tersebut, Pjs. Bupati Kabupaten Malang, Sjaichul Gulam menyampaikan harapan dan upayanya untuk terus mewujudkan pelayanan prima. "Saat ini pelayanan masih terus kami upayakan, kedepan kami harapkan adanya perbaikan dan ada peningkatan,” tutup Gulam.

Kunjungan tersebut dihadiri pula oleh Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, Direktur Utama PT Intelegensia Grahatama David Santoso, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Kementerian PANRB Noviana Andrina, serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Malang Tomie Herawanto

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…

Gedung BNI

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:28 WIB

BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana melakukan penerbitan surat utang senior dalam denominasi Dolar Amerika Serikat senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,94 triliun (kurs…