Vale Indonesia Bukukan Penjualan Sebesar US$143,9 Juta Pada Triwula Pertama

Oleh : Hariyanto | Jumat, 28 April 2017 - 11:18 WIB

Vale Indonesia
Vale Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Vale Indonesia Tbk (INCO) membukukan penjualan sebesar US$143,9 juta setelah mengirim 17.524 metrik ton nikel matte di triwulan pertama 2017.

CEO dan Presiden Direktur INCO, Nico Kanter mengatakan, penjualan tersebut 19% lebih rendah dibandingkan penjualan di kuartal IV tahun lalu namun 32% lebih tinggi dibandingkan penjualan di kuartal I pada 2016.

"Harga realisasi rata-rata kami di triwulan pertama tahun ini sedikit lebih rendah dibandingkan harga realisasi rata-rata di triwulan keempat tahun lalu," tutur Nico Kanter di Jakarta, Jumat (28/4).

Perseroan optimistis harga nikel pada tahun ini akan di tingkatan yang rendah. Hal itu mengingat masih tingginya persediaan di London Metal Exchange dan Shanghai Futures Exchange.

Selain itu ada ketidakpastian di pasar nikel global mengenai kuota ekspor bijih Indonesia akan menambah volume atau sekadar menggantikan turunnya pasokan bijih dari Filipina ke Tiongkok

"Hal ini berarti sangat penting bagi kami untuk tetap fokus pada optimalisasi kapasitas produksi, meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya," ujarnya.

Pada kuartal tahun ini, INCO melakukan kegiatan pemeliharaan terencana seperti pada kuartal I 2016, namun dengan durasi shutdown yang lebih singkat. Hasilnya volume produksi nikel dalam matte di kuartal I 2017, angkanya 2% lebih tinggi dibandingkan produksi di kuartal l 2016.

Kegiatan pemeliharaan ini sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan operasional. Biaya pokok pendapatan INCO turun 6% dari US$ 155,1 juta di kuartal IV 2016 menjadi US$ 146,4 juta di kuartal I 2017.

Namun biaya pokok pendapatan per metrik ton nikel matte yang dijual di kuartal I 2017 meningkat 17% dibandingkan triwulan sebelumnya. Hal ini karena adanya kenaikan biaya-biaya karyawan, bahan bakar dan bahan pembantu. (Hariyanto/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nestle

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:15 WIB

Menteri Bahlil Siap Kawal Perluasan Bisnis Nestle di Indonesia

Dalam kunjungan kerjanya ke Davos, Swiss, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu langsung dengan Head of Operations Nestle Magdi Batato (24/5).…

Pelaku Ekonomi Kreatif di Bali (Foto: Kemenparekraf)

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:15 WIB

Gaet Investor, Menparekraf Bekali Pelaku Ekraf Bali Strategi Pithching yang Efektif

Untuk menarik investor, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno membekali pelaku ekonomi kreatif di Bali tentang strategi pithcing yang efektif.

Menteri Basuki Ajak Delegasi di Forum GPDRR 2022 Siapkan Antisipasi Pengurangan Perubahan Iklim

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:04 WIB

Menteri Basuki Ajak Delegasi di Forum GPDRR 2022 Siapkan Antisipasi Pengurangan Perubahan Iklim

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, bencana akibat perubahan iklim merupakan ancaman nyata yang harus disiapkan antisipasinya untuk pengurangan…

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:30 WIB

Venesia Tunda Pajak Turis untuk Wisatawan Hingga 2023

Sesuai perkembangan terbaru, Venesia telah menunda rencananya untuk membebankan pengunjung 'pajak turis' untuk mengelola overtourism.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:25 WIB

Tinjau Penanganan Banjir Rob Semarang, Menteri Basuki Instruksikan Penanganan Cepat

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau langsung ke lokasi penanganan banjir rob dan tanggul laut yang jebol di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang,…