Keren! Sosok WNI Bantu Padamkan Kebakaran Hutan di California

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 06 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Muhammad Yulfiano Gerwynaldo - Tim Pemadam Kebakaran Hutan di Selatan California (Photo by Kemlu)
Muhammad Yulfiano Gerwynaldo - Tim Pemadam Kebakaran Hutan di Selatan California (Photo by Kemlu)

INDUSTRY.co.id - Los Angeles - Kebakaran hutan di selatan California, Muhammad Yulfiano Gerwynaldo, seorang WNI yang tinggal di Los Angeles menjadi bagian dari tim pemadam kebakaran yang melanda wilayah California.

Kebakaran tersebut terus menyebar ke beberapa lokasi dan disampaikan oleh beberapa sumber, bahwa kebakaran tersebut menyasar sekitar 22 ribu hektar hutan di selatan California.

Sekitar 14.000 satuan pemadam kebakaran telah dikerahkan Pemerintah California untuk mengatasi 28 titik api yang terus berkobar sejak beberapa minggu terakhir dan menyebabkan puluhan warga terdampak mengungsi di beberapa camp yang secara resmi disiapkan baik oleh Pemerintah Propinsi maupun Pemerintah Lokal.

Satu hal yang menarik adalah keterlibatan Muhammad Yulfiano Gerwynaldo atau sehari-hari dipanggil Ano. 

Melalui sambungan telepon, Ano mengatakan bahwa ia telah berada di lokasi kebakaran selama 3 minggu dan secara intens bersama tim pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api yang terus menjalar hingga mendekati pemukimam warga.

Alumni Fire Academy Los Angeles tersebut mengakui bahwa motivasi utama untuk ikut terlibat dan terjun langsung ke lapangan semata mata karena panggilan hati.

“Hati saya tergerak melihat kebakaran yang terjadi di Negara Bagian California. Sebagai manusia, saya perlu melakukan sesuatu. Dan ini merupakan sebuah misi kemanusiaan yang mulia," ujar Ano melalui keterangan yang diterima redaksi pada Selasa (6/10).

Pada kesempatan terpisah, Konsul Jenderal RI ikut bangga atas keterlibatan aktif saudara Ano.

“Kami bangga sekali atas apa yang dilakukan Ano. Selain bentuk misi kemanusiaan, tindakan ini semakin memperkuat hubungan people to people contact dan saling mendekatkan antar masyarakat kedua bangsa," terang Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Saud P. Krisnawan. Saud turut menekankan bahwa keterlibatan Ano secara tidak langsung menunjukkan ciri khas orang Indonesia yang memiliki semangat gotong royong yang luar biasa.

Menyikapi musibah tersebut, KJRI Los Angeles secara intensif terus berkoordinasi dengan otoritas setempat untuk memastikan keadaan WNI yang bermukim di dekat lokasi kejadian, termasuk mengeluarkan himbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap perubahan suhu yang terjadi, dan menghindari titik-titik terjadinya kebakaran yang sampai dengan berita ini diturunkan masih terus berkobar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…