Pandemi Covid-19, Indra Pahlevi: Masalah Sosial Ekonomi Harus Dicari Jalan Keluarnya

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 02 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Kepala Pusat Penelitian DPR RI - Indra Pahlevi (Photo by Ayu/Man)
Kepala Pusat Penelitian DPR RI - Indra Pahlevi (Photo by Ayu/Man)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pandemi Covid-19 dimasa ini sangatlah berat dan banyak yang terkena dampaknya. Kepala Pusat Penelitian DPR RI, Indra Pahlevi mengatakan bahwa sejak kasus Covid-19 meningkat di Indonesia, berbagai permasalahan sosial dan ekonomi muncul di tengah masyarakat.

Ia menilai dampak sosial dan dampak ekonomi yang ditimbulkan dari kondisi pandemi covid 19 ini sama-sama penting untuk segera ditemukan solusinya.

Hal tersebut diungkapkan Indra di sela-sela acara Webinar Nasional dengan tema ‘Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)-Implementasi dan Dampaknya’ yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Setjen DPR RI bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Sultan Agung Tirtayasa, Serang Banten.

Menurutnya dampak sosial ekonomi akibat pandemi telah melumpuhkan kegiatan harian masyarakat.

"Kalau ditanya mana yang lebih penting untuk dicarikan solusinya antara dampak ekonomi atau dampak sosial yang ditimbulkan dari kondisi pandemi covid 19 ini? saya menilai dua-duanya penting dan dua-duanya harus dicarikan solusinya, dibuat kebijakan yang benar-benar bisa dijadikan jalan keluar untuk mengatasi pandemi ini," ujar Indra melalui keterangan yang diterima redaksi pada Jumat (2/10).

Ditambahkan Indra, ancaman resesi pun sudah harus siap dihadapi. Bahkan hal itu sudah disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan beberapa waktu lalu. Dampak sosial juga besar, pasalnya tidak sedikit orang kehilangan pekerjaan, sehingga menurutnya negara harus menyiapkan sumber dana untuk bisa mengatasi persoalan itu.

“Dari segala sisi seperti kesehatan yang paling penting, namun faktor sosial dan faktor ekonomi juga tidak kalah pentingnya. Sehingga yang paling baik adalah memperbaiki semua sektor secara seimbang,” terangnya.

Meski demikian, ia mengaku hingga saat ini masih terus menggali dan meneliti lebih dalam terkait kebijakan PSBB ini di berbagai kota besar, termasuk di Provinsi Banten yang notabene merupakan daerah penyangga ibukota.

Atas dasar itulah pihaknya menggelar dan menganggap penting seminar tersebut.

Dimana hasilnya nanti diharapkan bisa memberikan masukan kepada stakeholder terkait, terutama kepada DPR RI.

“Kita lihat kebijakan PSBB ini sudah on the track atau masih ada kekurangan-kekurangannya. Serta apa saja dampaknya yang ditimbulkannya, termasuk formula kebijakan apa saja yang bisa dijadilan alternatif solusinya,” tukas Indra.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Jumat, 20 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menteri Bahlil Tegaskan Indonesia Tak Akan Ekspor EBT ke Negara Manapun

Terkait dengan Energi Baru Terbarukan (EBT), Bahlil menjelaskan bahwa Indonesia belum akan melakukan ekspor EBT ke negara manapun. Menurutnya, pemerintah Indonesia akan fokus terlebih dahulu…

Pameran lukisan bertajuk Wanderlust Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:35 WIB

Sambut G20 & Dukung Ekonomi Kreatif, KEK Morotai Gelar Pameran Lukisan Bertajuk "Wanderlust Indonesia"

Menyambut G20 yang diadakan di Indonesia pada bulan November 2022 sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2022 dan mendukung ekonomi kreatif, salah satu anak usaha PT Jababeka…

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:10 WIB

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Glamshine kosmetik resmi mengeluarkan produk terbaru dengan nama Aqua Beads yang akan di luncurkan pada tanggal 20 Mei, 2022 di Chakra venue & lounge, The Breeze Bumi Serpong Damai (BSD) Kota…

Petugas Dokter dan Perawat tangani Virus Corona (ist)

Jumat, 20 Mei 2022 - 17:54 WIB

PDSI Dibentuk, Komisi IX Akan Bahas RUU Praktik Kedokteran

Jakarta-Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran bakal dibahas. Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari mengatakan, penggodokan payung hukum praktik kedokteran itu…

MenkopUKM Teten Masduki

Jumat, 20 Mei 2022 - 17:20 WIB

Tahun ini, Menteri Teten Pastikan UMKM Siap Bangkit dari Pandemi

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki memastikan pada tahun 2022 UMKM sudah siap bangkit dari pandemi COVID-19.