Kolaborasi Visa-Shopee-Blibli Tingkatkan Bisnis Daring UMKM

Oleh : Herry Barus | Rabu, 30 September 2020 - 09:23 WIB

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia. (Foto Dok Industry.co.id)
Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia. (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Visa, penyedia pembayaran digital terdepan di dunia, berkolaborasi dengan Shopee dan Blibli, platform berbelanja terkemuka di Indonesia, untuk mendorong penggunaan dan penerimaan pembayaran digital demi mendukung bisnis daring usaha kecil dan mikro (UKM) di Indonesia.

 Melanjutkan kolaborasi sebelumnya dalam naungan kampanye “Visa Dukung UMKM”, Visa Indonesia dan sejumlah mitra berinisiatif menyokong pemberdayaan UKM agar dapat bermigrasi dan mempertahankan usaha mereka melalui teknologi digital yang lebih dapat diandalkan. Kolaborasi dengan Shopee dan Blibli menawarkan diskon voucher bagi UKM saat berbelanja menggunakan Visa di masing-masing platform.

 Visa dan Shopee menawarkan diskon hingga 30% untuk transaksi yang menggunakan kartu Visa bagi konsumen yang berbelanja di sejumlah UKM di platform Shopee Indonesia di mana promosi berlaku hingga 10 Oktober 2020. Di saat yang bersamaan, program serupa juga berjalan di platform Blibli, dengan beragam diskon ditawarkan kepada konsumen yang membayar menggunakan kartu Visa, berlaku hingga 31 Januari 2021. 

 Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, mengatakan, Rabu (30/9/2020) , “Visa meyakini di situasi saat ini, kolaborasi menjadi kunci dalam sinergi upaya-upaya menstabilkan perekonomian, khususnya memperkuat pilar usaha kecil dan mikro. Sebagai penyedia jaringan pembayaran, Visa berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman pembayaran yang aman dan lancar bagi konsumen eCommerce, serta membantu usaha kecil dan mikro beradaptasi dengan cara baru dalam mengelola dan mengembangkan bisnis mereka, memastikan para pelaku ekonomi utama ini dapat kembali bangkit dan pulih.”

 Sementara itu Christin Djuarto, Direktur Shopee mengatakan, “Kami senang bermitra dengan Visa, khususnya di Indonesia di mana pertumbuhan eCommerce begitu besar, yang didorong tentunya oleh pelaku-pelaku UKM di platform kami. Shopee akan terus memperbarui semua aspek platform demi bersama-sama mengembangkan ekosistem ekonomi digital melalui inovasi dan layanan kami, serta membuka akses yang lebih luas bagi semua jenis bisnis untuk dapat bertumbuh. Di situasi sekarang, kami senang dapat memfasilitasi para pelaku UKM mempromosikan berbelanja menggunakan Visa, melalui promo yang atraktif hingga 30% diskon maksimum Rp 25 ribu, dengan pembelian minimum Rp 70 ribu. Kami berharap konsumen mendapatkan nilai tambah dan tetap setia berbelanja daring menggunakan platform Shopee.”

 Di tempat terpisah Yolanda Nainggolan, Vice President Public Relations Blibli mengatakan, "Kami sangat tertarik menjadi bagian dalam program ‘Visa Dukung UMKM’. Inisiatif tersebut sejalan dengan upaya berkelanjutan kami mendorong transformasi digital di industri UKM dan merealisasikan masyarakat non tunai di Indonesia. Kami juga berbagi visi yang sama dalam mengedepankan sinergi antar pemangku kepentingan untuk mendukung bisnis UKM dan mengakselerasi pemulihan ekonomi di Indonesia di tengah pandemi COVID-19.

“Dalam program ini, pelanggan dapat menikmati diskon hingga Rp 50 ribu untuk minimum pembelian mulai dari Rp 100 ribu menggunakan pembayaran kartu Visa, yang berlaku hingga tahun depan. Kami berharap penawaran ini dapat menarik minat pelanggan Indonesia untuk membeli produk UKM kami, dan secara berkelanjutan mewujudkan komitmen kami dalam menyediakan layanan Customer Satisfaction First kepada penjual dan pelanggan,” tambah Yolanda.

 Melalui kampanye “Visa Dukung UMKM”, Visa Indonesia berfokus membantu usaha kecil dan mempromosikan perdagangan digital, serta mendorong pertumbuhan ekonomi, melalui sejumlah prioritas, di antaranya pemberdayaan pelaku usaha digital, mendorong pembayaran digital, dan memberikan insentif agar konsumen terdorong untuk berbelanja produk dalam negeri.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…