Kabar Gembira! Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sukses, WHO Segera Distribusikan ke Seluruh Penjuru Dunia

Oleh : Ridwan | Jumat, 25 September 2020 - 18:20 WIB

Vaksin Covid-19 (ist)
Vaksin Covid-19 (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengonfirmasi keberhasilan ujiklinis vaksin COVID-19 buatan China, termasuk CoronaVac buatan Sinovac. WHO menyatakan distribusi segera dilakukan merata ke semua penjuru dunia.

Kabar baik itu disampaikan Kepala Ilmuwan WHO Soumya Swaminathan. "WHO bekerja untuk memastikan akses yang adil terhadap vaksin COVIC-19 secara global," kata dia, dikutip dari siaran televisi China, CGTN, Jumat, 25 September.

"Percayalah ini adalah cara tercepat untuk mengakhiri pandemi dan mempercepat pemulihan ekonomi global. Vaksin China dapat membantu mewujudkan tujuan itu dalam waktu dekat karena beberapa vaksin telah terbukti berhasil dalam ujiklinis," tambahnya, mengonfirmasi CoronaVac bukan satu-satunya vaksin yang berhasil dalam ujiklinis.

WHO menyebut progres ini sebagai kabar paling baik setelah pandemi melanda dunia selama sepuluh bulan terakhir. Sejak kasus pertama dikonfirmasi Desember lalu di Wuhan, China, virus corona telah menginfeksi 32.407.973 orang di dunia.

Dari angka itu, 987.697 meninggal. China sendiri termasuk negara terdepan dalam pengembangan vaksinnya. Ada banyak calon vaksin COVID-19 yang dikembangkan China. CoronaVac dari Sinovac satu di antaranya.

Perusahaan itu juga telah mengumumkan bahwa vaksin mereka siap disuntikkan kepada seluruh warga dunia pada awal 2021. Targetnya, distribusi dilakukan tanpa kecuali, termasuk ke Amerika Serikat (AS).

CEO Sinovac Yin Weidong berjanji akan mengajukan permohonan izin ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk menjual CoronaVac di AS. Ia berharap konflik politik dua negara tak memengaruhi upaya baik ini.

"Pada awalnya, strategi kami dirancang untuk China dan Wuhan. Segera setelah itu, pada Juni dan Juli kami menyesuaikan strategi kami, yaitu menghadapi dunia," katanya kepada AP.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…