ANTAM Kebut Proyek Pembangunan Pabrik Feronikel di Halmahera Timur

Oleh : Hariyanto | Rabu, 26 April 2017 - 19:46 WIB

Gedung Antam
Gedung Antam

INDUSTRY.co.id - Jakarta,  PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) memulai proses pembangunan pabrik feronikel Halmahera Timur, dengan ditandai pelaksanakan pemasangan tiang pancang perdana (first pilling) di Halmahera Timur, Maluku Utara pada 25 April 2017 kemarin.

Direktur Utama Tedy Badrujaman menuturkan, first pilling ini merefleksikan komitmen Antam dalam rangka mendukung program hilirisasi pemerintah dalam rangka peningkatan nilai tambah produk mineral Indonesia.

"Proyek pembangunan pabrik feronikel Haltim (P3FH) merupakan wujud implementasi rencana strategis Antam dalam hilirisasi sejak pabrik feronikel pertama (FeNi I) beroperasi pada 1976, FeNi II pada 1995, FeNi 2007 dan pengembangan FeNi I yang dikenal dengan proyek perluasan pabrik feronikel Pomalaa (P3FP)," jelas Tedy.

Tedy menambahkan, selama empat dekade, Antam senantiasa berupa meningkatkan nilai tambah mineral yang dimiliki dengan first pilling ini adalah salah satu implementasi komitmen perseroan dalam hilirisasi.

P3FH Antam menjadi 40.300-40.500 ton nikel feronikel (Tni) sehingga semangat mewujudkan industri dasar logam akan semakin dekat. P3FH merupakan proyek strategis Antam yang didanai melalui PMN sebagai bentuk dukungan peneritah bagi perseroan untuk menciptakan nilai tambah mineral melalui hilirisasi.

P3FH memiliki kapasitas produksi feronikel 13.500 TNi per tahun. Engineering, Procurement & Construction (EPC) P3FH akan dikerjakan oleh konsorsium unincorporated PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) ? Kawasaki Heavy Industries, Ltd. (WIKA-KHI) yang kontraknya telah ditandatangani 21 Desember 2016 lalu.

"WIKA adalah salah satu BUMN konstruksi yang telah bekerjasama dalam proyek-proyek pembangunan sebelumnya di Antam dan terhadap P3FH ini Antam optimis dapat diselesaikan oleh WIKA-KHI secara on time, on budget dan berkualitas baik," ujarnya.

P3FH memiliki target penyelesaian pada akhir Desember 2018. Lingkup pekerjaan konsorsium pada proyek ini adalah pekerjaan design, engineering, procurement, construction, startup, testing dan commissioning of the plant. P3FH juga akan dilengkapi dengan power plant serta sarana penunjang lainnya.

Seiring dengan tren peningkatan harga nikel dunia, ia optimistis dapat meningkatkan marjin keuntungan dari bisnis nikel sepanjang tahun ini. Pada 2017, Antam menargetkan volume produksi feronikel sebesar 24.100 TNi, lebih tinggi 19% dibandingkan dengan realisasi produksi 2016.

Adapun ANTAM menargetkan volume penjualan feronikel pada 2017 sebesar24.100 TNi, lebih tinggi 15% dari penjualan 2016 sebesar 20.888 TNi. (Hry/ imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Dian Takdir Badrsyah (kedua dari kanan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:48 WIB

BSI Gandeng Anak Usaha Jasa Marga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tandatangani nota kesepahaman dengan anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Ilustrasi batubara

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:36 WIB

Kian Kokoh di Ranah Tambang! Anak usaha PT Delta Dunia Raih Kontrak Tambang Batu Bara di Australia

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan), melalui anak perusahaannya di Australia BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia) akan memulai…

(Foto dari kiri ke kanan) Section Head PT Multipolar Technology Tbk Ignasius Oky Yoewono, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk Jip Ivan, dan Department Head Hybrid Database Solution PT Multipolar Technology Tbk Yemmy Sukandar sedang berbincang di sela-sela seminar tentang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Infobank di Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5).

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:25 WIB

Multipolar Technology mengusung solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR sekaligus ke pasar Indonesia

Jakarta-PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan teknologi digital perusahaan di berbagai…

Gedung Bank KB Bukopin

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:58 WIB

KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI, Sentimen Positif Investor Saham

PT. Bank KB Bukopin, Tbk. terus bergerak positif pada lantai bursa. Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.

Jalan Tol Serang-Panimbang

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:40 WIB

Beroperasi 2024, Jalan Tol Serang-Panimbang Permudah Akses Wisata ke Tanjung Lesung

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur…