Doktor ‘Matematika’ UGM Pimpin Dekopin Jateng, Nurdin Halid: Saya Percaya Sosok Dr. Walid

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 22 September 2020 - 18:57 WIB

Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/9/2020).
Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/9/2020).

INDUSTRY.co.id,  Jawa Tengah-Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/9/2020).

SEMARANG – Doktor ‘Matematika’ Walid terpilih sebagai ketua Dekopinwil Jateng periode 2020-2025 dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) di Kantor Dekopin Jawa Tengah, Selasa (15/9/2020). Ketua Umum Dekopin Nurdin menaruh kepercayaan besar terhadap sosok alumnus S3 Universitas Gajah Mada itu untuk memimpin dan memajukan Koperasi di Jawa Tengah.

“Saya menaruh kepercayaan penuh kepada Pak Walid sebagai komandan Gerakan Koperasi di Jawa Tengah. Ia seorang akademisi  sekaligus praktisi koperasi yang berjiwa milenial. Kemampuan komunikasinya sangat baik dan santun sehingga jaringannya luas,” ujar Nurdin Halid, Senin (21/9/2020).

Doktor Walid dipilih secara aklamasi dalam proses pemilihan yang berlangsung demokratis dan dalam suasana kekeluargaan. Dalam tahapan pemilihan, Ketua Dekopinda Kota Semarang itu memperoleh 26 suara dari 39 pemilik suara yang hadir, yaitu 23 Dekopinda dan 16 koperasi sekunder. Sebanyak 11 suara lainnya terbagi kepada 7 kandidat lain, sedangkan dua suara abstain. Mendominasi 70% perolehan suara, Doktor Walid pun ditetapkan sebagai ketua terpilih.

Menariknya, Dekopin Pusat yang memiliki suara 30% mengambil langkah abstain dalam pemberian suara. Hal ini, kata Nurdin Halid, menunjukan Dekopin sangat care, tidak memihak siapa pun dan menghargai calon yang diusung dari bawah.

“Saya berterima kasih kepada seluruh peserta Muswil dan Dekopin pusat. Proses pemilihan berlangsung adil, jujur, rahasia dan sangat transparan. Semua peserta tanpa tekanan memberikan pilihannya masing masing. Dengan  hasil ini, saya Menjadi sangat optimistis bahwa kepemimpinan saya lima tahun ke depan akan mendapat dukungan penuh dari semua anggota Dekopinwil dalam memajukan Koperasi di Jawa Tengah,” ujar Walid.

Akademisi Berjiwa Koperasi

Dr. Walid, S.Pd., M.Si., Doktor pada bidang ilmu matematika, lahir di Brebes Jawa Tengah pada tanggal 19 agustus 1974. Gelar sarjana diraihnya tahun 1998 di IKIP Semarang pada Jurusan Pendidikan Matematika. Gelar magisternya diraih di Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2000. Ia meraih gelar Doktor pada Universitas yang sama, UGM, tahun 2016.

Sejak tahun 2001 hingga kini, Dr. Walid berprofesi sebagai dosen di Jurusan Matematika dan PPs Universitas Negeri Semarang (UNNES). Lalu, sejak tahun 2002 bertugas sebagai dosen pendamping karya ilmiah tingkat universitas.

Terplihnya Walid sebagai Ketua Dekopinwil Jateng memang menarik. Betapa tidak, kegiatan keorganisasian ahli matematika ini justru terkonsentrasi di dunia Koperasi. Sejumlah jabatan di organisasi perkoperasian disandangnya dalam periode cukup singkat, 8 tahun.

Pada periode 2012-2015, ia mengemban amanat sebagai Ketua KPRI Handayani dan menjadi Ketua Pengawas KPRI Handayani pada tahun 2015-2018. Gerakan Koperasi Kota Semarang kemudian mendaulatnya sebagai  Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kota Semarang (Dekopinda) pada periode 2015-2020.

Pada periode yang hampir sama, Dr. Walid mendapat kepercayaan sebagai Ketua Asosiasi Koperasi Ritel Indonesia (AKRINDO) DPC Kota Semarang pada tahun 2014 sampai tahun 2017. Bersamaan dengan itu, ia menjabat Sekretaris Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Kota Semarang (tahun 2012-2017). Bukan hanya itu, ia pun didaulat menjadi Ketua Asosiasi Koperasi Ritel Indonesia (AKRINDO) DPW Wilayah Jawa Tengah (tahun 2017-2021).

Semua pencapaian itu mengantar Dr. Walid ke organisasi koperasi tingkat nasional. Dalam struktur Pimpinan Paripurna Dekopin periode 2020 - 2025, Dr. Walid menduduki jabatan sebagai Ketua Komite Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Terkait hal itu, Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid menyatakan Dr. Walid memang sudah saatnya memberikan konstribusinya bagi Gerakan Koperasi tingkat nasional. Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu pun mengapresiasi Gerakan Koperasi Jawa Tengah yang memilih Dr. Walid sebagai ketua Dekopinwil periode 2020 – 2025.

“Dekopin pusat butuh sosok seperti Pak Walid. Seorang akademisi berjiwa koperasi. Hasil Muswil Jawa Tengah ini menunjukkan gerakan koperasi sangat cerdas memilih sosok pemimpin yang muda, cerdas dan cakap serta konsisten dalam memperjuangankan aspirasi koperasi di Jateng,” ujar Nurdin Halid.

Dr. Walid sudah membuat target awal dalam kepemimpinannya selaku ketua Dekopinwil Jateng. Ia mengatakan, dalam waktu dekat akan melakukan konsolidasi di Jateng dengan mengutamakan menata keorganisasian, baik di Dekopinwil maupun di Dekopinda-Dekopinda se-Jateng.

“Selanjutnya, peningkatan SDM koperasi dengan fokus pada penguasaan digitalisasi Koperasi. Sejalan dengan program Dekopin pusat, digitalisasi koperasi menjadi salah satu program utama yang akan kami lakukan untuk meningkatkan efisiensi manajemen dan produktivitas kinerja, baik di Dekopinda-Dekopinda maupun produktivitas usaha dan organisasi koperasi-koperasi di Jateng,” Dr. Walid memaparkan.

Walid optimistis bahwa dengan dukungan mutlak para anggota Dekopinwil, Koperasi-koperasi di Jawa Tengah akan semakin mampu memberikan sumbangan nyata bagi kehidupan ekonomi rakyat sebagaimana yang dicita-citakan Bung Hatta dan para pendiri Bangsa lainnya. “Saya juga berharap banyak kepada Pemprov Jateng sebagai mitra yang bersinergi dalam membangun koperasi di Jateng. Dan, sebagai government, kami berharap Pemrov tidak masuk terlalu dalam terkait urusan organisasi Dekopin. Hanya dengan itu, Dekopin sebagai organisasi tunggal Gerakan Koperasi Indonesia mampu menjalan tugas dan fungsinya dengan baik,” ujar Walid.

Sementara Nurdin Haid Nurdin Halid berharap, Gerakan Koperasi Jawa Tengah menaruh perhatian pada upaya menggaet kaum milenial untuk berkoperasi. Sebab, hanya sistem koperasi yang menjamin keadilan dan kesejahteraan sosial seperti diamanatkan Konstitusi Pasal 33 UUD 1945.  

“Berkaca dari Dekopin pusat, dimana struktur kepemimpinan milenial sekira 60 persen, sedangkan 40 persen anggota lainnya dengan usia di atas 55 tahun. Kami berharap hal tersebut dapat diikuti Dekopinwil dan Dekopinda-Dekopinda se-Jawa Tengah. Mari kita berusaha mengubah struktur ekonomi nasional dengan mengajak kaum milenial mendominasi Dalam kehidupan perekonomian nasional,” tandas Nurdin.

“Dekopinwil Jateng ini adalah satu diantara Dekopinwil terbaik di Indonesia. Dimana aktivitasnya sangat dinamis dan hampir semua program dilaksanakan dengan baik. Saya yakin Dekopinwil di Jateng akan semakin eksis kedepannya, dengan ikut bermitra bersama pemerintah untuk menciptakan tata ekonomi yang berkeadilan di Jateng,” ungkap Nurdin Dalam sambutannya usai mengambil sumpah Dr. Walid sebagai ketua Dekopin Jateng terpilih.

Mahmud Razak adalah ketua Dekopin tingkat wilayah propinsi ke-4 yang terpilih usai acara pembukaan Muswil secara serentak lewat virtual oleh Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, Rabu (9/9/2020). Dalam acara yang diikuti 25 Dekopinwil dan 185 Dekopinda seluruh Indonesia itu, juga hadir Pimpinan Paripurna, Pengawas, dan induk-induk Koperasi. 

Nurdin Halid menjelaskan, sejumlah Dekopinwil dan Dekopinda meminta daerah-daerah melakukan Muswil dan Musda untuk merspons kebutuhan dan tuntutan organisasi di tingkat daerah. Karena itu, kata Nurdin, Muswil akan diikuti Musyawarah Daerah (Musda) agar roda organisasi Dekopin terus berputar untuk bisa menjalankan fungsi, tugas dan tanggungjawabnya berdasarkan amanat UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Koperasi.  

“Kita harus melakukan konsolidasi organisasi kita. Di satu sisi, agar organisasi Dekopin mampu menjalankan fungsi, tugas, dan tanggungjawabnya. Itu perintah UU Nomor 25 Tahun 1992. Di sisi lain, organisasi Dekopin harus solid untuk menghadapi berbagai tantangan, termasuk gangguan yang dipicu oleh muncunya Dekopin illegal,” ujar Nurdin Halid, Rabu (9/9/2020).

Bak gayung bersambut. Sejumlah Dekopinwil langsung mengajukan jadwal Muswil ke Dekopin Pusat. Sebelum Muswil ke-4 di NTB, ada tiga wilayah yang sudah menggelar Muswil, yaitu DKI Jakarta, Lampung, dan Semarang.

Muswil DKI Jakarta telah memilih dan menetapkan Ferry Juliantono sebagai ketua Dekopinwil periode 2020 – 2025. Ferry Julintono adalah Ketua Induk Koperasi Pasar dan wakil ketua umum Dekopin periode 2020-2025. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu juga aktif dalam berbagai organisasi pemberdayaan masyarakat.

Nurdin Halid mengatakan, pilihan Gerakan Koperasi DKI Jakarta terhadap Ferry Juliantono sangat strategis. “Pak Ferry itu tipikal pemimpin yang lincah, agresif, dan komunikatif. Ia juga kaya konsep dan strategi. Jaringannya luas baik secara vertikal dengan pemerintahan maupun secara horizontal dengan masyarakat. Dan, satu lagi, jiwanya menyatu dengan g erakan pemberdayaan masyarakat lewat Koperasi,” kata Nurdin Halid.

Muswil Dekopin Lampung digelar hanya empat hari setelah pembukaan Muswil secara nasional oleh Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid. Dalam Muswil Dekopin Propinsi Lampung yang digelar di Bandar Lampung pada 12 September 2020,  Armi Basyuni kembali terpilih sebagai komandan Dekopin Lampung untuk periode 2020-2025. Sebanyak 27 pemilik suara yang hadir dari total 32 (15 Dekopinda Kabupaten/Kota dan 17 unsur Koperasi sekunder)  secara bulat memilih praktisi Koperasi sarat pengalaman itu.

“Ibu Armi itu praktisi koperasi yang aktif dan pekerja keras. Jiwanya di koperasi. Pergaulannya di Koperasi juga luas. Komunikasinya dengan Pemerintah juga bagus. Kami sudah saling kenal ketika sama-sama mengelola KUD lalu Puskud di tahun 1990-an. Saya di Puskud Hasanuddin, Ibu Armi di Puskud Lampung. Dia pantas terpilih secara aklamasi dalam 3 kali Muswil,” ujar Nurdin Halid.

Karir Armi Basyuni di perkoperasian merangkak dari tangga terbawah, yaitu pengurus dan ketua KUD Sampurna tahun 1992, lalu menjadi ketua Koperasi Senkakola tingkat propinsi. Pada tahun 2000, ia masuk dalam jajaran pengurus dan ketua Puskud Lampung. Pengalaman dan dan gaya kepemimpinanya yang komunikatif dan akomodatif mengantar Armi ke kursi Ketua Dekopinwil periode 2010-2015 dan 2015-2020.

Dan, seperti dua Muswil sebelumnya, dalam Muswil tahun 2020 ini, ia kembali terpilih secara aklamasi. Selain memimpin Dekopinwil Lampung, Armi juga masuk jajaran pimpinan Paripurna Dekopin periode 2010-2020. Pada periode 2020-2025, Armi ditunjuk menjadi koordinator Dekopinwil Wiayah Sumatera. Bukan hanya itu. Armi juga Menjadi salah satu dari 45 pendiri Koperasi Perumahan Rakyat atau KPRN. Pada tahun 2019, Armi menginisiasi dan menggerakan Koperasi Pariwisata RI (KoparRi) Cabang Lampung.  

Sekjen Dekopin Pahlevi Pangerang menjelaskan bahwa jadwal pelaksanaan Muswil dilaksanakan periode September – Oktober 2020, sedangkan Musda dijadwalkan Oktober – November. Ditambahkan, beberapa wilayah sudah mengajukan rencana dan jadwal Muswil pada akhir September ini dan menunggu persetujuan Dekopin pusat.

“Propinsi dan kabupaten/kota yang belum bisa menjalankan Muswil dan Musda pada tahun 2020, maka kepengurusan mereka diperpanjang hingga Oktober 2021 sesuai Keputusan Pimpinan Paripurna Dekopin bulan lalu,” ujar Pahlevi Pangerang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkebunan kopi

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:19 WIB

Komitmen Tingkatkan Produksi Kopi, Kementan Terus Kembangkan Inovasi

Asep Sukarna, salah satu petani kopi di Kabupaten Bandung Barat mengatakan penyediaan bibit unggul kopi seyogyanya memperhatikan kesesuaian dengan karakter daerah masing-masing.

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:00 WIB

Lima Perubahan Paradigma Keamanan Siber

Dengan menerapkan empati pada solusi digital, perusahaan bisa menjadi lebih inklusif. Dalam keamanan siber, itu berarti membangun solusi yang dapat mengakomodasi berbagai kelompok di keadaan…

Wisuda President University 2020

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:35 WIB

Wisuda President University 2020: Peluang Unik di Tengah Pandemi Covid-19

Era Industri 4.0 yang dipicu oleh perkembangan teknologi menawarkan banyak peluang baru. Namun, untuk bisa merebut peluang tersebut, kita dituntut bukan hanya harus mampu menguasai teknologi,…

CIMB Niaga - foto IST

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:00 WIB

CIMB Niaga Salurkan Program Beasiswa Periode 2020-2022

Program Beasiswa CIMB Niaga 2020-2022 di masa pandemi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mahasiswa agar tetap dapat melanjutkan studi tanpa terkendala biaya. Hal ini juga…

Anies Baswedan

Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:50 WIB

Anies Resmi Perpanjang PSBB Transisi Hingga 8 November 2020; Catat! Bukan Berarti Longgar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi Jakarta hingga 8 November 2020. Keputusan ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan kasus corona…