Fasilitasi Repatriasi Mandiri, KBRI New Delhi Pulangkan 151 WNI

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 18 September 2020 - 10:45 WIB

151 WNI Tergabung Dalam Program Repatriasi Mandiri di India (Photo by kemlu)
151 WNI Tergabung Dalam Program Repatriasi Mandiri di India (Photo by kemlu)

INDUSTRY.co.id - New Delhi – Dalam program repatriasi mandiri sejumlah 151 WNI menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan rute penerbangan New Delhi – Jakarta – Medan.

Para WNI telah bertolak ke Indonesia dan dijadwalkan tiba di Jakarta pada Kamis dini hari, kemudian melanjutkan perjalanan ke medan pukul 07.10 WIB.

Para WNI tersebut datang dari berbagai negara bagian di India, seperti West Bengal, Chhattisgarh, Uttar Pradesh, West Bengal, Tamil Nadu, Maharashtra, dan Karnataka.

Para peserta repatriasi yang berada di luar New Delhi harus menempuh perjalanan terlebih dahulu ke New Delhi menggunakan penerbangan domestik maupun jalur darat dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam.

KBRI New Delhi juga memfasilitasi para peserta repatriasi dengan tes PCR yang dilakukan oleh laboratorium medis yang telah disetujui oleh pemerintah India. Para WNI juga diberikan APD lengkap yang wajib dikenakan selama dalam perjalanan pulang.

Duta Besar Indonesia untuk India merangkap Bhutan, Arto Suryodipuro mengantarkan para rombongan hingga ke Bandara Internasional Indira Gandhi. Dubes Arto juga menyampaikan selamat jalan dan menghimbau semua WNI untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama dalam perjalanan pulang.

Program repatriasi mandiri kali ini menuai respon positif, salah satunya dari Coach Heriyawan seorang pelatih bulu tangkis Indonesia di Raising Star Badminton Academy, Haryana.

“Puji Tuhan, saya bisa ikut program repatriasi kali ini, karena hingga saat ini belum ada kepastian kapan situasi bisa normal lagi. Proses mengajar di akademi tempat saya melatih juga sepertinya mengalami persoalan finansial karena lockdown ini. Terima kasih buat tim KBRI yang aktif dan perhatian dengan kondisi kami," tutur Heriyawan melalui keterangan yang diterima redaksi pada Jumat (18/9).

Hingga kini, KBRI New Delhi telah berhasil membantu kepulangan sebanyak 805 WNI tertahan di India, melalui 8 gelombang. KBRI New Delhi akan terus memantau perkembangan dan memberikan pelindungan terbaiknya bagi para WNI.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkebunan kopi

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:19 WIB

Komitmen Tingkatkan Produksi Kopi, Kementan Terus Kembangkan Inovasi

Asep Sukarna, salah satu petani kopi di Kabupaten Bandung Barat mengatakan penyediaan bibit unggul kopi seyogyanya memperhatikan kesesuaian dengan karakter daerah masing-masing.

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:00 WIB

Lima Perubahan Paradigma Keamanan Siber

Dengan menerapkan empati pada solusi digital, perusahaan bisa menjadi lebih inklusif. Dalam keamanan siber, itu berarti membangun solusi yang dapat mengakomodasi berbagai kelompok di keadaan…

Wisuda President University 2020

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:35 WIB

Wisuda President University 2020: Peluang Unik di Tengah Pandemi Covid-19

Era Industri 4.0 yang dipicu oleh perkembangan teknologi menawarkan banyak peluang baru. Namun, untuk bisa merebut peluang tersebut, kita dituntut bukan hanya harus mampu menguasai teknologi,…

CIMB Niaga - foto IST

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:00 WIB

CIMB Niaga Salurkan Program Beasiswa Periode 2020-2022

Program Beasiswa CIMB Niaga 2020-2022 di masa pandemi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mahasiswa agar tetap dapat melanjutkan studi tanpa terkendala biaya. Hal ini juga…

Anies Baswedan

Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:50 WIB

Anies Resmi Perpanjang PSBB Transisi Hingga 8 November 2020; Catat! Bukan Berarti Longgar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi Jakarta hingga 8 November 2020. Keputusan ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan kasus corona…