Miris dengan Keadaan Papua! Tokoh Muda Papua Minta Bappenas Agar Orang Asli Papua Terlibat dalam Pembangunan

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 15 September 2020 - 12:57 WIB

Festival Budaya Biak Munara Wampasi V (BMW) yang berlangsung 1-4 Juli 2017 di Kabupaten Biak Numfor, Papua (Foto:triptrus.com)
Festival Budaya Biak Munara Wampasi V (BMW) yang berlangsung 1-4 Juli 2017 di Kabupaten Biak Numfor, Papua (Foto:triptrus.com)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar, yang juga adalah seorang Duta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) RI bertemu dengan Menteri Bappenas / PPN RI di kantor Kementerian PPN / Bappenas (08/09/2020), Jl. Pangeran Diponegoro No.2, RT.6/RW.4, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Tujuan pertemuan tersebut adalah dalam rangka menyampaikan kemajuan kerja yang telah dilakukan oleh Billy Mambrasar, selama menjabat mejadi Duta SDGs, sejak penunjukkannya di bulan Agustus tahun 2019.

Dalam kesempatan yang sama, Billy Mambrasar juga memaparkan aspirasi dan program kerjanya, untuk memajukan pembangunan berkelanjutan tersebut.

“Saya selama ini sudah mendorong beberapa pergerakan untuk memajukan Pembangunan di Tanah Papua dalam bidang kewirausahaan, ekonomi kreatif, Pendidikan, dan ekonomi hijau. Saya juga memberikan perencanaan tersebut kepada Menteri, dan berharap agar pembangunan yang dilakukan kedepanya tidak merusak lingkungan, akan tetapi tetap berbasis pemberdayaan masyarakat asli”, Ujar Billy Mambrasar.

Billy Mambrasar sangat aktif mendorong ekonomi Hijau, jauh sebelum penunjukkannya sebagai Staf Khusus PresideN RI. Bersama dengan Yayasan Inisiatif Dagang Hijau, dan di topang penuh oleh Kementerian Kordinator Maritim dan Investasi tahun 2019 lalu, Putra asli Papua ini mendorong konsep Investasi  Hijau di Papua (Green Investment Blueprint in Papua) dengan menjadi salah satu konsultannya.

“Papua masih tertinggal pembangunannya, dan saya harap, kita bisa segera mengejar ketertinggalan tersebut. Akan tetapi selalu saya tekankan, pembangunan tersebut harus selalu mengutamakan Orang Asli Papua sebagai penggeraknya, itu harus!” Ujar Billy Mambrasar dengan semangat.

Aspirasi dan program-program kerja tersebut diberikan dan telah diterima dengan baik oleh Menteri Bappenas, dengan perencanaan untuk tindak lanjut. Billy Mambrasar berkomitmen untuk mendorong implementasinya, serta terus mengawasi prosesnya lebih lanjut.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…