Komisi IV Apresiasi Kinerja Kementan

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 15 September 2020 - 12:08 WIB

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin
Ketua Komisi IV DPR RI Sudin

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Berbicara soal anggaran kementan Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengutarakan, pihaknya mengapresiasi realisasi atau serapan pelaksanaan anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2020, khususnya dalam masa pandemi Covid-19 saat ini.

Terhitung hingga 11 September 2020, realisasi anggaran Kementan mencapai Rp 8,496 triliun atau 60,43 persen dari anggaran sebesar Rp 14,059 triliun. Selain memberikan apresiasi atas serapan anggaran yang mencapai 60 persen tersebut, Sudin meminta Kementan untuk lebih meningkatkan kinerjanya.

"Kami mengapresiasi capaian tersebut, selanjutnya Komisi IV DPR RI meminta Kementerian Pertanian untuk meningkatkan kinerjanya dan menjadi bahan evaluasi terutama dalam menyusun rencanan program dan kegiatan di tahun berikutnya,” ujar Sudin melalui keterangan yang diterima redaksi pada Selasa (15/9).

Selanjutnya Sudin menyebutkan Komisi IV DPR RI menyetujui pagu anggaran Kementan dalam RKA K/L Tahun 2021 sebesar Rp 21 triliun sesuai dengan komposisi per Eselon I yang telah disepakati bersama.

Secara khusus, Politisi PDIP ini mendorong Kementan agar fokus dalam realisasi program yang berskala prioritas pada petani.

"Untuk itu kami meminta Kementan dalam menyusun program dan kegiatan harus berdasarkan skala prioritas dan berdasarkan kebutuhan petani, dengan cakupan luas dan berdampak besar terhadap produksi pangan nasional,” ungkap politisi PDI-Perjuangan itu.

Selain itu, Komisi IV DPR RI mendesak Pemerintah untuk menjamin tambahan alokasi anggaran subsidi pupuk tahun 2020 senilai Rp 3,1 triliun untuk segera disalurkan dan tepat sasaran ke daerah-daerah yang mengalami defisit/kelangkaan pupuk bersubsisidi.

Dalam kesempatan ini, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan terima kasih kepada seluruh Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPR RI atas evaluasi dan masukan yang diberikan kepada Kementan.

Ia berharap sinergi yang baik antara Kementan dengan Komisi Pertanian ini akan mampu memperbaiki capaian yang hendak dicapai dalam upaya-upaya meningkatkan produksi pertanian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BPOM (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:35 WIB

Masyarakat Diminta Bijak terhadap Isu Bahaya Mikroplastik

Maraknya pemberitaan isu bahaya mikroplastik pada air kemasan perlu disikapi bijak oleh masyarakat.

Outlet Paris Baguette

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:30 WIB

Lanjutkan Ekspansi, Paris Baguette Buka 4 Outlet

Melanjutkan kesuksesan pembukaan outlet-outlet sebelumnya di pusat kota Jakarta, Erajaya Food & Nourishment meneruskan kembali perluasan footprint-nya dengan membuka empat outlet baru sekaligus…

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:00 WIB

IMI Bersama Pengelola Sirkuit Sentul Terus Matangkan Pengembangan West Java Sentul International Circuit

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama pengelola Sirkuit Internasional Sentul yang dipimpin Tinton Soeprapto mematangkan rencana pengembangan…

Mukhtarudin - Anggota DPR RI Komisi VII

Rabu, 18 Mei 2022 - 11:58 WIB

Neraca Perdagangan Surplus, Anggota Banggar DPR RI: Ini Sinyal Ekonomi RI Kuat

Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin mengatakan surplus neraca perdagangan pada April 2022 yang tercatat 7,56 miliar dolar AS mengindikasikan bahwa penguatan ekonomi Indonesia pada tahun 2022…

Lion Parcel

Rabu, 18 Mei 2022 - 11:54 WIB

Selama Ramadan dan Lebaran 2022, Lion Parcel Catat Peningkatan Volume Pengiriman hingga 30 Persen

Peningkatan volume pengiriman tersebut selain dapat menjadi indikator makin berputarnya roda perekonomian di Tanah Air, juga membuktikan bahwa preferensi dan kepercayaan masyarakat yang kian…