Komisi IV Apresiasi Kinerja Kementan

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 15 September 2020 - 12:08 WIB

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin
Ketua Komisi IV DPR RI Sudin

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Berbicara soal anggaran kementan Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengutarakan, pihaknya mengapresiasi realisasi atau serapan pelaksanaan anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2020, khususnya dalam masa pandemi Covid-19 saat ini.

Terhitung hingga 11 September 2020, realisasi anggaran Kementan mencapai Rp 8,496 triliun atau 60,43 persen dari anggaran sebesar Rp 14,059 triliun. Selain memberikan apresiasi atas serapan anggaran yang mencapai 60 persen tersebut, Sudin meminta Kementan untuk lebih meningkatkan kinerjanya.

"Kami mengapresiasi capaian tersebut, selanjutnya Komisi IV DPR RI meminta Kementerian Pertanian untuk meningkatkan kinerjanya dan menjadi bahan evaluasi terutama dalam menyusun rencanan program dan kegiatan di tahun berikutnya,” ujar Sudin melalui keterangan yang diterima redaksi pada Selasa (15/9).

Selanjutnya Sudin menyebutkan Komisi IV DPR RI menyetujui pagu anggaran Kementan dalam RKA K/L Tahun 2021 sebesar Rp 21 triliun sesuai dengan komposisi per Eselon I yang telah disepakati bersama.

Secara khusus, Politisi PDIP ini mendorong Kementan agar fokus dalam realisasi program yang berskala prioritas pada petani.

"Untuk itu kami meminta Kementan dalam menyusun program dan kegiatan harus berdasarkan skala prioritas dan berdasarkan kebutuhan petani, dengan cakupan luas dan berdampak besar terhadap produksi pangan nasional,” ungkap politisi PDI-Perjuangan itu.

Selain itu, Komisi IV DPR RI mendesak Pemerintah untuk menjamin tambahan alokasi anggaran subsidi pupuk tahun 2020 senilai Rp 3,1 triliun untuk segera disalurkan dan tepat sasaran ke daerah-daerah yang mengalami defisit/kelangkaan pupuk bersubsisidi.

Dalam kesempatan ini, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan terima kasih kepada seluruh Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPR RI atas evaluasi dan masukan yang diberikan kepada Kementan.

Ia berharap sinergi yang baik antara Kementan dengan Komisi Pertanian ini akan mampu memperbaiki capaian yang hendak dicapai dalam upaya-upaya meningkatkan produksi pertanian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Korban PHK (foto Okezone.com)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:01 WIB

Waduh Menyeramkan! Tsunami PHK di Tanah Air Bisa Capai 15 Juta Orang

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira memprediksi, pemutusan hubungan kerja (PHK) di tanah air mencapai 15 juta orang.

Ninja Xpress

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:00 WIB

Ninja Xpress-Mohoi Sepakat Dukung Sektor UMKM

Mengingat peran UMKM yang begitu penting bagi perekonomian nasional dan sebagai industri dengan penyerap lebih dari 86% angkatan kerja saat ini, Ninja Xpress dengan komitmennya untuk mengantarkan…

Kementerian ESDM

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:50 WIB

Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut, Kementerian ESDM Lirik Selat Pantar NTT

Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) Badan Litbang Kementerian ESDM melakukan penelitian dalam rangkaian pra feasibility study (pra FS) pemanfaatan arus laut dalam pembangkit…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:36 WIB

Telkom Dikabarkan Masuk Bisnis Media

Jakarta—PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom dikabarkan akan meluncurkan lini usaha media dalam waktu dekat.

Menteri Pertanian saat menyaksikan ekspor komoditas pertanian

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:18 WIB

Kementan Lepas Ekspor Premix Vitamin ke India

Kementerian Pertanian (Kementan) melepas ekspor perdana premix vitamin dan mineral ke India dari produksi PT Agrinusa Jaya Santosa yang merupakan anak perusahaan PT Japfa Comfeed Indonesia,…