Keren! KBRI Bern Buka Kelas Bahasa Indonesia untuk Warga Swiss

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 15 September 2020 - 13:14 WIB

Kelas Bahasa Indonesia Virtual (Photo by Kemlu)
Kelas Bahasa Indonesia Virtual (Photo by Kemlu)

INDUSTRY.co.id - Bern – Indonesia tak diragukan lagi kaya akan tradisi dan budaya yang selalu membuat para warga asing terpesona. Hal tersebut menajdi tugas para Perwakilan Indonesia di luar negeri mempunyai tugas untuk selalu mempromosikan budaya Indonesia melalui berbagai cara, salah satunya adalah penyelenggaraan Kelas Bahasa Indonesia.

KBRI Bern secara resmi membuka kelas Bahasa Indonesia untuk warga lokal.

“Kelas bahasa ini merupakan jembatan, terutama bagi investor atau wirausaha yang ingin melakukan bisnis di Indonesia," ujar Duta Besar Indonesia untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman D. Hadad melalui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi pada Selasa (15/9).

Kemampuan berbahasa Indonesia tentu saja dapat menaikkan kepercayaan diri para investor dan wirausaha di Swiss.

“Dengan minat yang cukup tinggi, kami berharap dapat melanjutkan kelas bahasa ini di masa yang akan datang, mudah-mudahan bisa secara tatap muka," lanjutnya.

Kelas Bahasa Indonesia merupakan kelas pertama yang diselenggarakan oleh KBRI Bern dan diikuti oleh belasan warga Swiss. Selama sepuluh minggu selanjutnya para siswa akan mempelajari Bahasa Indonesia tingkat dasar.

Pandemi menyebabkan kelas Bahasa Indonesia ditempuh melalui jalur daring. Walaupun dilaksanakan melalui aplikasi Zoom, antusiasme para siswa tetap tinggi, terbukti dari kuota kelas yang sudah penuh hanya dalam waktu 10 menit sejak pendaftaran dibuka.

Peserta yang ikut pun beragam, mulai dari investor, wisatawan, pegawai pemerintah, hingga warga lokal yang memiliki keluarga di Indonesia.

Hubungan bilateral Indonesia dan Swiss yang semakin intens, terutama dengan mekanisme pertukaran sumber daya manusia dalam kerangka Indonesia-EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA), merupakan faktor pendorong utama terlaksananya kelas ini.

Etienne Rouge, salah satu pengusaha Swiss yang mengikuti kelas Bahasa Indonesia tersebut, mengungkapkan bahwa menguasai Bahasa Indonesia dapat memberikan nilai tambah.

"Terutama untuk mengembangkan bisnis di Indonesia," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkebunan kopi

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:19 WIB

Komitmen Tingkatkan Produksi Kopi, Kementan Terus Kembangkan Inovasi

Asep Sukarna, salah satu petani kopi di Kabupaten Bandung Barat mengatakan penyediaan bibit unggul kopi seyogyanya memperhatikan kesesuaian dengan karakter daerah masing-masing.

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:00 WIB

Lima Perubahan Paradigma Keamanan Siber

Dengan menerapkan empati pada solusi digital, perusahaan bisa menjadi lebih inklusif. Dalam keamanan siber, itu berarti membangun solusi yang dapat mengakomodasi berbagai kelompok di keadaan…

Wisuda President University 2020

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:35 WIB

Wisuda President University 2020: Peluang Unik di Tengah Pandemi Covid-19

Era Industri 4.0 yang dipicu oleh perkembangan teknologi menawarkan banyak peluang baru. Namun, untuk bisa merebut peluang tersebut, kita dituntut bukan hanya harus mampu menguasai teknologi,…

CIMB Niaga - foto IST

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:00 WIB

CIMB Niaga Salurkan Program Beasiswa Periode 2020-2022

Program Beasiswa CIMB Niaga 2020-2022 di masa pandemi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mahasiswa agar tetap dapat melanjutkan studi tanpa terkendala biaya. Hal ini juga…

Anies Baswedan

Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:50 WIB

Anies Resmi Perpanjang PSBB Transisi Hingga 8 November 2020; Catat! Bukan Berarti Longgar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi Jakarta hingga 8 November 2020. Keputusan ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan kasus corona…