Keren! KBRI Bern Buka Kelas Bahasa Indonesia untuk Warga Swiss

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 15 September 2020 - 13:14 WIB

Kelas Bahasa Indonesia Virtual (Photo by Kemlu)
Kelas Bahasa Indonesia Virtual (Photo by Kemlu)

INDUSTRY.co.id - Bern – Indonesia tak diragukan lagi kaya akan tradisi dan budaya yang selalu membuat para warga asing terpesona. Hal tersebut menajdi tugas para Perwakilan Indonesia di luar negeri mempunyai tugas untuk selalu mempromosikan budaya Indonesia melalui berbagai cara, salah satunya adalah penyelenggaraan Kelas Bahasa Indonesia.

KBRI Bern secara resmi membuka kelas Bahasa Indonesia untuk warga lokal.

“Kelas bahasa ini merupakan jembatan, terutama bagi investor atau wirausaha yang ingin melakukan bisnis di Indonesia," ujar Duta Besar Indonesia untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman D. Hadad melalui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi pada Selasa (15/9).

Kemampuan berbahasa Indonesia tentu saja dapat menaikkan kepercayaan diri para investor dan wirausaha di Swiss.

“Dengan minat yang cukup tinggi, kami berharap dapat melanjutkan kelas bahasa ini di masa yang akan datang, mudah-mudahan bisa secara tatap muka," lanjutnya.

Kelas Bahasa Indonesia merupakan kelas pertama yang diselenggarakan oleh KBRI Bern dan diikuti oleh belasan warga Swiss. Selama sepuluh minggu selanjutnya para siswa akan mempelajari Bahasa Indonesia tingkat dasar.

Pandemi menyebabkan kelas Bahasa Indonesia ditempuh melalui jalur daring. Walaupun dilaksanakan melalui aplikasi Zoom, antusiasme para siswa tetap tinggi, terbukti dari kuota kelas yang sudah penuh hanya dalam waktu 10 menit sejak pendaftaran dibuka.

Peserta yang ikut pun beragam, mulai dari investor, wisatawan, pegawai pemerintah, hingga warga lokal yang memiliki keluarga di Indonesia.

Hubungan bilateral Indonesia dan Swiss yang semakin intens, terutama dengan mekanisme pertukaran sumber daya manusia dalam kerangka Indonesia-EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA), merupakan faktor pendorong utama terlaksananya kelas ini.

Etienne Rouge, salah satu pengusaha Swiss yang mengikuti kelas Bahasa Indonesia tersebut, mengungkapkan bahwa menguasai Bahasa Indonesia dapat memberikan nilai tambah.

"Terutama untuk mengembangkan bisnis di Indonesia," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.