Minim Edukasi, Komisi VIII: Masyarakat Berharap Banyak ke BNPB, Jangan di Sia-siakan

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 10 September 2020 - 09:40 WIB

Anggota Komisi VIII DPR RI - Selly Andriany Gantina (Photo by Andri/Man)
Anggota Komisi VIII DPR RI - Selly Andriany Gantina (Photo by Andri/Man)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Anggota Komisi VIII DPR RI Selly Andriany Gantina mendorong Badan Nasional Penggulangan Bencana (BNPB) untuk memberikan pelatihan dan edukasi mengenai bencana alam di seluruh wilayah Indonesia kepada masyarakat.

Ia mengingatkan agar edukasi tidak hanya dilakukan di kota-kota besar saja, sehingga ketika terjadi musibah masyarakat sudah mengerti tata cara dalam menanganinya.

“Kuncinya berikan edukasi publik ke daerah-daerah terpencil juga, jangan hanya di kota-kota besar saja. Banyak sekali masyarakat yang kurang paham mengenai (kebencanaan) ini, jadi harapannya itu (juga) berikan pelatihan kepada masyarakat pendalaman,” kata Selly melalui keterangan yang diterima redaksi pada Kamis (10/9).

Lebih lanjut politisi PDI-Perjuangan ini mengatakan BNPB merupakan harapan masyarakat dalam menangani dan memberikan bantuan dalam mengatasi bencana alam yang terjadi.

“Masyarakat itu kan harapannya BNPB dapat memberikan bantuan dan memberikan pelatihan, jadi jangan disia-siakan,” ujar Selly.

Di sisi lain, terkait meningkatnya kasus positif Covid-19 di Indonesia, Selly menilai hal itu diakibatkan sikap Pemerintah yang terlambat dalam merespon pandemi tersebut.

Ia meminta BNPB untuk memiliki strategi jangka panjang yang tepat guna menanggulangi bencana.

“BNPB harus punya strategi jangka panjang. Jangan ketika sedang terjadi bencana saja. Jadi intinya harus siap dengan bencana-bencana yang akan melanda Indonesia nantinya,” tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Dian Takdir Badrsyah (kedua dari kanan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:48 WIB

BSI Gandeng Anak Usaha Jasa Marga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tandatangani nota kesepahaman dengan anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Ilustrasi batubara

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:36 WIB

Kian Kokoh di Ranah Tambang! Anak usaha PT Delta Dunia Raih Kontrak Tambang Batu Bara di Australia

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan), melalui anak perusahaannya di Australia BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia) akan memulai…

(Foto dari kiri ke kanan) Section Head PT Multipolar Technology Tbk Ignasius Oky Yoewono, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk Jip Ivan, dan Department Head Hybrid Database Solution PT Multipolar Technology Tbk Yemmy Sukandar sedang berbincang di sela-sela seminar tentang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Infobank di Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5).

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:25 WIB

Multipolar Technology mengusung solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR sekaligus ke pasar Indonesia

Jakarta-PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan teknologi digital perusahaan di berbagai…

Gedung Bank KB Bukopin

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:58 WIB

KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI, Sentimen Positif Investor Saham

PT. Bank KB Bukopin, Tbk. terus bergerak positif pada lantai bursa. Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.

Jalan Tol Serang-Panimbang

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:40 WIB

Beroperasi 2024, Jalan Tol Serang-Panimbang Permudah Akses Wisata ke Tanjung Lesung

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur…