BMKG dan Basarnas Tuai Kritik, Komisi V: Informasi Harus Akurat dan Lebih Sigap Tangani Bencana

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 08 September 2020 - 10:02 WIB

Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Aras (Photo by Parlementaria Terkini - Dewan Perwakilan Rakyat)
Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Aras (Photo by Parlementaria Terkini - Dewan Perwakilan Rakyat)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Aras mengingatkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/BASARNAS) untuk meningkatkan sinergi dengan kementerian dalam mengantisipasi bencana secara komprehensif.

Menurutnya, dengan pagu anggaran yang mencapai angka miliaran rupiah, bisa dimanfaatkan untuk melengkapi sarana prasarana alat pendeteksi dini bencana yang sangat dibutuhkan masyarakat luas.

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Sestama BMKG, Sestama BNPP/BASARNAS dan Deputi Perencanaan BPWS, Senin (7/9/2020), Aras mencontohkan masyarakat di dapilnya Sulawesi Selatan (Sulsel) merupakan salah satu wilayah rawan bencana.

“Tercatat, pada Juli 2020 terjadi 93 kali kejadian bencana di Sulsel. Sulsel juga memiliki tiga patahan sesar aktif penyebab gempa. Maka, kami mendorong pemerintah lebih bersinergi untuk melakukan antisipasi bencana secara komprehensif. Misalnya, dengan pagu anggaran yang mencapai miliaran bisa melengkapi sarana prasarana alat pendeteksi dini bencana yang sangat dibutuhkan masyarakat,” ujar Aras melalui keterangan yang diterima redaksi pada Selasa (8/9).

Berkaca dari peristiwa banjir bandang di Luwu Utara baru-baru ini, Politisi Fraksi PPP tersebut mengimbau jajaran BNPP/BASARNAS untuk lebih sigap dalam penanganan bencana yang sering terjadi diluar dugaan. Aras juga meminta BMKG untuk bisa lebih memberikan informasi secara lebih akurat sejak dini.

Kepada BMKG dan BNPP/BASARNAS, Aras mengimbau agar dapat mempergunakan anggaran yang dimiliki masing-masing lembaga untuk program tepat guna. Seperti, puncak musim kemarau yang terjadi di wilayah Sulsel saat-saat ini membutuhkan perkiraan yang akurat dari BMKG.

“Tentu, anggaran yang ada khususnya di BMKG dan BNPP/BASARNAS bisa dipergunakan sebaik-baiknya untuk mengantisipasi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Bahkan, puncak musim kemarau di wilayah Sulsel saat-saat ini butuh perkiraan akurat dari BMKG. Sehingga khususnya petani tidak ada kesalahan dalam mengantisipasi cuaca yang sedang tergolong ekstrim saat ini,” pungkas Aras.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 19 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menperin Agus Resmikan xEV Center Milik Raksasa Otomotif Asal Jepang di Karawang

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan xEV Center, yang berlokasi di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang 3, Kamis (19/5/2022).

DR. Basuki Ranto, Dewan Pakar ICMI

Kamis, 19 Mei 2022 - 18:55 WIB

Perekonomian Daerah Nyata Bergerak Naik Dampak Mudik Lebaran

Jakarta-Masyarakat gegap-gempita melakukan mudik lebaran 2022, setelahdianya akses mudik tahun ini juga disinyalir mendorong perekonomian daerah.

Changemakers Nusantara Day

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:52 WIB

Changemakers Nusantara Day: Pertemuan Akbar Ribuan Pembawa Perubahan Tanah Air

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi nirlaba pembawa perubahan bagian dari Grup GoTo, menggelar Changemakers Nusantara Day untuk merayakan keberhasilan ribuan pembawa perubahan yang telah…

PLN (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:43 WIB

PLN Batam Setop Rencana Ekspor Listrik ke Singapura

PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (PLN Batam) menghentikan rencana ekspor listrik ke Singapura. Hal tersebut diutarakan Komisaris PT PLN Batam Rizal Calvary Marimbo di Jakarta, kemarin usai…

Tugu Insurance

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:39 WIB

Laba Meningkat, Tugu Insurance Tebar Dividen Sebesar Rp 126,6 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2022 menyetujui pemberian dividen sebesar Rp 126.592.140.666…