Melihat Eksotisme Gugusan Bebatuan Tanjung Kelayang, Menteri PPN Suharso Jatuh Hati

Oleh : Candra Mata | Minggu, 06 September 2020 - 22:28 WIB

Objek Wisata Tanjung Kelayang
Objek Wisata Tanjung Kelayang

INDUSTRY.co.id - Babel, Geopark Tanjung Kelayang yang berada di Bangka Belitung terus dipercantik untuk menarik kunjungan wisatawan mancanega.

Saat ini keberadaannya tengah di daftarkan ke UNESCO untuk masuk ke dalam UNESCO Global Geopark. Geosite ini juga masuk dalam daftar geosite yang diajukan menjadi geopark internasional.

Sesuai dengan penamaannya Tanjung Kelayang merupakan semenanjung yang menjorok ke utara. Dimana garis pantai membentang hingga ke pantai Tanjung Tinggi di sisi timur.

Pantai ini sejatinya memiliki gugusan batu granit raksasa di beberapa sudut. Deretan bebatuan ini membentuk barisan yang sangat unik.

Tak hanya itu, disekitar Tanjung Kelayang, terdapat beberapa pulau-pulau kecil yang indah. Sebelum berkunjung ke pulau kecil tersebut para wisatawan  akan terlebih dulu singgah di Tanjung Kelayang.

Selanjutnya, dari Tanjung Kelayang ini, pengunjung juga bisa ke Pulau Batu Burung Garuda, Pulau Kelayang, hingga Pulau Lengkuas.

Jika menilik ke Pulau Batu Burung Garuda, disana terdapat tumpukan batu granit yang jika dilihat lebih dalam bentuknya seolah-olah menyerupai Burung Garuda, maka tak pelak namanya disebut Pulau Batu Burung Garuda.

"Saya singgah di Pulau Lengkuas yang menawarkan pemandangan deretan batu granit yang tak kalah cantiknya kemudian saya sempatkan juga makan seafood di sini," ujar Menteri PPN,Kepala Bappenas Suharso dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id Minggu malam (6/8).

Menurut Suharso, tanjung Kelayang memiliki pantai yang indah, dengan hamparan dan tekstur pasir yang halus.

Disekelilingnya, sebut Suharso, para wisatawan juga dapat melihat beragam bebatuan besar yang tersebar di sepanjang bibir pantai.

"Jika kita memandangi laut dari bebatuan tersebut, akan terlihat indahnya gradasi warna laut kebiruan dan deretan pulau kecil yang eksotis," ungkapnya kagum.

Dikatakannya, pulau ini tak hanya menyajikan pemandangan pantai yang indah dan eksotik saja, namun juga menyajikan keindahan sebuah gua.

"Disini ada Gua Kelayang, gua ini membentuk deretan bebatuan besar, yang tak kalah indahnya" ucapnya.

"Melihat keindahan geopark Tanjung Kelayang, sudah seharusnya memang Geosite Belitung ini dapat go international. Semoga Geosite Belitung dapat dikenal di dunia internasional, dan menjadi salah satu aset pariwisata di Indonesia," tandas Suharso.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkebunan kopi

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:19 WIB

Komitmen Tingkatkan Produksi Kopi, Kementan Terus Kembangkan Inovasi

Asep Sukarna, salah satu petani kopi di Kabupaten Bandung Barat mengatakan penyediaan bibit unggul kopi seyogyanya memperhatikan kesesuaian dengan karakter daerah masing-masing.

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:00 WIB

Lima Perubahan Paradigma Keamanan Siber

Dengan menerapkan empati pada solusi digital, perusahaan bisa menjadi lebih inklusif. Dalam keamanan siber, itu berarti membangun solusi yang dapat mengakomodasi berbagai kelompok di keadaan…

Wisuda President University 2020

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:35 WIB

Wisuda President University 2020: Peluang Unik di Tengah Pandemi Covid-19

Era Industri 4.0 yang dipicu oleh perkembangan teknologi menawarkan banyak peluang baru. Namun, untuk bisa merebut peluang tersebut, kita dituntut bukan hanya harus mampu menguasai teknologi,…

CIMB Niaga - foto IST

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:00 WIB

CIMB Niaga Salurkan Program Beasiswa Periode 2020-2022

Program Beasiswa CIMB Niaga 2020-2022 di masa pandemi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mahasiswa agar tetap dapat melanjutkan studi tanpa terkendala biaya. Hal ini juga…

Anies Baswedan

Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:50 WIB

Anies Resmi Perpanjang PSBB Transisi Hingga 8 November 2020; Catat! Bukan Berarti Longgar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi Jakarta hingga 8 November 2020. Keputusan ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan kasus corona…