Kemenkes Bersama Pengelola Kampanyekan Disiplin Pakai Masker di Kawasan Industri Jababeka

Oleh : Hariyanto | Kamis, 03 September 2020 - 16:55 WIB

Pengelola Kawasan Industri Jababeka telah melakukan protokol kesehatan yang ketat kepada para tenant di kawasan industri
Pengelola Kawasan Industri Jababeka telah melakukan protokol kesehatan yang ketat kepada para tenant di kawasan industri

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) terus menggalakkan kampanye Disiplin Pakai Masker (DPM) demi mencegah penyebaran COVID-19. Kali ini, Kemenkes RI melakukan kampanye di Kawasan Industri Jababeka. 

Kampanye ini bertujuan mengingatkan kembali kepada para perusahaan yang ada di Kawasan Industri Jababeka untuk konsisten melakukan protokol kesehatan, khususnya titik kritis terjadinya penularan COVID-19 di tempat kerja.

Mulai dari saat perjalanan, saat menunggu masuk ke pabrik, hingga pada saat makan di mana mereka membuka masker saat berbincang.

Chief Operating Officer Jababeka Hospitality, B. A Hadisantoso mengatakan, bahwa protokol kesehatan secara ketat telah dilakukan pengelola Kawasan Industri Jababeka sejak COVID-19 muncul. Hal itu dilaksanakan Jababeka dengan membuat grup bernama Fighting COVID-19 yang beranggota pengusaha-pengusaha, tenant, jenderal serta dokter dalam upaya pemutusan penularan COVID-19. 

Hingga saat ini, telah banyak upaya yang dilakukan, seperti sosialisasi pencegahan COVID-19 untuk para tenant Kawasan Industri Jababeka, pendistribusian bantuan alat kesehatan ke sejumlah rumah sakit, penyaluran desinfektan dan hand sanitizer, serta sembako kepada masyarakat yang terdampak COVID-19. 

"Untuk unit-unit usaha Jababeka Hospitality sendiri, unit-unit-nya seperti Jababeka Golf Cikarang sudah menerapkan protokol covid-19 sangat ketat. Mulai dari menutup operasional ketika genting, diawal pandemi kami  membuka golf tanpa changing room dan restoran, hingga pada pembatasan penggunaan golf cart dengan satu pemain golf satu golf cart,” terang Hadi, Kamis (3/9/2020).

Senada dengan Hadi, Head of Tenant Relation PT Jababeka Infrastruktur, Vega Violetta menjelaskan bahwa protokol kesehatan yang dilakukan di Kota Jababeka, khususnya di kawasan industri, sudah sangat ketat dan sesuai pedoman satuan tugas COVID-19. Bahkan pengelola Kawasan Industri Jababeka tak segan melakukan teguran kepada tenant bila tidak mengimplementasikan peraturannya tidak ketat.

"Kita sudah melakukan hal-hal preventif dan langkah-langkah  percepatan pemutusan mata rantai COVID-19, diantaranya kita membentuk gugus tugas di kawasan industri, dimana anggotanya juga ada dari perusahaan yang berada di Kawasan Industri Jababeka," ujar Vega yang juga menjadi Ketua Satgas COVID-19. 

Tugas pokoknya itu sendiri, menurut Vega, adalah melakukan asesmen kepada perusahaan- perusahan dan mendiskusikan protokol kesehatan bagaimana himbauan protokol kesehatan bisa diimplementasikan ke seluruh tenant tenant kawasan industri. 

"Kita membantu mereka mulai dari sosialisasi, upaya preventif, SOP (Standard Operating Procedure) sesuai dengan pedoman satgas covid-19, bagaimana tanggap darurat saat karyawan positif ter-suspect covid-19, penanganan paling cepatnya seperti ," ungkap Vega. 

Vega berharap perusahaan-perusahaan di Kawasan Industri Jababeka bisa mencegah penyebaran di tempat kerjanya masing-masing. Apalagi, saat ini hadir kampanye Disiplin Pakai Masker dari Kemenkes RI yang diakuinya sangat membantu dalam mengedukasi para perusahaan untuk terus waspada bahaya COVID-19.

"Agar kepatuhan masyarakat untuk memakai masker tidak kendor, maka kegiatan kampanye ini sangat baik dilakukan. Mengedukasi masyarakat secara terus menerus bahwa salah satu cara terbaik untuk mencegah penularan covid-19 adalah memakai masker," tambah Vega.

"Karena penanggulangan COVID-19 bukan hanya tanggung jawab pemerintah, perusahaan tapi tanggung jawab individu. Jadi, tanggung jawab kita sebagai masyarakat, saling menjaga dengan memakai masker. Dengan kita memakai masker, sebenarnya kita menjaga diri kita, keluarga kita dan orang yang ada di sekeliling kita," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkes Terawan (ist)

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:19 WIB

Presiden Joko Widodo Tugaskan Dua Menteri untuk Urus Vaksin! Menkes Terawan Urus Vaksin Gratis, Erick Thohir yang Berbayar

Jakarta- Saat memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/10/2020), Presiden Joko Widodo menyampaikan pembagian tugas dua menterinya dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Petani sedang menggunakan alat mesin pertanian di sawah

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:12 WIB

Penggunan Alsintan Tingkatkan Produksi dan Kesejahteraan Petani

Kementerian Pertanian (Kementan) telah masif menerapkan berbagai langkah terobosan guna peningkatan produktivitas pangan pokok dengan menggunakan alat mesin pertanian (alsintan) mekanisasi pertanian…

Mantan Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Muchyar Yara

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:00 WIB

Gerakan Kritisi terhadap Pemerintahan Meningkat

Gerakan mengkritisi pemerintahan Presiden Jokowi nampaknya semakin membesar, ditambah lagi yang terakhir dengan disahkannya UU Cipta Kerja

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:30 WIB

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Revisi UU Otsus yang dilakukan pemerintah bersama DPR RI dilakukan untuk memastikan Papua dan Papua Barat tetap mendapatkan dana otonomi khusus. Sekaligus memastikan pembangunan tetap meningkat.…

Presiden Jokowi

Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:00 WIB

Akhir Oktober Libur Panjang, Tetap Waspada Covid-19

Disampaikan Presiden, pasca libur panjang beberapa bulan lalu, terjadi lonjakan kasus COVID-19. Ia mengingatkan agar hal sebut tidak terjadi pada libur panjang dan cuti bersama pada akhir bulan…