Komisi VI: Perkuat Industri Pangan Untuk Penyelamatan Ekonomi

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 02 September 2020 - 13:15 WIB

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI - Aria Bima (Photo by Parlementaria Terkini - DPR)
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI - Aria Bima (Photo by Parlementaria Terkini - DPR)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima menjelaskan bahwa dalam jangka waktu pendek, fokus Pemerintah terhadap upaya penyelamatan ekonomi nasional harus dititikberatkan pada industri pangan. Sebab menurutnya ada perubahan pola pikir masyarakat dalam membelanjakan uangnya yang disebabkan terjadinya pandemi.

Hal tersebut disampaikan politisi PDI-Perjuangan ini ketika memimpin diskusi antara Komisi VI DPR RI dengan para pakar ekonomi membahas upaya penyelamatan ekonomi negara dari dampak pandemi dan resesi di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (31/8/2020).

“Pandemi telah menyebabkan pendapatan masyarakat menurun, hingga akhirnya melemahkan daya beli,” ujar Aria Bima melalui keterangan yang diterima redaksi pada Rabu (2/9).

“Sehingga dengan APBN yang ada mungkin recovery di 2021 kita harus fokuskan pada industri pangan, dan sedikit ke sandang. Anggaran yang ada saat ini hanya untuk stok kesehatan. Nah saya pikir daya beli jatuh, daya beli surut, karena pendapatan masyarakat menurun. Industri juga 30 persen dari sandang, pangan, dan papan yang kira-kira masih bisa laku,” analisa Aria Bima.

Ia mengatakan, saat ini Komisi VI DPR RI masih mencari formula terbaik mengenai asupan yang harus dilakukan Pemerintah untuk aksentuasi dalam upaya recovery jangka pendek. Ia menambahkan roadmap tersebut harus mampu mengikuti kemampuan daya beli masyarakat yang struktur pola pikirnya berubah menjadi bagaimana memenuhi kebutuhan harian dengan pangan.

“Feeding yang paling harus dilakukan Pemerintah untuk aksentuasi dalam recovery jangka dekat ini sedang kita pikirkan roadmap-nya, karena harus mengikuti kemampuan daya beli masyarakat yang tadi kita bahas, bahwa struktur pasarnya berubah jadi soal makan, soal sandang, soal kesehatan. Nah ini yang menurut saya ini penting supaya ada kebijakan-kebijakan khusus ke situ,” jelas Aria.

Legislator dapil Jawa Tengah V itu berharap ada roadmap kedua yang mampu segera diselesaikan Pemerintah sampai pada pertengahan tahun 2021 nanti.

“Tapi dalam waktu jangka dekat ini selain instrumen BUMN kita manfaatkan, privat, sama koperasi yang jadi leading sector kita. Ini yang saya tanyakan, supaya ada penyelamatan ekonomi nasional dari risiko resesi,” tutup Aria.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Dian Takdir Badrsyah (kedua dari kanan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:48 WIB

BSI Gandeng Anak Usaha Jasa Marga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tandatangani nota kesepahaman dengan anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Ilustrasi batubara

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:36 WIB

Kian Kokoh di Ranah Tambang! Anak usaha PT Delta Dunia Raih Kontrak Tambang Batu Bara di Australia

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan), melalui anak perusahaannya di Australia BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia) akan memulai…

(Foto dari kiri ke kanan) Section Head PT Multipolar Technology Tbk Ignasius Oky Yoewono, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk Jip Ivan, dan Department Head Hybrid Database Solution PT Multipolar Technology Tbk Yemmy Sukandar sedang berbincang di sela-sela seminar tentang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Infobank di Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5).

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:25 WIB

Multipolar Technology mengusung solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR sekaligus ke pasar Indonesia

Jakarta-PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan teknologi digital perusahaan di berbagai…

Gedung Bank KB Bukopin

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:58 WIB

KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI, Sentimen Positif Investor Saham

PT. Bank KB Bukopin, Tbk. terus bergerak positif pada lantai bursa. Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.

Jalan Tol Serang-Panimbang

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:40 WIB

Beroperasi 2024, Jalan Tol Serang-Panimbang Permudah Akses Wisata ke Tanjung Lesung

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur…