Realisasi Pertumbuhan Ekonomi Kandas, Penurunan Angka Kemiskinan Lamban

Oleh : Herry Barus | Kamis, 20 Agustus 2020 - 07:30 WIB

Anggota DPR Saadiah
Anggota DPR Saadiah

INDUSTRY.co.id - AmbonAnggota DPR RI Daerah Pemilhan Provinsi Maluku meminta pemerintah memberi perhatian serius untuk menurunkan angka kemiskinan pada wilayah yang selama ini merupakan kantong – kantong kemiskinan di Indonesia. Permintaan ini disampaikan Saadiah ketika mencermati paparan data statistik laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBN Tahun 2019.

Saadiah menyebut ada 16 provinsi di Indonesia yang harus diintervensi dengan kebijakan fokus agar grade kesejahteraan di wilayah tersebut terangkat. Karena angka rerata kemiskinannya di bawah angka nasional.

“Ketimpangan kemiskinan di Indonesia masih besar. Penurunan angka kemiskinan Indonesia terhitung masih sangat lambat. Itu artinya belum banyak rakyat miskin yang terangkat diatas garis kemiskinan”, kata Saadiah di Ambon (Rabu, 19/8/2020).

 

Badan Pusat Statistik ( BPS) catat Saadiah, merilis angka kemiskinan di Indonesia Per Maret 2020 mencapai 9,78%. Jika menggunakan pendekatan pulau, hanya Jawa dan Kalimantan yang angka  kemiskinan komulatifnya di bawah angka kemiskian nasional. “Angka kemiskinan di Pulau Jawa 9,43%, Pulau Kalimantan 5,81%. Bandingkan dengan Maluku dan Papua”, tandas anggota Komisi VII ini.

Di Maluku dan Papua, kemiskinan di perdesaan mencapai 28,28 persen. Di Bali dan Nusa Tenggara mencapai 17,5 persen. “Covid juga memberi sumbangsih, jurang kemiskinan di wilayah timur Indonesia makin melebar”, beber politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS).

Maka menurutnya, negara harus hadir di Indonesia Timur. Melakukan upaya strategis dan sinergis agar mata rantai kemiskinan di Maluku, Papua dan wilayah timur lainnya dapat diturunkan. “Tidak hanya wacana populis. Keterlibatan nyata dibutuhkan. Selain bantuan sosial, perlu dipadu dengan program lintas sektor dari pemerintahan Jokowi”, kata Saadiah.

Ia menilai, beberapa agenda strategis yang selama ini telah disuarakan dari daerah belum mendapat respon wajar dari pemerintah. Padahal jika direalisasi, memberi value manfaat secara ekonomi dan kesejahteraan.

“Saya misalkan, program strategis Lumbung Ikan Nasional  (LIN) di Maluku dan kebijakan khusus untuk daerah kepulauan. Respon masih belum serius dari pemerintah. Padahal jika disetujui, dampaknya luar biasa secara ekonomi dan kesejahteraan bagi daerah’, sentil Saadiah.

Saadiah mensinyalir, ketimpangan kemiskinan di Indonesia juga berkorelasi dengan kandasanya pencapaian target pertumbuhan ekonomi. Ia mengingatkan pemerintah untuk meningkatkan kinerja ekonomi dan tidak merasa puas dengan capaian yang ada.

“Kinerja ekonomi dalam APBN Tahun 2019 hanya mencatat  target pertumbuhan ekonomi  sebesar 5,02 persen. Turun dibanding dengan target yang ditetapkan. Sejak 2015 angka pertumbuhan ekonomi makin terjun. Akibatnya urusan kemiskinan, pengangguran dan ketimpangan pendapatan lamban untuk ditekan..”, kritik Saadiah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bali Trail Running 2022 di Kabupaten Bangli, Bali (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 16 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menparekraf: Bali Trail Running 2022 Tanda Parekraf Bali Kian Bangkit

Menghadiri “Bali Trail Running 2022” di Kabupaten Bangli, Bali, Minggu (15/5/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi event tersebut yang dipercaya…

Pendapatan Bersih tumbuh 106,23%, Segmen Penjualan Unit Alat Berat Tumbuh 135,49%

Senin, 16 Mei 2022 - 17:53 WIB

Dahsyat Tembus 295%, Pertumbuhan Laba Bersih KOBEX pada Triwulan I-2022

Jakarta – PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi, membukukan pencapaian positif pada tiga bulan pertama 2022.

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Senin, 16 Mei 2022 - 17:42 WIB

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Mantan politikus PDIP dan Menteri BUMN Kabinet Gotong Royong, Laksamana Sukardi (LS), menggandeng seniman Harry Tjahjono untuk membuat konten youtube ramah anak.

Destinasi Wisata Cicalengka Dreamland, Bandung, Jawa Barat ( Instagram/@pianpian)

Senin, 16 Mei 2022 - 17:30 WIB

Genjot Pariwisata, Bandung Harus Punya Ciri Khas Sebagai Kota Wisata

Salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut sejumlah tempat wisata yang ada di Ibu Kota Jawa Barat itu perlu memiliki ciri khas yang…

Petugas memeriksa kesehatan mulut Sapi

Senin, 16 Mei 2022 - 16:51 WIB

Untuk Kurban, HPDKI Persiapkan Ternaknya Aman dan Sehat dari PMK

Terkait dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di beberapa kabupaten di Jawa Timur dan di Aceh, Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) gerak cepat mengkoordinasikan seluruh…