Usai Bertemu Jokowi, Menag Kumpulkan Pejabat Eselon I: Serapan Anggaran Akhir September Harus Capai 75%

Oleh : Krishna Anindyo | Senin, 17 Agustus 2020 - 18:15 WIB

Menteri Agama Fachrul Razi
Menteri Agama Fachrul Razi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Agama Fachrul menargetkan akhir September 2020, serapan anggaran Kementerian Agama harus mencapai 75 persen. Untuk itu Menag meminta jajarannya untuk melakukan inovasi program agar dapat mempercepat penyerapan anggaran.

"Kita harus berusaha agar serapan anggaran pada akhir September nanti mencapai 75 persen. Kita perlu melakukan inovasi, untuk mempercepat penyerapan ini," ujar Menag saat melaksanakan Rapat Koordinasi dengan jajaran pejabat eselon I di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta melalui keterangan yang diterima redaksi Industry.co.id pada Senin (17/8/2020).

"Ini sesuai dengan arahan Bapak Presiden saat terakhir bertemu, pada 12 Agustus 2020 lalu," sambung Menag yang didampingi Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi.

Saat pertemuan tersebut, menurut Menag, Presiden meminta jajarannya untuk mempercepat serapan anggaran guna menghindari pertumbuhan ekonomi minus pada triwulan III.

"Kalau pada triwulan II kemarin kan sudah minus. Nah, diupayakan pada triwulan III nanti jangan sampai minus lagi," ujar Menag.

"Bahkan Pak Presiden menyampaikan, 'Sudah lupakan rutinitas. Yang saya inginkan bagaimana agar anggaran segera terserap dan ekonomi masyarakat bergerak'. Jadi jelas, kita harus bersegera. Lakukan inovasi," imbuh Menag mengutip pernyataan Presiden Jokowi.

Menag pun meminta jajarannya untuk melakukan optimalisasi anggaran dengan melakukan relokasi pada sektor yang memiliki dampak langsung pada peningkatan daya beli masyarakat.

"Coba dihitung dengan seksama mana anggaran yang bisa kita relokasi, dan dapat segera terserap," pesan Menag.

Menag menyampaikan, Kemenag merupakan salah satu dari 10 Kementerian/Lembaga yang memiliki anggaran terbesar.

"Alhamdulillah dari pertemuan kemarin, Kemenag berada di posisi keempat dalam hal serapan anggaran. Karena serapannya sudah di atas 50 persen," ujar Menag.

"Tapi jangan lengah. Kita harus terus berpikir akan melakukan apa lagi untuk mempercepat serapan ini. Coba pikirkan ide-ide, sehingga anggaran dapat segera terserap, dan berdampak positif kepada masyarakat," pesan Menag.

Sementara, Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar menyampaikan, berdasarkan aplikasi OM SPAN per tanggal 14 Agustus 2020, jumlah serapan Kementerian Agama telah mencapai 51,79 persen.

"Realisasi anggaran tertinggi dicapai oleh Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (BPJPH) sebesar 85,11% dan terendah Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) sebesar 35, 64%," ujar Nizar.

Nizar menuturkan, untuk mencapai target 75% pada akhir September 2020, diperlukan penyerapan anggaran sebesar 16,6 Triliun atau sebesar 23,63%. "Untuk itu perlu dilakukan optimalisasi anggaran guna percepatan anggaran tahun 2020 ini," pungkas Nizar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Dian Takdir Badrsyah (kedua dari kanan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:48 WIB

BSI Gandeng Anak Usaha Jasa Marga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tandatangani nota kesepahaman dengan anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Ilustrasi batubara

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:36 WIB

Kian Kokoh di Ranah Tambang! Anak usaha PT Delta Dunia Raih Kontrak Tambang Batu Bara di Australia

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan), melalui anak perusahaannya di Australia BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia) akan memulai…

(Foto dari kiri ke kanan) Section Head PT Multipolar Technology Tbk Ignasius Oky Yoewono, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk Jip Ivan, dan Department Head Hybrid Database Solution PT Multipolar Technology Tbk Yemmy Sukandar sedang berbincang di sela-sela seminar tentang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Infobank di Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5).

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:25 WIB

Multipolar Technology mengusung solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR sekaligus ke pasar Indonesia

Jakarta-PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan teknologi digital perusahaan di berbagai…

Gedung Bank KB Bukopin

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:58 WIB

KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI, Sentimen Positif Investor Saham

PT. Bank KB Bukopin, Tbk. terus bergerak positif pada lantai bursa. Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.

Jalan Tol Serang-Panimbang

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:40 WIB

Beroperasi 2024, Jalan Tol Serang-Panimbang Permudah Akses Wisata ke Tanjung Lesung

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur…