Ketua MPR Bamsoet Apresiasi Kehadiran Presiden RI

Oleh : Herry Barus | Jumat, 14 Agustus 2020 - 13:51 WIB

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sidang Tahunan MPR dengan agenda 'Pidato Presiden Dalam Rangka Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara', digelar di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Acara tersebut mendapatkan antusiasme luarbiasa dari para pengunjung sidang, yang sejak pagi sudah tiba di kompleks parlemen.

Sidang tahun ini terasa berbeda. Di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga usai, pelaksanaan sidang menyesuaikan kondisi. Antara lain, pemberlakukan protokol kesehatan yang ketat dan pengaturan jaga jarak. Prosedur kehadiran para anggota MPR, tamu kehormatan dan tamu undanganpun diberlakukan pembatasan menjadi dua kategori yakni kehadiran fisik dan virtual. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) sendiri bersama Presiden RI Joko Widodo yang mengenakan busana adat suku Sabu NTT, Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, tepat pukul 9.00 WIB memasuki Ruang Sidang Paripurna yang telah dihadiri para Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Syariefuddin Hasan, Zulkifli Hasan, Arsul Sani, Fadel Muhammad dan Hidayat Nur Wahid yang hadir secara virtual serta 161 anggota MPR yang hadir secara fisik dan 274 anggota secara virtual.

Hadir pula dalam sidang tersebut para Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri, para Pimpinan lembaga-lembaga negara DPR, DPD, BPK, MA, MK, KY dan para tamu kehormatan yang hadir secara virtual antara lain Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz dan Wakil Presiden ke-11 Boediono.

Terlihat juga hadir para Pimpinan parpol antara lain, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Setelah menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' yang diiringi musik dari Gita Mahaswara Orchestra, tepat pukul 09.03, Ketua MPR sebagai Pimpinan Sidang membuka secara resmi Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2020, sekaligus memberikan pidato pengantar sidang.

Dalam pidatonya, Ketua MPR sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kehadiran secara langsung Presiden dan Wakil Presiden RI dalam penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR.

"Rasa syukur yang mendalam juga patut kami persembahkan, di tengah keprihatinan kita bersama menghadapi bencana nasional pandemi Covid-19 yang berdampak luas terhadap berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, kita masih dapat melaksanakan agenda penting kenegaraan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD, meskipun dengan segala kesederhanaan dan keterbatasan," ujarnya.

Namun, lanjut Bambang Soesatyo, segala keterbatasan tersebut tidak akan mengurangi semangat kenegarawanan semua untuk terus bergotong royong, membangun kebersamaan, dan persatuan di atas pondasi nilai-nilai luhur bangsa, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pendapatan Bersih tumbuh 106,23%, Segmen Penjualan Unit Alat Berat Tumbuh 135,49%

Senin, 16 Mei 2022 - 17:53 WIB

Dahsyat Tembus 295%, Pertumbuhan Laba Bersih KOBEX pada Triwulan I-2022

Jakarta – PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi, membukukan pencapaian positif pada tiga bulan pertama 2022.

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Senin, 16 Mei 2022 - 17:42 WIB

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Mantan politikus PDIP dan Menteri BUMN Kabinet Gotong Royong, Laksamana Sukardi (LS), menggandeng seniman Harry Tjahjono untuk membuat konten youtube ramah anak.

Destinasi Wisata Cicalengka Dreamland, Bandung, Jawa Barat ( Instagram/@pianpian)

Senin, 16 Mei 2022 - 17:30 WIB

Genjot Pariwisata, Bandung Harus Punya Ciri Khas Sebagai Kota Wisata

Salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut sejumlah tempat wisata yang ada di Ibu Kota Jawa Barat itu perlu memiliki ciri khas yang…

Petugas memeriksa kesehatan mulut Sapi

Senin, 16 Mei 2022 - 16:51 WIB

Untuk Kurban, HPDKI Persiapkan Ternaknya Aman dan Sehat dari PMK

Terkait dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di beberapa kabupaten di Jawa Timur dan di Aceh, Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) gerak cepat mengkoordinasikan seluruh…

Perancis Hapus Pajak Progresif, CPO Dalam Negeri Naik

Senin, 16 Mei 2022 - 16:50 WIB

Para pemangku Kelapa Sawit Desak Pemerintah Evaluasi Larangan CPO dan produk turunannya

Jakarta – Sejumlah indikator makro ekonomi Indonesia melemah pada periode April dan Mei tahun ini. Cadangan devisa nasional turun dan nilai tukar rupiah mulai melemah terhadap dolar AS.