Jangan Khawatir! DPR: Investor Boleh Datang, Kita Pastikan Kesejahteraan Pekerja Lokal Terjaga

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:35 WIB

Ilustrasi Pekerja (ist)
Ilustrasi Pekerja (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin saat menerima kunjungan Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) memastikan permasalahan upah minimum yang dituntut para pekerja akan tetap terjaga ditengah maraknya investor asing dan pekerja asing.

Menurutnya masalah upah pekerja lokal dan kepentingan terkait lainnya  terus dimasukkan ke dalam RUU Cipta Kerja yang sedang dibahas DPR.

“Kebijakan upah minimum jangan sampai mengganggu kesejahteraan masyarakat dan pekerja. Investor asing boleh datang, tapi tidak boleh mengganggu pekerja. Itu kita perhatikan. Kepentingan para pengusaha lokal dan soal upah minimum juga terjaga,” ucap Azis kemarin (13/8).

Sementara itu Wakil Ketua MPR Rachmat Gobel ditempat yang sama menyerukan agar para pekerja jangan hanya menuntut upah. 

Sebaiknya yang dituntut adalah skill agar mendapat pendidikan yang layak dari perusahaan. 

menurutnya dengan begitu sejatinya upah pun ikut naik. Karena menaikkan skill berarti juga menaikkan martabat pekerja.

“Di perusahaan saya, karyawan diajarkan berdemonstrasi, karena perusahaan saya joint venture. Yang harus diperjuangkan bukan upah, tapi bagaimana skill naik. Minta hak untuk pendidikan supaya tidak diperintah-perintah. Investor asing datang untuk membangun SDM kita. Dengan ada pendidikan ada skill yang naik. Kalau ada skill, martabat kita ikut naik,” ungkap Rachmat Gobel.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TMMD Ke-109 di Perbatasan Boven Digoel

Rabu, 23 September 2020 - 04:40 WIB

TMMD Ke-109 di Perbatasan Boven Digoel Papua Sesuai Protokol Covid-19

Dimasa pandemi Covid-19, upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020 Kodim 1711/Boven Digoel ditiadakan sesuai dengan Protokol Covid-19 yang selama ini telah dilaksanakan…

Lanud Silas Papare Gandeng PMI Gelar Kegiatan Donor Darah

Rabu, 23 September 2020 - 04:15 WIB

Lanud Silas Papare Gandeng PMI Gelar Kegiatan Donor Darah

Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadispers Lanud Silas Papare Letkol Adm Sunu Sugestino menyampaikan bahwa di masa pandemi Covid-19,…

Direktur Usaha Mikro PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Supari, di diskusi "Mendorong Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi"

Selasa, 22 September 2020 - 23:15 WIB

BRI Ingatkan UMKM Agar Bantuan Presiden Digunakan Buat Modal Usaha

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) mengharapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan Bantuan Presiden (Banpres) untuk hal yang produktif agar usahanya bisa bangkit di era pandemi.

Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/9/2020).

Selasa, 22 September 2020 - 18:57 WIB

Doktor ‘Matematika’ UGM Pimpin Dekopin Jateng, Nurdin Halid: Saya Percaya Sosok Dr. Walid

Jawa Tengah-Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa…

Dropbox sampah kemasan

Selasa, 22 September 2020 - 18:38 WIB

Dukung Indonesia Bebas Sampah, Tiga Perusahaan ini Berkolaborasi Hadirkan Program Dropbox Sampah Kemasan

Aksi kolaborasi ini juga merupakan wujud dukungan sektor swasta terhadap PP RI No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah…