Jangan Khawatir! DPR: Investor Boleh Datang, Kita Pastikan Kesejahteraan Pekerja Lokal Terjaga

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:35 WIB

Ilustrasi Pekerja (ist)
Ilustrasi Pekerja (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin saat menerima kunjungan Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) memastikan permasalahan upah minimum yang dituntut para pekerja akan tetap terjaga ditengah maraknya investor asing dan pekerja asing.

Menurutnya masalah upah pekerja lokal dan kepentingan terkait lainnya  terus dimasukkan ke dalam RUU Cipta Kerja yang sedang dibahas DPR.

“Kebijakan upah minimum jangan sampai mengganggu kesejahteraan masyarakat dan pekerja. Investor asing boleh datang, tapi tidak boleh mengganggu pekerja. Itu kita perhatikan. Kepentingan para pengusaha lokal dan soal upah minimum juga terjaga,” ucap Azis kemarin (13/8).

Sementara itu Wakil Ketua MPR Rachmat Gobel ditempat yang sama menyerukan agar para pekerja jangan hanya menuntut upah. 

Sebaiknya yang dituntut adalah skill agar mendapat pendidikan yang layak dari perusahaan. 

menurutnya dengan begitu sejatinya upah pun ikut naik. Karena menaikkan skill berarti juga menaikkan martabat pekerja.

“Di perusahaan saya, karyawan diajarkan berdemonstrasi, karena perusahaan saya joint venture. Yang harus diperjuangkan bukan upah, tapi bagaimana skill naik. Minta hak untuk pendidikan supaya tidak diperintah-perintah. Investor asing datang untuk membangun SDM kita. Dengan ada pendidikan ada skill yang naik. Kalau ada skill, martabat kita ikut naik,” ungkap Rachmat Gobel.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 19 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menperin Agus Resmikan xEV Center Milik Raksasa Otomotif Asal Jepang di Karawang

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan xEV Center, yang berlokasi di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang 3, Kamis (19/5/2022).

DR. Basuki Ranto, Dewan Pakar ICMI

Kamis, 19 Mei 2022 - 18:55 WIB

Perekonomian Daerah Nyata Bergerak Naik Dampak Mudik Lebaran

Jakarta-Masyarakat gegap-gempita melakukan mudik lebaran 2022, setelahdianya akses mudik tahun ini juga disinyalir mendorong perekonomian daerah.

Changemakers Nusantara Day

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:52 WIB

Changemakers Nusantara Day: Pertemuan Akbar Ribuan Pembawa Perubahan Tanah Air

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi nirlaba pembawa perubahan bagian dari Grup GoTo, menggelar Changemakers Nusantara Day untuk merayakan keberhasilan ribuan pembawa perubahan yang telah…

PLN (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:43 WIB

PLN Batam Setop Rencana Ekspor Listrik ke Singapura

PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (PLN Batam) menghentikan rencana ekspor listrik ke Singapura. Hal tersebut diutarakan Komisaris PT PLN Batam Rizal Calvary Marimbo di Jakarta, kemarin usai…

Tugu Insurance

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:39 WIB

Laba Meningkat, Tugu Insurance Tebar Dividen Sebesar Rp 126,6 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2022 menyetujui pemberian dividen sebesar Rp 126.592.140.666…