Ketua DPR RI Puan Maharani Desak Pemerintah Tingkatkan Penanganan Covid-19

Oleh : Herry Barus | Jumat, 14 Agustus 2020 - 08:45 WIB

Ketua DPR Dr (HC) Puan Maharani
Ketua DPR Dr (HC) Puan Maharani

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Ketua DPR RI Dr.  (H.C.) Puan Maharani akan berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR-DPD RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Dalam Sidang Tahunan ini, DPR RI menjadi tuan rumah. Puan memastikan akan kembali mendorong Pemerintah meningkatkan penanganan pandemi virus Corona (Covid-19).

“DPR sangat fokus mendorong Pemerintah meningkatkan penanganan Covid-19 dan dampaknya. Kami sampaikan ini sebagai bagian dari fungsi pengawasan yang dimiliki DPR," kata Puan, melalui pernyataan tertulis yang diterima wartawan Ibu KotaJumat (14/8/2020)

 “Tentu tidak hanya DPR, melainkan semua pihak berharap Pemerintah bisa bertindak secara efektif, sigap, dan terpadu untuk memperkuat penanganan di bidang kesehatan, perlindungan sosial, pemulihan ekonomi, serta pelayanan publik,” ucap politisi perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI tersebut.

 Bukan kali ini saja politisi PDI-Perjuangan itu memberi catatan terkait upaya Pemerintah menangani penyebaran dan dampak pandemi Covid-19 di Indonesia. Saat menutup Masa Persidangan IV DPR tahun 2019-2020 pada pertengahan Juli lalu, Puan juga menyampaikan hal serupa dan meminta Pemerintah mempercepat penyerapan anggaran untuk penanggulangan pandemi Covid-19.

 “Melalui fungsi pengawasan AKD DPR RI, terdapat berbagai catatan yang perlu mendapatkan perhatian Pemerintah agar meningkatkan kinerja penanganan Covid-19 dan dampaknya. Catatan-catatan tersebut antara lain mempercepat efektivitas penyerapan anggaran penanganan Covid-19, khususnya di bidang kesehatan, perlindungan sosial, dukungan sektoral pemda, serta dukungan UMKM," ujar Puan kala itu dalam pidatonya.

 Adapun agenda Sidang Tahunan MPR RI kali ini digelar bersamaan dengan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI serta Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam menyampaikan RAPBN 2021. Sidang akan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19. Rencananya, Sidang Tahunan MPR RI akan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

 Acara akan dilanjutkan dengan pembukaan Sidang Tahunan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan dilanjutkan dengan Sidang Bersama DPR dan DPD RI yang dibuka oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Keseluruhan agenda sidang ini dijadwalkan berlangsung hingga pukul 11.00 WIB dan kemudian akan dilanjutkan dengan Pidato Nota Keuangan Pemerintah dalam rangka RAPBN 2021 pada pukul 14.00-16.00 WIB.

Sementara itu setelah istirahat salat Jumat, mulai pukul 14.00 WIB, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato kedua dalam rangka penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2021 beserta Nota Keuangan.

Sebagai informasi, pelaksanaan sidang kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena digelar pada saat pandemi Covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Isolasi RS Covid-19 Pulau Galang di Batam

Sabtu, 19 September 2020 - 09:00 WIB

Gedung Isolasi RS Covid-19 Pulau Galang yang Dibangun Waskita Aman dari Terjangan Puting Beliung

PT Waskita Karya (Persero) Tbk memastikan bangunan yang dikerjakan di RS Covid-19 Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau aman dari terjangan angin puting beliung. Seperti diketahui, Waskita mengerjakan…

Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan melakukan penataan akses masuk truk petikemas

Sabtu, 19 September 2020 - 08:00 WIB

TPK Belawan Lakukan Penatan Akses Masuk Terminal Tingkatkan Layanan

TPK Belawan melakukan penataan akses masuk mulai tanggal 20 Agustus 2020 dan sudah disosialisasikan terlebih dahulu ke Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) dan Asosiasi Logistik dan Forwarder…

Marines Cycling Community Rutin Tingkatkan Imunitas Tubuh

Sabtu, 19 September 2020 - 06:00 WIB

Marines Cycling Community Rutin Tingkatkan Imunitas Tubuh

Marines Cycling Community (MCC) atau komunitas bersepeda Korps Marinir TNI AL dibawah pimpinan Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) bersama-sama lawan Covid…

Sabtu, 19 September 2020 - 05:30 WIB

Atlet Dayung Korps Marinir Tinngkatkan Kemampuan Jelang Seleksi PON Papua

Pelatih dayung Marwiltim Sertu Marinir Ramijo mengatakan penjaringan atlet ini sangat penting untuk kaderisasi dan regenerasi dalam meningkatkan prestasi pedayung agar tidak kehabisan stok.…

Patroli Kewaspadaan Sungai dan Rawa Oleh Prajurit Yonif 5 Marinir Malang

Sabtu, 19 September 2020 - 05:00 WIB

Patroli Kewaspadaan Sungai dan Rawa Oleh Prajurit Yonif 5 Marinir Malang

Kegiatan latihan yang dipimpin Komandan Kompi Latihan Jaguar Yonif 5 Marinir Letda Marinir Mardian tersebut merupakan program pembinaan yang dilaksanakan Brigif 2 Marinir yaitu latihan Satuan…