Waduh! Stimulus Kredit Modal Kerja Sepi Peminat, Ko Bisa?

Oleh : Ridwan | Rabu, 12 Agustus 2020 - 16:45 WIB

Iluistrasi stimulus modal kerja
Iluistrasi stimulus modal kerja

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meminta kalangan untuk aktif berkomunikasi dengan sektor perbankan untuk dapat mengakses kredit modal kerja yang dijamin Pemerintah. 

Ia pun menyebut bahwa saat ini baru sekitar 15-20 persen pengusaha yang mulai kembali ajukan kredit.

Pemerintah mencatat realisasi insentif fiskal dalam mendorong kredit modal kerja korporasi tercatat masih nol persen hingga awal Agustus ini. 

Menko Airlangga menjelaskan bahwa pihaknya telah banyak menyiapkan stimulus bagi dunia usaha untuk memperbaiki kondisi ekonomi. Namun, dalam realisasinya masih minim antusiasme dari kalangan pengusaha. 

"Bahkan laporan perbankan menyebutkan baru sekitar 15-20 persen pengusaha yang membuka kembali komunikasi untuk mendapatkan kredit modal kerja baru saat ini," katanya saat membuka rapat kerja Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ecara virtual di Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Sebelumnya, Pemerintah memberikan penjaminan kredit modal kerja bagi korporasi melalui 15 Bank umum dengan target realisasi kredit molda kerja mencapai Rp100 triliun hingga 2021. 

Airlangga pun berharap sektor usaha mulai bangkit di kuartal III-2020 dan Indonesia bisa terhindar dari resesi ekonomi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Luhut Binsar Pandjaitan (ist)

Sabtu, 19 September 2020 - 10:20 WIB

Masyarakat Diminta Siap-siap! Menko Luhut Sebut Tiga Bulan Kedepan Indonesia Alami Masa Krisis

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, tiga bulan ke depan merupakan masa kritis.

Acara Focus Group Discussion

Sabtu, 19 September 2020 - 10:15 WIB

DD Jabar Usung Gagasan Pemberdayaan Perempuan Di Desa Ekowisata Halal Kabupaten Bandung

Andriansyah menyampaikan gagasan dan peran Dompet Dhuafa Jabar dalam Pemberdayaan Wirausaha Perempuan di Desa Indragiri Kabupaten Bandung, program Desa Ekowisata Halal Kabupaten Bandung.

Ilustri Industri Farmasi

Sabtu, 19 September 2020 - 10:10 WIB

Kemenperin Genjot Kinerja Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil di Tengah Pandemi

Kementerian Perindustrian terus memacu kinerja industri kimia, farmasi dan tekstil (IKFT) agar mampu memberikan kontribusi signfikan bagi perekonomian nasional. Untuk itu, diperlukan koordinasi…

Makassar New Port

Sabtu, 19 September 2020 - 09:58 WIB

Sesuai AMDAL, Pelindo IV Tegaskan Pembangunan MNP Fokus Mitigasi Lingkungan

Mitigasi terhadap lingkungan sekitar MNP yang dibuat oleh perseroan yaitu dengan memasang silt curtain untuk meminimalkan pencemaran dan mencegah kekeruhan air laut saat konstruksi berlangsung.…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (dok INDUSTRY.CO.ID)

Sabtu, 19 September 2020 - 09:47 WIB

Menperin Agus: Industri Otomotif Bakal Melesat di Semester II

Menteri Perindusterian Agus Gumiwangterus memacu kinerja industri otomotif di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19. Hal ini agar sektor strategis tersebut dapat kembali tumbuh memberikan kontribusi…