Kemenkop UKM Berikan Layanan Publik Terintegrasi

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 20 April 2017 - 13:08 WIB

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Agus Muharram (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)
Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Agus Muharram (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan layanan publik untuk mendapatkan segala infromasi terkait koperasi dan UKM yang tersedia melalui PPID dan layanan  unit lainnya di Kementerian Koperasi dan UKM.  

"Dalam rangka meningkatkan fungsi layanan publik di bidang koperasi dan UKM, Kemenkop dan UKM telah memantapkan unit unit layanan informasi tentang perkoperasian dan UKM yang meliputi kelembagaan, pembiayaan, restrukturisasi usaha, SDM, produksi dan pemasaran serta pengawasan,” kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram, dalam keterangan resminya, Kamis (20/4/2017).

Layanan melalui PPID dan call center adalah layanan bersifat lebih umum kepada masyarakat yang membutuhkan informasi yang lebih cepat.

Agus menjelaskan fungsi layanan publik Kemenkop UKM mengacu kepada fungsi dan tugas  Kementerian yang tertuang dalam Perpres No, 62 Tahun 2015 yang menegaskan fungsi perumusan kebijakan, koordinasi dan layanan yang sifatnya mandatori mengikat. Layanan mandatory oleh Kemenkop UKM adalah layanan yang bersifat kelembagaan seperti pemberian izin badan hukum koperasi, pemberian ijin usaha simpan pinjam, perubahan anggaran dasar koperasi, dan pengawasan koperasi. 

Adapun layanan unit lainnya  adalah layanan terkait informasi kebijakan dan program yang merupakan hasil dari koordinasi dengan kementerian/lembaga antara lain i formasi tentang Izin Usaha Menegah dan Kecil, kewirausahaan, fasilitasi hak cipta, KUR,  layanan dana bergulir,  serta pendampingan.

“Layanan tersebut dapat diperoleh secara mendatangi desk-desk layanan publik di Kemenkop UKM secara  langsung melalui website yang sudah disediakan,” tambah Agus.

Agus menegaskan semua layanan tersebut sudah terintegrasi dengan tujuan mempermudah pelaku UMKM, koperasi dan masyarakat yang ingin mendapatkan segala informasi detail dan terkini terkait koperasi dan UKM. Masyarakat dapat mengakses layanan secara online www.ppid.depkop.go.id melalui atau call center 021-1500587.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…