Tiga Pesan Haru Doni Monardo untuk 30 Ribu Relawan: Saya Minta Jangan Lupa Berdoa, Makan Cukup dan Saling Menghibur Diri

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 08 Agustus 2020 - 11:10 WIB

Ketua Satuan Tugas Covid19 Doni Monardo dan Perwakilan Relawan
Ketua Satuan Tugas Covid19 Doni Monardo dan Perwakilan Relawan

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Penanganan COVID-19 tidak terlepas dari peran besar (suka) relawan yang tersebar di tanah air. Lebih dari 30 ribu relawan sebagai kekuatan pentaheliks mengabdi untuk mengalahkan pandemi yang masih terjadi di tengah masyarakat. 

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyampaikan tiga pesan mendalam kepada para relawan di Jakarta belum lama ini.

Pertama, relawan diharapkan untuk membantu upaya pengurangan dan pencegahan penularan COVID-19 di masyarakat. 

"Kita harus mengajak setiap orang untuk mempengaruhi dua orang setiap harinya supaya menerapkan protokol kesehatan," kata Doni.

Menurutnya, langkah ini akan bisa mengimbangi potensi penularan yang terjadi di masyarakat dan bahkan memutus rantai penularan virus SARS-CoV-2.

"Ini cara kita membantu para dokter dan tenaga medis," ujar Doni. 

Doni mengatakan, masalah COVID-19 tidak bisa hanya dari pemerintah. Masalah COVID-19 bukan hanya urusan medis atau kesehatan. 

"Kalau kita masih menempatkan Covid sebagai masalah kesehatan, maka kita sama halnya dengan memberikan ruang kepada masyarakat untuk masuk dan dirawat di rumah sakit," tambahnya. 

Akibatnya akan banyak rumah sakit yang dampaknya dokter dan tenaga kesehatan akan kelelahan, waktu dihabiskan di rumah sakit untuk menangani pasien. Mereka bisa kehilangan imunitas karena menghadapi pasien dan pada akhirnya terpapar atau terinfeksi virus penyebab COVID-19. 

"Persentase dokter yang wafat di Indoensia termasuk banyak. Sebisa mungkin mereka ini menjadi benteng terakhir," ucapnya. 

Lalu yang kedua, Doni mengharapkan para relawan untuk membantu dalam pemetaan persoalan yang terjadi di daerah. 

Ia mencontohkan langkah untuk mengisi kesenjangan yang belum optimal dilakukan oleh satgas daerah. 

Seperti yang terjadi di tengah masyarakat, masih ada warga di daerah yang menganggap Covid ini tidak ada, Covid ini sebagai suatu konspirasi atau menganggap Covid tidak bahaya. 

Doni menyampaikan, upaya untuk melakukan kolaborasi untuk merangkul potensi yang ada di masyarakat, seperti pelibatan tokoh pemuda, ulama atau pun tokoh budaya. Ia menekankan pentingnya kehadiran satgas daerah hingga lingkup terkecil, yakni RT atau  RW. 

"Maka ini akan menciptakan sebuah ketahanan nasional yang kuat, tidak hanya bidang kesehatan," ujarnya.

Terakhir ketiga, Doni berpesan kepada relawan untuk menjaga kesehatan. Menurutnya pandemi ini belum dapat diketahui kapan akan berakhir sebelum obat atau vaksin dapat ditemukan. 

"Saya meminya para relawan untuk makan cukup dan tidak lupa untuk menghibur diri  serta yang terpenting tidak lupa berdoa agar selalu diberikan kekuatan dari Tuhan YME," pungkas Doni. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito

Rabu, 23 September 2020 - 09:35 WIB

Mohon Dicatat, Pemerintah Tak Akan Mentolerir Aktivitas Politik yang Berpotensi Tingkatkan Penularan COVID-19

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyatakan, soal protokol kesehatan selama pilkada telah dijamin Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui peraturan No. 6 dan No. 10 Tahun…

Ketua DPR RI - Puan Maharani

Rabu, 23 September 2020 - 09:15 WIB

Pandemi Covid-19, Ketua DPR Apresiasikan Lonjakan Aktivitas Olahraga Pada Masyarakat

Puan meminta Pemerintah merespons tingginya minat berolahraga masyarakat dengan memfasilitasi sarana berolahraga yang memadai, aman, dan nyaman.

Pupuk Indonesia

Rabu, 23 September 2020 - 08:59 WIB

Pupuk Indonesia Siapkan Pasokan Pupuk Jelang Musim Tanam

Para produsen pupuk yang terdiri dari PT Pupuk Kaltim, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kujang, PT Pupuk Iskandar Muda dan PT Pupuk Sriwidjaja telah menyiapkan total stok pupuk bersubsidi yang…

Mappilu PWI Kunjungi Kapolri yang Diwakili Asops Kapolri, Irjen. Pol. Imam Sugianto, M.Si. di Mabes Polri

Rabu, 23 September 2020 - 08:45 WIB

Mappilu PWI Minta Ketegasan Polri Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan Pilkada 2020

'Roadshow’ ini dalam rangka persiapan diskusi yang dilatar belakangi oleh gelaran Pilkada Serentak 2020 yang oleh banyak kalangan diminta untuk ditunda meski oleh Pemerintah dan DPR ditetapkan…

Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

Rabu, 23 September 2020 - 08:20 WIB

Merinding! Ini Pidato Jokowi dalam Sidang Majelis Umum PBB

Presiden Joko Widodo memberikan pidato pertama dalam Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara virtual.