PHRI Bali Harapkan Zonasi Pembangunan Hotel

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 19 April 2017 - 14:23 WIB

Ilustrasi Hotel di Bali (Andrew Brownbill/Getty Images)
Ilustrasi Hotel di Bali (Andrew Brownbill/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Gianyar - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali mengharapkan adanya zonasi pembangunan hotel karena jumlah akomodasi terus bertambah tetapi tidak sebanding dengan wisatawan yang datang.

Ketua PHRI Bali Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati dalam rapat kerja daerah perhimpunan itu di Ubud, Kabupaten Gianyar, Selasa (18/4/2017)  mengungkapkan topik zonasi pembangunan perhotelan itu menjadi pembahasan dalam pertemuan tahun ini dan akan dibawa ke pertemuan tingkat nasional untuk dicarikan solusi.

Menurut dia, ketidakseimbangan antara jumlah akomodasi dengan wisatawan yang datang tersebut menimbulkan perebutan pasar sehingga menyebabkan pelaku perhotelan banting harga dan berpengaruh terhadap harga kamar yang semakin menurun.

Pria yang akrab disapa Cok Ace itu mengatakan banyaknya akomodasi hingga hotel non-bintang dan hotel murah memberi dampak pada penurunan hotel berbintang yang diprediksi hingga 5-8 persen.

"Ini akibat dari tidak terkontrolnya pembangunan akomodasi, kemudian tidak ada zonasi, sehingga semuanya tidak tertata dengan baik," ucapnya.

Cok Ace berharap pemerintah bisa mempertimbangkan dan mengajak asosiasi, khususnya dalam penentuan atau pengeluaran izin akomodasi baru, sehingga pembangunan itu terkontrol dan pertumbuhan pariwisata Bali merata dengan tingkat okupansi hotel semakin membaik.

Selain terkait zonasi, beberapa isu yang dibahas pada pertemuan itu di antaranya peraturan tenaga kerja kontrak dan perkembangan pariwisata Bali terkini. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jembatan Way Mesuji A

Kamis, 20 Juni 2019 - 20:39 WIB

Ini Perkembangan Penanganan Kerusakan Lantai Jembatan Way Mesuji A

Pada hari Rabu tanggal 19 Juni 2019, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XIX Bandar Lampung, Ditjen Bina Marga telah berhasil…

Pemilik Bank Bali, Rudy Ramli

Kamis, 20 Juni 2019 - 20:02 WIB

Pemilik Bank Bali: Stop Penjualan Saham Bank Permata Tbk

Usaha pemindahan kepemilikan saham Bank Permata milik Standard Chartered Bank (SCB), sangat diharapkan dilakuan secara transparan.

Lauren Sulistiawati, Presiden Direktur Bank Commonwealth (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 20 Juni 2019 - 20:00 WIB

Mercy Corps Indonesia, Bank Commonwealth dan Mastercard Bantu Perempuan Pengusaha

PT Bank Commonwealth (Bank Commonwealth) dan Mastercard hari ini kembali memperkuat komitmennya dalam membantu perempuan pengusaha UMKM di Indonesia untuk menumbuhkan bisnisnya dengan meluncurkan…

Singapore Airlines (ist)

Kamis, 20 Juni 2019 - 19:38 WIB

Bulan Mei 2019, Jumlah Penumpang SIA Group Meningkat Sebesar 8,0 Persen

Tingkat keterisian penumpang (PLF) mengalami peningkatan sebesar 0,9% poin persentase menjadi 80,5%.

APP Sinar Mas

Kamis, 20 Juni 2019 - 19:17 WIB

Terapkan Manajamen Terintegrasi, APP Sinar Mas Turunkan Angka Kebakaran di Konsesi Hingga Hampir Nol

Saat ini, hanya 0,07% dari seluruh area konsesi pemasoknya yang masih terdampak api akibat pembakaran ilegal oleh pihak ketiga.