Sejumlah Fasilitas Infrastrutur Harus Diperbaiki Dampak Gempa Maluku

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 Agustus 2020 - 15:00 WIB

Sejumlah Fasilitas Infrastrutur Harus Diperbaiki Dampak Gempa Maluku
Sejumlah Fasilitas Infrastrutur Harus Diperbaiki Dampak Gempa Maluku

INDUSTRY.co.id - Ambon - Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Wetipo bersama Staf Ahli Menteri Bidang Keterpaduan Pembangunan dan Satuan Tugas Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Kementerian PUPR melakukan kunjungan kerja guna meninjau infrastruktur pasca gemba di Ambon, Maluku, Senin (27/7/2020).

Wamen PUPR bersama rombongan disambut oleh jajaran pimpinan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Maluku, seperti Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Maluku Muhammad Marasabessy, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Maluku Ir. Jon Sudiman Damanik, Kepala Balai Cipta Karya Abdul Halil Kastella, Kepala Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan Maluku Ir. Yones Yubilia Biring.

Adapun maksud dan tujuan dari kunjungan Wakil Menteri PUPR ini adalah untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap infrastruktur yang ada di Maluku terksusunya di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah pasca bencana gempa bumi yang terjadi pada September tahun 2019 lalu.

Wamen PUPR dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Desa Tulehu Kabupaten Maluku Tengah. Di Desa Tulehu, Wamen melakukan kunujungan di dua lokasi, yakni Pasar Tulehu dan Rumah Sakit Tulehu. Di pasar Tulehu, Wamen berkesempatan meninjau pembangunan renovasi pasar Tulehu. Dimana pasca gempa berkekuatan 6.5 Sr yang melanda Kabupaten Maluku Tengah, Kota Ambon dan sekitarnya beberapa waktu lalu sehingga mengakibatkan kerusakan infrastruktur yang ada di Maluku terkususnya pasar Tulehu.

Selain itu, Wamen berserta rombongan juga meninjau rumah sakit umum daerah (RSUD) Tulehu. Berbeda dengan pasar Tulehu, rumah sakit ini baru saja selesai dilakukan renovasi pasca gempa.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dr. Meikyal Pontoh, M.Kes menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kementerian PUPR yang turut mengambil bagian dalam renovasi rumah sakit tersebut.

“Terimakasih atas bantuan Kementerian PUPR dalam pekerjaan renovasi RSUD dr.H.Ishak Umarella Tulehu ini. Sekarang rumah sakit sudah dioperasikan setelah sebelumnya dilakukan renovasi pasca benca gempa beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Setelah dari RSUD Tulehu, Wamen bersama rombongan kemudian meninjau beberapa sekolah yang ada di Kota Ambon salah satunya SD Negeri 91 yang berada di Desa Waiheru. Dan diakhir kunjungannya, Wamen mendatangi Kampus IAIN Ambon untuk meninjau progres pembangunan gedung rektorat IAIN yang sementara direnovasi pasca gempa bumi.

“Kegiatan pembangunan infrastruktur pasca gempa di Ambon merupakan komitmen pemerintah pusat yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR demi kepentingan rakyat. Saya mengucapkan terimakasih kepada teman-teman Balai-Balai yang ada di Provinsi Maluku yang telah mengerjakan pekerjaan renovasi rumah sakit ini tuntas 100 persen,” terangnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas

Jumat, 18 September 2020 - 19:43 WIB

Gandeng Jembatan Emas, BUMN Askrindo Sasar Asuransi Kredit Fintech

Jakarta–PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas.

Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali

Jumat, 18 September 2020 - 19:27 WIB

Gairahkan Kembali Pariwisata Bali, Perempuan-Perempuan Cantik Ini Kampanyekan Bali I Miss U

Bali-Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali. Hal ini juga mempengaruhi Perekonomian Nasional karena…

Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) gellar online training

Jumat, 18 September 2020 - 19:20 WIB

Tingkatkan Kualitas di Masa Pandemi, Yanmar Diesel Indonesia Gelar Online Training untuk Teknisi dan Dealer

Demi terus meningkatkan kemampuan para personel PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) mengadakan online training sebagai alternatif pelatihan secara tatap muka. Disaat yang sama, YADIN juga terus…

Deputi Bidang Pengawasan KemenkopUKM Ahmad Zabadi

Jumat, 18 September 2020 - 18:15 WIB

LPS Koperasi Diusulkan Masuk RUU Cipta Kerja

Kementerian Koperasi dan UKM sedang memperjuangkan masuknya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Koperasi pada RUU Cipta Kerja.

Rahmad Darmawan Pelatih Madura United FC

Jumat, 18 September 2020 - 18:00 WIB

Coach RD Perlu Striker Perkuat Madura United

Tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab mengalami krisis di sektor striker sejak dipinjamkannya striker andalan mereka Alberto “Beto” Goncalves ke tim Liga 2, Sriwijaya FC dan Greg Nwokolo yang…