Sejumlah Fasilitas Infrastrutur Harus Diperbaiki Dampak Gempa Maluku

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 Agustus 2020 - 15:00 WIB

Sejumlah Fasilitas Infrastrutur Harus Diperbaiki Dampak Gempa Maluku
Sejumlah Fasilitas Infrastrutur Harus Diperbaiki Dampak Gempa Maluku

INDUSTRY.co.id - Ambon - Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Wetipo bersama Staf Ahli Menteri Bidang Keterpaduan Pembangunan dan Satuan Tugas Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Kementerian PUPR melakukan kunjungan kerja guna meninjau infrastruktur pasca gemba di Ambon, Maluku, Senin (27/7/2020).

Wamen PUPR bersama rombongan disambut oleh jajaran pimpinan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Maluku, seperti Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Maluku Muhammad Marasabessy, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Maluku Ir. Jon Sudiman Damanik, Kepala Balai Cipta Karya Abdul Halil Kastella, Kepala Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan Maluku Ir. Yones Yubilia Biring.

Adapun maksud dan tujuan dari kunjungan Wakil Menteri PUPR ini adalah untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap infrastruktur yang ada di Maluku terksusunya di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah pasca bencana gempa bumi yang terjadi pada September tahun 2019 lalu.

Wamen PUPR dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Desa Tulehu Kabupaten Maluku Tengah. Di Desa Tulehu, Wamen melakukan kunujungan di dua lokasi, yakni Pasar Tulehu dan Rumah Sakit Tulehu. Di pasar Tulehu, Wamen berkesempatan meninjau pembangunan renovasi pasar Tulehu. Dimana pasca gempa berkekuatan 6.5 Sr yang melanda Kabupaten Maluku Tengah, Kota Ambon dan sekitarnya beberapa waktu lalu sehingga mengakibatkan kerusakan infrastruktur yang ada di Maluku terkususnya pasar Tulehu.

Selain itu, Wamen berserta rombongan juga meninjau rumah sakit umum daerah (RSUD) Tulehu. Berbeda dengan pasar Tulehu, rumah sakit ini baru saja selesai dilakukan renovasi pasca gempa.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dr. Meikyal Pontoh, M.Kes menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kementerian PUPR yang turut mengambil bagian dalam renovasi rumah sakit tersebut.

“Terimakasih atas bantuan Kementerian PUPR dalam pekerjaan renovasi RSUD dr.H.Ishak Umarella Tulehu ini. Sekarang rumah sakit sudah dioperasikan setelah sebelumnya dilakukan renovasi pasca benca gempa beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Setelah dari RSUD Tulehu, Wamen bersama rombongan kemudian meninjau beberapa sekolah yang ada di Kota Ambon salah satunya SD Negeri 91 yang berada di Desa Waiheru. Dan diakhir kunjungannya, Wamen mendatangi Kampus IAIN Ambon untuk meninjau progres pembangunan gedung rektorat IAIN yang sementara direnovasi pasca gempa bumi.

“Kegiatan pembangunan infrastruktur pasca gempa di Ambon merupakan komitmen pemerintah pusat yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR demi kepentingan rakyat. Saya mengucapkan terimakasih kepada teman-teman Balai-Balai yang ada di Provinsi Maluku yang telah mengerjakan pekerjaan renovasi rumah sakit ini tuntas 100 persen,” terangnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).