Menaker Ida: Kawasan Industri KIIC Jadi Garda Terdepan Gerakan Pekerja Sehat

Oleh : Nata Kesuma | Kamis, 30 Juli 2020 - 15:55 WIB

Menaker Ida dan Direktur KIIC Sanny Iskandar
Menaker Ida dan Direktur KIIC Sanny Iskandar

INDUSTRY.co.id - Karawang, Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah dalam lawatannya ke Kawasan Industri (Karawang Internasional Industrial City) meminta perusahaan-perusahaan industri di dalam Kawasan agar menerapkan Gerakan Pekerja Sehat (GPS) sebagai salah satu upaya meminimalisir dan mencegah persebaran COVID-19 di tempat kerja. 

Ida beralasan bahwa pandemi COVID-19 tidak hanya menjadi masalah Kesehatan, namun juga berdampak pada bidang sosial dan ekonomi, termasuk bidang Ketenagakerjaan yang memengaruhi keberlangsungan usaha dan mengganggu produktivitas serta mengakibatkan pemutusan hubungan kerja (PHK). 

GPS sendiri diselenggarakan dalam rangka mendorong perusahaan-perusahaan industri di dalam Kawasan industri peduli Penyakit Akibat Kerja (PAK) sekaligus meningkatkan derajat Kesehatan pekerja 

dengan produktivitas optimal, termasuk upaya mencegah dan mengendalikan penularan COVID-19 di tempat kerja.

"Saya berharap kawasan industri KIIC menjadi bagian garda terdepan untuk membangun pekerja sehat. Kawasan-kawasan industri lain juga harus melaksanakan hal serupa," ucap Menaker saat menghadiri penyuluhan K3 pada tempat kerja dan Kawasan Industri Peduli Penyakit Akibat Kerja (PAK) di Kawasan Industri KIIC, pada Rabu (29/7). 

Sementara itu, Direktur Kawasan Industri KIIC, Sanny Iskandar mengapresiasi dorongan dan perhatian Kementerian Tenaga Kerja dalam hal ini Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah kepada pengelola kawasan industri dan pekerja industri agar tetap bekerja secara produktif tanpa melupakan penerapan protokol kesehatan.

Menurut Sanny, pengelola Kawasan industri terus mendorong dan memantau pelaksanaan protokol Kesehatan di perusahaan-perusahaan/tenant melalui pengaturan jaga jarak di area kerja dan  pemberlakuan Work From Home (WFH).

"Selain itu, kami juga menyediakan area cuci tangan di area gedung, mewajibkan karyawan dan tamu menggunakan masker, hand sanitizer, pemeriksaan suhu tubuh, termasuk pemeriksaan Rapid secara mandiri oleh perusahaan," jelas Sanny yang juga merupakan Ketua APINDO Bidang Properti dan kawasan Ekonomi.

Ditambahkan Sanny, untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik, pihaknya rutin berkeliling ke beberapa industri dan pabrik yang ada di dalam area Kawasan KIIC. 

"Mereka (tenant dan pekerja-red) semua telah melaksanakan protokol kesehatan," ujarnya.

"Dan untuk diketahui, di KIIC yang terdapat 160 perusahaan atau industri belum ada yang positif Covid-19," pungkas Sanny.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…