EKI Dance Co- Kalyana Shira Films Pentaskan Musikal Lutung Kasarung

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 Juli 2020 - 14:00 WIB

EKI Dance Co- Kalyana Shira Films Pentaskan Musikal Lutung Kasarung
EKI Dance Co- Kalyana Shira Films Pentaskan Musikal Lutung Kasarung

INDUSTRY.co.id - Jakarta- EKI  Dance Company dan Kalyana Shira Films terilbat di dalam proses pembuatan Musikal Lutung Kasarung persembahan dari Boow Live dan IndonesiaKaya.com. Musikal ini di sutradarai oleh Rusdy Rukmarata dan Nia Dinata, naskah dikerjakan Titien Wattimena dan Nia Dinata, musik oleh Oni Krisnerwinto, diproduseri oleh Bayu Pontiagust.

Dengan pemain utama adalah Beyon Destiano, Ara Ajisiwi, Nala Amrytha, Gusty Pratama dan penari dari EKI Dance Co.  Musikal ini akan tayang secara  online di kanal YouTube Indonesia Kaya pada tanggal 27 Agustus 2020 pukul 20.00 WIB.

EKI Dance Company adalah grup tari yang konsisten mementaskan pertunjukan jenis musikal sejak  tahun 1996, sudah puluhan judul yang dipentaskan dengan penjualan habis tiketnya pada setiap pergelaran. Di masa pandemi seperti ini, tidak membuat EKI Dance  Company berhenti. Dengan pementasan Musikal Lutung Kasarung secara online via youtube makin membuat penonton dari mana saja berkesempatan untuk ikut menyaksikan. Musikal Lutung Kasarung mengetengahkan kisah cinta dengan latar belakang  kutukan yang menerpa sebuah kerajaan.

Menurut Rusdy Rukmarata, menyutradarai musikal ini memiliki tantangan yang beda, dari menangani sejumlah musikal lainnya. “Musikal ini sejak awal dibuat untuk ditayangkan secara online, bukan dipentaskan secara live di sebuah gedung pertunjukan. Hal ini menuntut koreografi serta bloking teater tetap menjadi menarik kala disaksikan sambil rebahan sekalipun” katanya.

Untuk itu, Musikal Lutung Kasarung juga disutradarai oleh Nia Dinata, ”Pengalaman menyaksikan musikal ini dijamin akan menggugah emosi dan juga menjadi pengalaman unik di masa pandemi, lebih dari menonton pertunjukan di panggung“, katanya.

Selain itu, tantangan juga ditemui salah satu penggarap naskah, yakni Titien Wattimena, “Lutung Kasarung adalah cerita rakyat yang bisa jadi belum terlalu akrab buat penonton masa kini, namun berkat kerjasama semua pihak, dalam garapan musikal ini akan mampu disukai juga oleh anak-anak milenial “kata Titien. Bayu Pontiagust pun sebagai produser eksekutif mengatakan, “#musikaldirumahaja merupakan project membuka kebaikan hati bagi tim terlibat untuk sama-sama berkarya, dan membuka jendela untuk industri musikal di Indonesia”.

Musikal Lutung Kasarung adalah bagian dari program #MusikalDiRumahAja yang digagas Boow Live dan IndonesiaKaya.com. Selain Musikal Lutung Kasarung, juga ada Timun Mas, Rara Jonggrang, Malin Kundang dan Sangkuriang. Usaha untuk mengangkat kembali cerita rakyat ini    merupakan hasil kerja sama dengan sejumlah pekerja seni tater maupun film, seperti Mia Johannes, Bona Palma, Venytha Yoshianti, Chriiskevin Adefri, Naya Aninditia, Rama Soeprpto, Pritagita Arianegara, Maera, Tanta Ginting, Sari Madjid, Fajar Nugros, Aldhan Prasatya, Ivan Tangkulung, Dian HP, Haris Pranowo,  dan masih banyak lagi.

Kegiatan #MusikalDiRumahAja juga mengajak para penikmat seni untuk mendukung para Pekerja Seni dan penanganan Covid-19 dengan menyalurkan bantuan melalui website https://kitabisa.com/campaign/boowlive dan mengikuti langkah-langkah berikut:

1.         Klik tombol "DONASI SEKARANG"

2.         Isi nominal donasi yang ingin diberikan

3.         Pilih metode pembayaran GOPAY/LinkAja/JeniusPay/Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit

4.         Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Setiap Rupiah yang disumbangkan merupakan uluran tangan penuh arti bagi pekerja seni Indonesia.

#MusikalDiRumahAja ini dapat disaksikan secara virtual melalui akun Youtube IndonesiaKaya mulai 23 Juli 2020. Setiap cerita rakyat dimuat dalam satu episode yang akan diluncurkan setiap hari Kamis pukul 20.00 WIB dan dapat disaksikan secara bebas selama tujuh hari ke depan hingga episode baru diluncurkan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pilkada 2020 (Foto Dok PR)

Minggu, 20 September 2020 - 09:00 WIB

Masyarakat Kalsel Waspadai Klaster Pilkada

dr. Mariya juga mengatakan masyarakat perlu mewaspadai adanya klaster pilkada.

Luhut Binsar Pandjaitan (ist)

Minggu, 20 September 2020 - 08:54 WIB

Kabar Gembira! 100 Juta Orang Bakal di Vaksin Desember Mendatang, Luhut: Tahun Depan Covid-19 Bisa Dikendalikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menko Polhukam, Luhut Binsar Padjaitan untuk fokus padapenanganan covid-19 di 9 provinsi. Menurut Menko Luhut mengatakan dalam 3 bulan ke depan penanganan…

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Photo by Lifestyle - Bisnis.com)

Minggu, 20 September 2020 - 08:00 WIB

Pemerintah Didesak Tetapkan Standar Harga Test PCR dan Regulasi Vaksin Mandiri

Regulasi vaksin mandiri perlu segera dipersiapan, sehingga pada saatnya swasta dapat dilibatkan dalam pengadaan vaksin mandiri tanpa beban negara. Keterlibatan pihak swasta dapat membantu pemerintah…

Bank DKI terus berinovasi

Minggu, 20 September 2020 - 07:38 WIB

Raih BUMD Marketeers Award, Bank DKI Termotivasi Beri Layanan Terbaik

Bank DKI meraih 3 penghargaan sekaligus pada BUMD Marketeer Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Mark Plus Inc. Ketiga penghargaan tersebut mencakup predikat sebagai the most promising company…

DHL Express (Ist)

Minggu, 20 September 2020 - 07:21 WIB

DHL Express Umumkan Penyesuaian Harga Tahun 2021 di Indonesia

Jakarta-Penyedia layanan ekspres internasional terkemuka di dunia, hari ini mengumumkan rata-rata penyesuaian harga yang berlaku efektif 1 Januari 2021.