4 Flyover Tegal dan Brebes Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 18 April 2017 - 07:15 WIB

Gambar udara pertigaan dan perlintasan Kereta Api Klonengan, Prupuk, Tegal. (Foto: Twitter Kementerian PUPR)
Gambar udara pertigaan dan perlintasan Kereta Api Klonengan, Prupuk, Tegal. (Foto: Twitter Kementerian PUPR)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan jalur Pantai Utara (Pantura) menjadi fokus utama penyiapan jalur mudik Lebaran 2017.

Di sepanjang jalur tersebut,pihaknya masih akan mengecek sejumlah proyek pembangunan jalan tol dan jalan layang. Dia pun optimis, di arus mudik Lebaran tahun ini, jalur Pantura siap digunakan.

"Secara keseluruhan sudah siap. Walaupun belum bisa dioperasikan secara penuh tetapi paling tidak laik fungsi dulu," kata Menteri Basuki di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Senin (17/4/2017).

Dia menambahkan pihaknya telah mempunyai strategi untuk memecah penumpukan kendaraan seperti yang terjadi pada arus mudik tahun lalu terutama yang terjadi di jalur maut pintu tol Brebes Exit (Brexit). Sebagai solusinya pemerintah mengebut pembangunan tol dan dipastikan tol yang dapat digunakan yakni di Weleri dan Kendal.

Sementara itu, untuk pembangunan empat fly over di perlintasan sebidang kereta api di Kabupaten Tegal dan Brebes, Jawa Tengah diperkirakan bisa selesai akhir Mei atau awal Juni 2017.

Menurut Basuki pembangunan empat jalan layang di Klonengan-Prupuk, Dermoleng-Ketanggungan, Kretek-Paguyangan, dan Kesambi cukup efektif mengurai kemacetan di kawasan Jalan Pantura. Setiap hari perlintasan itu dilalui 90 kali simpangan kereta api.

"Kalau saat mudik bahkan bisa dilalui 95-97 kali simpangan kereta api. Jika setiap kendaraan berhenti mencapai lima menit, maka dalam sehari bisa 450 menit atau delapan jam berhenti, makanya macet," kata dia. Selain itu, Basuki juga meyakini sejumlah pekerjaan penambalan jalan-jalan berlubang akan selesai sebelum momentum arus mudik Lebaran tiba

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fasilitas panel surya di area atap gedung utama kantor PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban, sebagai implementasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mencapai target dekarbonisasi.

Rabu, 01 Mei 2024 - 22:33 WIB

Melalui Operational Excellence, SIG Catatkan Laba Sebesar Rp472 Miliar pada Kuartal I Tahun 2024 di Tengah Kontraksi Permintaan Semen Domestik

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melaporkan kinerja keuangan konsolidasian pada kuartal I tahun 2024 dengan ringkasan sebagai berikut:

Titi Kamal hadir di pameran wisata Arab Saudi yang digelar di Mall Kota Kasablanka Jakarta tanggal 1-5 Mei 2024.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:48 WIB

Arab Saudi Gelar Pameran Wisata, Titi Kamal Beberkan Keseruannya

Sepanjang pameran 'Visit Saudi, Beyond Umrah', penawaran eksklusif dan terbatas diberikan kepada masyarakat Indonesia berupa penerbitan visa ke Arab Saudi dalam waktu 24 jam.

Braveheart Center, Brawijaya Hospital Saharjo.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:10 WIB

Brawijaya Hospital Saharjo Hadirkan BraveHeart Center, Pusat Layanan Jantung, Pembuluh Darah dan Otak

Didukung oleh Tim medis yang berpengalaman serta fasilitas diagnostic yang lengkap, BraveHeart Center, Brawijaya Hospital Saharjo mampu menangani kasus–kasus kompleks pada jantung, pembuluh…

HINT Metaverse EDP, parfum berteknologi AI.

Rabu, 01 Mei 2024 - 20:55 WIB

HINT Metaverse EDP, Parfum Berteknologi AI Hadir di Shopee Dengan Berbagai Promo Eksklusif

Brand parfum HINT berkolaborasi dengan AI Technology, menghadirkan HINT Metaverse EDP dengan aroma fruity-floral yang futuristik dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih hidup.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya

Rabu, 01 Mei 2024 - 18:50 WIB

Kembali Digelar, Komodo Travel Mart Bakal Dongkrak Sektor Parekraf di Labuan Bajo

Komodo Travel Mart sebuah forum yang mempertemukan buyer dan seller di bidang pariwisata untuk destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo akan digelar pada 6 hingga 9 Juni 2024 di Labuan…