Tak Terima Anak Buahnya Jadi Korban, Anies Mengamuk: Hai kau Pengecut!

Oleh : Candra Mata | Jumat, 24 Juli 2020 - 06:40 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak bisa menyembunyikan kekesalannya kepada pelaku tabrak lari yang mengakibatkan meninggalnya petugas PSSU Pemprov Jakarta dalam kejadian Kamis pagi (23/7).

Dalam luapan kemarahan yang diunggahnya melalui akun sosial media facebook @Anies Baswedan pada Kamis malam (23/7), Ia meminta agar pelaku dapat menyerahkan diri dan bertanggung jawab atas perbuatannya tersebut.

Berikut isi lengkap postingan Anies yang dikutip redaksi Industry.co.id pada Jumat pagi (24/7).

Hai kau Pengecut...!! 

Dari persembunyianmu, kau buka berita-berita online. Carilah berita soal petugas PPSU Jakarta. 

Lalu... Lihatlah wajah Cantika, bayi 3 bulan, ia kini yatim... 

Lihatlah wajah anak Melati, ia kini yatim.

Lihatlah wajah istrinya, ia kini janda.

Mereka adalah istri dan anak dari petugas kebersihan yang kau hajar dengan motormu tadi pagi. Dia terkapar, tak lagi bernyawa. Dan kau ngacir... lari!!.

Bukan cuma lepas tanggung jawab, kau menghina diri sendiri. Menghinakan Ibumu, orang tuamu. Seakan ibumu, ayahmu tidak pernah mendidikmu soal tanggung jawab. 

Kau pergi tanpa jejak. Jangankan mengurus ke rumah sakit, ikut berhentipun tidak. Kau tinggalkan ia terkapar di jalanan, kau pikir yang kau tabrak itu gelondongan kayu!?? 

Ketahuilah, dia manusia, namanya Taka. Umurnya 43 tahun. Dia adalah ayah, dia suami.

Dia pekerja keras. Dia berjuang untuk keluarganya.

Tiap pagi, jam 3 dini hari dia berangkat dari rumah. Dia membersihkan jalanan di saat mayoritas masih terlelap. 

Sejak pagi air mata istri dan anaknya mengalir tanpa batas. Bayi umur 3 bulan ini digendong dan ditatap sendu oleh ibunya.

Bayi itu terus menerus senyum, tidak ada suara tangis darinya; seakan menghibur ibunya yang sedang runtuh perasaannya, menghibur kakaknya yang sedang duka tak terbatas.

Bayi itu dinamai ayahnya: Cahaya Cantika. Bayi itu kelak hanya bisa lihat foto ayahnya. 

Keluarga amat sederhana itu siang tadi pulang ke Indramayu, membawa pulang jenazah suami dan ayahnya. Ratusan petugas PPSU ikut melepas.

Bayi Cantika digendong ibunya, duduk di kursi depan. Saat sirene berbunyi, kendaraan bergerak, dan suasana haru memuncak. Taka diantar pulang ke kampung halaman untuk selamanya...

Hai Kau penabrak lari... 

Datangi kami, laporkan diri. Ambil tanggung-jawab.

Mintalah maaf dari keluarganya dan ampun dariNya.

Lalu, hadapi hukum dan pengadilan di tanah ini. Semoga itu bisa meringankan bebanmu. 

Tapi kalau Kau terus sembunyi. Ingat, Kau mungkin bisa melarikan diri dari tanggung-jawab di dunia, tapi ingat kau tidak akan bisa lepas dari tanggung-jawab dihadapan Allah Sang Maha Menghakim, Al Hakam. Jangan harap kau bisa ngacir dari pengadilanNya. 

Buat kita semua, doakan Taka. Doakan keluarganya. Allahyarham Taka ditinggikan derajatnya di sisi Allah, dimuliakan tempatnya, dan dilipatgandakan hitungan pahala atas setiap amalnya. #ABW

Hingga berita ini diturunkan postingan tersebut telah disukai lebih dari 85 ribu likes dan di bagikan lebih dari 15 ribu kali.

Unggahan tersebut telah menuai puluhan ribu komentar dari warganet. Umumnya mereka menyampaikan rasa turut prihatin atas kejadian tersebut diantaranya:

"Juiur saya selalu mengikuti postingan pak anies. Tapi entah mengapa postingan kali ini lebih emosional. Kaya bgtu merasakan apa yg di rasakan klga korban...Buat klga yg di tinggalkan yg tabah...Ini semua udh ketetapan dari Allah SWT...Insha Allah beliau meninggal dalam keadaan syahid utk mencari nafkah buat klga," tulis akun @Husein paparazi.

"Innalilahi wa Inna ilaihi Raji'uun..smga almarhum Husnul khatimah ...pak Anis..demi keselamatan para penyapu jalanan,,seragam'y diberi tanda silang spot lite yg besar depan belakang...jika perlu baju seragam dikasih lampu... sekedar saran saja..Sukes selalu utk pak Anis...," tulis @Milla Sari.

"Subhannallah ..... Semoga yang menabrak dibukakan hatinya untuk bertanggung jawab atas kecerobohannya dalam berkendaraan..... Dan yg kena musibah dijadikan mati syaid dimata Allah...  Innalillahi wainna illahi raji'u...," ucap akun @Fie Zun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Presiden Jokowi

Jumat, 30 Oktober 2020 - 10:31 WIB

Jokowi Ajak Pemuda Tekuni Pertanian, Mentan Dorong Modernisasi

Presiden Joko Widodo mengajak kalangan muda Indonesia kembali menekuni dunia pertanian. Menurut Presiden, hanya dengan cara itu negara ini kembali berjaya dan merdeka atas hasil tani yang sangat…

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Riza Damanik, saat membuka Bazaar UMKM di sela-sela peringatan Haul Akbar Maulana Syarif Al Habib Thoha Bin Hasan Bin Yahya, di Ciledug, Kabupaten Cirebon

Jumat, 30 Oktober 2020 - 10:15 WIB

KemenkopUKM Beberkan Peluang Bisnis UMKM di Tengah Pandemi

Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus mampu merespon perubahan-perubahan perilaku dan pola konsumen, sebagai akibat dari penerapan physical distancing selama pandemi Covid-19.

Pembangunan Sabo Dam

Jumat, 30 Oktober 2020 - 09:47 WIB

Kurangi Risiko Bencana Banjir Lahar Gunung Merapi, Kementerian PUPR Bangun Tujuh Sabo Dam Baru

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Sabo Dam dibangun untuk menahan dan mengurangi kecepatan aliran lahar yang membawa material vulkanik sehingga dapat meminimalisir risiko bencana banjir…

Layanan Bank BRI

Jumat, 30 Oktober 2020 - 09:35 WIB

Bank BRI Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Metode Inkubasi dan Pembentukan Ekosistem Harus

Selain melalui BRIncubator, perseroan juga membantu pelaku usaha kecil agar bisa tumbuh dan bertahan selama pandemi dengan berbagai program pembiayaan serta relaksasi.

Presiden Joko Widodo saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri AS Michele Pompeo (Foto: Setneg)

Jumat, 30 Oktober 2020 - 09:35 WIB

Bakal Promosikan Investasi Senilai USD 327 Miliar, Menlu AS Minta Syarat Ini ke Presiden Jokowi

AS menjanjikan untuk mempromosikan investasi sebesar USD327 miliar dolar untuk lebih dari 250 proyek infrastruktur yang ditawarkan Presiden Joko Widodo saat bertemu Menteri Luar Negeri AS Michael…