Kerja Sama Jet Commerce Bersama MINISO Perkuat Bisnis di e-Commerce Selama Pandemi

Oleh : Herry Barus | Selasa, 14 Juli 2020 - 15:00 WIB

Kerja Sama Jet Commerce Bersama MINISO Perkuat Bisnis di e-Commerce Selama Pandemi
Kerja Sama Jet Commerce Bersama MINISO Perkuat Bisnis di e-Commerce Selama Pandemi

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Meningkatnya tren belanja online di Indonesia selama masa pandemi telah mendorong MINISO untuk melakukan optimasi bisnisnya melalui kerja sama dengan Jet Commerce, perusahaan e-commerce enabler penyedia solusi e-commerce terpadu.

Sebagai e-commerce enabler yang sudah berpengalaman, Jet Commerce dipercaya oleh MINISO dalam memenuhi peningkatan jumlah pesanan pada gerai daring milik MINISO. Kerja sama yang dijalin sejak bulan April lalu, turut menjawab tantangan dalam mengelola bisnis di e-commerce selama pandemi.

Yingying Wu, E-commerce Marketing Manager MINISO, Selasa (14/7) menjelaskan “Dalam menghadapi berbagai tantangan dan ketidakpastian selama pandemi ini, kita wajib beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi. Kerja sama ini merupakan upaya MINISO dalam beradaptasi untuk dapat memahami perubahan kebiasaan dan kebutuhan para pelanggan di masa sulit ini. Bersama Jet Commerce, kami ingin memastikan setiap kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi dengan mudah, serta pengiriman produk dalam keadaan aman dan tepat waktu.”

Seperti yang diketahui, meski memberikan berbagai dampak negatif yang berkepanjangan di berbagai sektor, pandemi Covid-19 juga telah memicu terjadinya perubahan kebiasaan berbelanja masyarakat. Seperti yang dilansir dari laporan Badan Pusat Statistik bertajuk "Tinjauan Big Data Terhadap Dampak Covid-19 2020", yang menemukan bahwa terjadi peningkatan penjualan online sebesar 320% pada bulan Maret dan 480% pada bulan April dibandingkan dengan bulan Januari.

Sejak 2016, MINISO telah berdiri di Indonesia dengan memiliki lebih dari 171 gerai luring yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, dan kini MINISO telah memperluas jangkauannya dengan membuka gerai daring di berbagai platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, JD.ID, dan HappyFresh. “Dengan semakin bertambahnya akses bagi pelanggan dalam mendapatkan produk – produk MINISO, upaya kami dalam menjaga kepercayaan dan pengalaman berbelanja konsumen di semua gerai juga harus ditingkatkan, termasuk pada gerai daring yang kami miliki,” tambah Wu.

Untuk itu, MINISO memanfaatkan layanan Order Fulfillment atau pengelolaan pesanan milik Jet Commerce untuk membantu mengatur setiap proses pesanan yang terjadi dari mulai pengelolaan pesanan, pengemasan pesanan, pengelolaan pengiriman melalui mitra logistik Jet Commerce, hingga proses pengembalian jika ada pesanan yang bermasalah.

Dalam kerja samanya dengan Jet Commerce, MINISO juga menggunakan layanan Inventory Management atau pengelolaan inventaris untuk membantu proses pengelolaan Stock Keeping Unit (SKU) produk – produknya. Mulai dari mengoptimalkan strategi penjualan MINISO di berbagai platform e-commerce, hingga menganalisa data inventaris dan penjualan produk MINISO dengan menggunakan Warehouse & Order Management System yang terintegrasi dengan berbagai platform e-commerce, sehingga turut memudahkan proses pemantauan dan pelacakan setiap produk yang dipesan. 

CEO Jet Commerce Indonesia, Webber Chen, dalam menyambut kerja sama ini menjelaskan “Kepercayaan pelanggan bagi bisnis consumer goods seperti MINISO merupakan hal vital namun melibatkan upaya yang kompleks, untuk itu melalui kerja sama ini kami akan mendukung pertumbuhan bisnis MINISO dengan memastikan kebutuhan pelanggan akan produk – produk MINISO terpenuhi dalam keadaan aman, dan dengan pengalaman berbelanja yang baik.”

Selain berpengaruh terhadap pengalaman berbelanja pelanggan, strategi pengelolaan pesanan yang baik dari hulu hingga hilir dan pengelolaan inventaris dapat berpengaruh terhadap performa bisnis. “Pengelolaan inventaris dan pesanan merupakan hal krusial bagi bisnis di e-commerce. Selain dapat bermanfaat dalam efisiensi biaya dan peningkatan cash flow perusahaan, dengan pengelolaan inventaris yang baik, perusahaan dapat menghindari kerugian yang disebabkan oleh stok produk yang kedaluwarsa, rusak, ataupun sudah tidak relevan dengan permintaan pasar,” tambah Webber.

Sejak dimulainya kerja sama ini pada awal April lalu, MINISO telah mencatat kenaikan jumlah pesanan sebanyak 1,3 kali lipat dibandingkan dengan sebelum masa pandemi. Beberapa produk penunjang aktivitas di rumah milik MINISO tercatat menjadi kategori dengan jumlah pesanan terbanyak selama masa pandemi antara lain, kategori Fashion dengan produk tas dan parfum yang terjual sebanyak 30% dari total penjualan, disusul oleh kategori produk Home Living, seperti produk Yoga Mat untuk berolahraga di rumah yang kerap dilakukan selama masa pandemi, dan storage box, yang terjual sebanyak 25%, dan kategori produk Electronics seperti headphones yang banyak diminati untuk kebutuhan online conference atau hiburan, yang terjual sebanyak 10% dari total keseluruhan penjualan MINISO selama masa pandemi.

Dalam kerja sama ini, Jet Commerce membantu MINISO dalam melakukan pengelolaan inventaris terhadap lebih dari 1.800 SKU di berbagai platform e-commerce, yang terdiri dari lima kategori produk, yakni Fashion: tas, dompet, sandal, kaus kaki, topi; Home Living: storage box, alat olahraga, peralatan dapur; Beauty: kosmetik, parfum, alat makeup, perawatan kulit; Electronics: earphones, headphones, aksesoris komputer, kipas angin mini; Pillow & Plush Toys: bantal dan mainan anak.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA Akhmad Munir

Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:35 WIB

Akhmad Munir: Antara Pastikan Keselamatan Wartawan dalam Meliput

Perum LKBN ANTARA memastikan aspek keselamatan dan kesehatan para karyawan dan wartawan menjadi prioritas utama sejak pandemi COVID-19 melanda di Tanah Air.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:30 WIB

Kabar Baik! Menko Luhut Pastikan Perusahaan Teknologi Asal Hongkong Bakal Tanam Modal Rp3,8 Triliun di Indonesia

Perusahaan teknologi asal Hongkong, Amperex Technology Limited (ATL) akan segera merealisasikan investasinya di Indonesia. Adapun nilai investasinya sebesar USD 2,6 miliar atau setara Rp3,8…

Wakil Tetap RI, Dubes Dian Triansyah Djani

Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:30 WIB

Pimpin Sidang di Markas PBB, Indonesia Dorong Stabilisasi Guinea-Bissau

Indonesia dorong stabilisasi Guinea-Bissau saat memimpin pertemuan DK PBB mengenai Guinea-Bissau, yang diselenggarakan di Markas Besar PBB.

Sambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Perlombaan Diikuti oleh Seluruh WNI di Pyongyang

Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:15 WIB

Rayakan Kemerdekaan, WNI di Pyongyang Ikuti Lomba-Lomba Khas Indonesia

KBRI Pyongnyang dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia selenggarakan berbagai perlombaan yang diikuti oleh seluruh WNI di Pyongyang sejumlah 18 orang.

Direktur Eksekutif Pusat Sosial dan Politik Indonesia (Puspolindo) Dian Cahyani

Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:12 WIB

Ngeri! Pengamat Cantik Ini Sebut Banyak Calon Tunggal Di Pilkada, Bukti Kemerosotan Demokrasi

Jakarta-Pagelaran Pilkada serentak akan kembali diselenggaran pada 9 Desember 2020. Hampir sebagian besar bakal calon kepala daerah sudah mendapat rekomendasi partai politik untuk maju bertarung…