Komite Pengusaha Ini Rancang Program yang Memudahkan UMKM Melejit di Pasar Ekspor

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 14 Juli 2020 - 11:58 WIB

Bantuk UMKM
Bantuk UMKM

INDUSTRY.co.id, Jakarta, Komite Pengusaha UMKM Indonesia Bersatu (KOPITU) telah merancang sebuah program usaha dimana kesempatan bagi pelaku UMKM terbuka untuk ikut bekerja sama dalam kegiatan ekspor.

Program ini  menurut Ketua Umum Kopitu Yoyok Pitoyo diberi nama *Indo Grocery Project*. Indo Grocery Project berfungsi sebagai media bagi pelaku UMKM untuk mendistribusikan barangnya ke luar negeri, dalam hal ini Sydney, New South Wales Australia.

"Tentunya ini merupakan peluang yang sangat profitable, mengingat bahwa Australia merupakan salah satu dari 10 Trading Partner terbaik Indonesia. Predikat Trading Partner merupakan sebuah gambaran bahwa ada relasi yang baik dalam hal pertukaran barang antar negara terkait. Pastinya, prospek dan keandalan harga adalah diantaranya," ujar Yoyok Pitoyo.

Kerjasama antara Indonesia dan Australia ini ditampung dalam sebuah MOU yang dikenal dengan *IA-CEPA (Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership)*. IA-CEPA telah berlaku sejak 5 Juli 2020, sehingga Indo Grocery Project merupakan sebuah langkah awal KOPITU untuk menyambut kerjasama tersebut.

Pitoyo menjelaskan, sebagai langkah koordinasi dengan pemerintah, 8 Juli 2020 lalu, KOPITU telah mengadakan Technical Meeting yang dihadiri oleh Kasan (Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional), Ganef Judawati (Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional), Agung Wicaksono Sochirin (Atase Perdagangan Canberra), Ayu Siti Maryam (Chief of ITPC Sydney), Dinda Pasinringi (Deputy Director of ITPC Sydney), Yoyok Pitoyo (Ketua Umum KOPITU) dan beberapa staff KOPITU.

Agenda dalam rapat teknis ini adalah pembahasan mengenai rancangan Indo Grocery Project yang disampaikan oleh Yoyok Pitoyo selaku Ketua Umum KOPITU. Selanjutnya adalah diskusi dengan Kasan selaku Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional mengenai aspek legalitas, serta pembahasan dengan perwakilan dari ITPC Sydney untuk membahas prospek dari project tersebut dan hal hal yang dianggap perlu.

Dalam technical meeting ini, lanjut Pitoyo, semua pihak baik dari Kemendag maupun ITPC memberikan respon positif terhadap project ini, dan Kasan telah memberikan pernyataan dukungan secara lisan dalam rapat tersebut.

Lanjut Pitoyo, Dukungan Kemendag terhadap Indo Grocery Project berkelanjutan dengan dikeluarkanya *Surat Dukungan Tertulis No 157/PEN/SD/7/2020* yang dikeluarkan tanggal 13 Juli 2020.

Surat tersebut berisi dukungan konsisten Kemendag terhadap para pelaku usaha atas upaya yang dilakukan dalam mendorong peningkatan ekspor non-migas Indonesia.

"Dengan adanya surat ini, merupakan sebuah pertanda kesiapan bagi pemerintah dalam memberikan dukungan kepada para pelaku usaha dalam rangka meningkatkan kuantitas ekspor nasional dan diharapkan juga sebagai langkah bersama dalam meningkatkan stabilitas ekonomi nasional," pungkasnya.(***)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…

Penyerahan donasi 500 liter Cairan Antiseptic Secret Clean untuk korban banjir Semarang.

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:58 WIB

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Salurkan Donasi 500 Liter Cairan Antiseptic Secret Clean Untuk Korban Banjir Semarang

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) menyalurkan donasi untuk membantu korban banjir di Semarang berupa 500 liter Secret Clean Antiseptic.